Panduan Menggunakan Metro Paris Untuk Traveler Indonesia

Menggunakan Metro Paris menjadi cara paling asyik, cepat dan hemat untuk bisa menjelajah City of Love. Namun, mengenal sistem transportasi ini bisa menjadi hal yang sangat menantang, terutama bagi first time traveler. Untungnya, TripZilla Indonesia menyusun panduan menggunakan Metro Paris untuk siapapun yang membutuhkannya.

Untuk informasi khusus, Paris memiliki sistem transportasi umum terpadu yang dikelola oleh RATP yang mencakup Metro, RER (sekarang disebut kereta), dan bus.

Stasiun Metro Paris yang ramai, seperti Gare de Vincennes dan Disneyland Paris, menawarkan akses mudah ke trem, kereta RER, dan bus, menjadikannya cara yang nyaman dan efisien bagi penduduk dan turis untuk menjelajahi kota.

Wisatawan juga bisa menggunakan aplikasi Bonjour RATP untuk memeriksa jadwal dan membeli tiket di stasiun-stasiun yang terhubung dengan baik ini. Dengan lebih dari 300 stasiun, kamu tidak akan pernah jauh dari halte Metro, dan ini sering kali menjadi cara tercepat untuk berkeliling kota.

Singkatnya, Metro Paris merupakan cara tercepat untuk berkeliling kota. Metro ini terdiri dari 16 jalur dan 245 stasiun yang beroperasi dari pukul 5:30 pagi hingga 1:15 pagi pada hari kerja, dan hingga pukul 2:15 pagi pada hari Jumat, Sabtu, dan hari libur.

Panduan menggunakan Metro Paris ini akan membantu kamu berkeliling Paris dengan aman, cepat, efisien, dan yang terpenting tanpa menghabiskan banyak uang.

Panduan Menggunakan Metro ParisImage credit: Monica Seara | Pixabay

Cara membeli tiket

Tiket dapat dibeli di mesin tiket atau dengan agen di kios-kios di stasiun. Meskipun tiket fisik dapat dibeli dan digunakan di Metro Paris, pemerintah "memaksa" pengguna untuk beralih ke sistem digital sepenuhnya. Banyak stasiun yang sudah berhenti menerima tiket fisik, jadi kami sarankan untuk mendapatkannya secara elektronik.

Ada dua cara untuk mendapatkan tiket secara elektronik: melalui telepon dan dengan kartu NAVIGO.

Tiket dapat dibeli dan digunakan di telepon kamu. Namun, kami menyarankan untuk menghindari opsi ini. Saat ini, opsi ini tidak berfungsi secara konsisten untuk semua jenis telepon selain Android. Jadi, bagi semua pengguna iPhone di seluruh dunia, kami sarankan untuk menghindari penggunaan metode ini.

Sebagai gantinya, kami sarankan agar semua orang mendapatkan kartu NAVIGO. Kartu ini dapat dibeli di mesin dengan banner berwarna merah muda.

Kamu bisa membeli tiket untuk tiket navigo di salah satu mesin ini di seluruh stasiun kereta di Paris. Namun, kami menyarankan untuk menghindari stasiun yang lebih besar seperti Chatalet, Gare du Nord, dan Gard de Lyon karena antreannya akan sangat panjang. Kamu bisa lebih menghemat waktu dengan berjalan kaki ke stasiun berikutnya daripada mengantre. Selain itu, kamu bisa meminimalkan risiko dicopet.

Pilihan jenis tiket

Mengenai tiket, Metro Paris menawarkan banyak pilihan tiket yang tercantum sebagai berikut:

  • Single ticket (tiket t+) untuk metro, bus, atau RER Paris = €2,10

  • Paket 10 tiket t+ = €17,35

  • Tiket dengan tarif diskon (anak-anak usia 4-10) = €8,65

Untuk anak-anak di bawah usia 4 tahun, mereka dapat naik gratis (selama mereka tidak mengambil tempat duduk)

  • Tiket harian untuk semua zona = €20,10

Kami sarankan untuk tidak membeli tiket ini karena sangat fluktuatif dan tidak efisien dari segi biaya. Hanya ada beberapa kasus tertentu di mana tiket harian akan bermanfaat.

  • Tiket mingguan = €30

Tiket mingguan akan direset pada hari Jumat setiap minggu; oleh karena itu, jika kamu berencana melakukan perjalanan seminggu di Paris dan tiba pada hari Rabu, membeli tiket mingguan hanya akan berlaku hingga hari Jumat itu. Kami sarankan untuk tidak membeli tiket mingguan kecuali jika sesuai dengan jadwal kamu.

  • Tiket bulanan = €86,40

Cocok bagi mereka yang menginap dalam jangka waktu lama, yaitu satu bulan atau lebih.

Setiap paket tiket memiliki tujuan uniknya sendiri; namun, paket 10 tiket umumnya merupakan pilihan yang paling hemat biaya bagi wisatawan.

Kamu juga bisa naik Metro tanpa batas secara gratis dengan Paris City Pass. Tiket ini menawarkan tiket masuk gratis atau dengan potongan harga ke banyak tempat wisata utama, dan sudah termasuk transportasi umum tanpa batas di pusat kota Paris!

Panduan menggunakan Metro Paris

Panduan Menggunakan metroMarkus Spiske | PexelsImage credit: Markus Spiske | Pexels

Ada dua hal yang harus kamu tahu sebelum menaiki kereta. Yang pertama, jalur mana yang terhubung ke tujuan kamu dan kedua, di mana bisa menemukan kereta yang akan kamu naiki.

Untuk menemukan rute yang paling hemat waktu ke tujuan kamu, kami sarankan untuk mengunduh aplikasi Bonjour RATP di ponsel kamu. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan menyediakan detail mendalam tentang cara menuju ke mana pun di Paris dari lokasi kamu yang sebenarnya.

Aplikasi ini menyertakan peta terperinci menuju tujuan kamu, jalur mana yang harus diambil, dan bahkan kereta mana yang harus dinaiki untuk menghindari kemacetan yang tidak perlu dan waktu berjalan yang lama.

Metro Paris mungkin tampak membingungkan pada awalnya, tetapi sebenarnya sangat mudah digunakan. Ada rambu-rambu yang dipasang di seluruh Metro yang akan memandu kamu ke tempat yang tepat.

Selain itu, jika kamu tersesat di suatu tempat di kota ini tanpa data, jangan panik! Ada jalur metro di mana-mana. Jika kamu berjalan-jalan dan mencari rambu metro, kamu bisa menemukannya dalam beberapa menit.

Tips dan panduan menggunakan Metro Paris

  • Pintu kereta tidak selalu terbuka secara otomatis. Anda perlu menekan tombol buka atau membuka kait di kereta lama.

  • Kamu bisa membuka pintu sebelum kereta benar-benar berhenti.

  • Metro Paris diberi nomor, jadi jika kamu berada di stasiun dengan lebih dari satu jalur dan mencari Jalur 1, cukup ikuti rambu nomor 1.

  • Kamu harus mengetahui stasiun terakhir untuk mengetahui arah yang kamu tuju. Akan ada daftar pemberhentian di setiap peron, jadi tidak sulit untuk mengikutinya.

  • RER sekarang hanya disebut Kereta. Jalur A, B, C, dan D adalah sistem perkotaan berkecepatan tinggi yang menjangkau lebih jauh dari sekadar pusat kota Paris. Jika pemberhentian kamu berada di jalur RER/kereta, ini adalah pilihan yang jauh lebih cepat daripada Metro, tetapi pemberhentiannya lebih sedikit. Metro Paris buka dari pukul 5:30 pagi - sekitar pukul 1 pagi (pukul 2 pagi pada akhir pekan/hari libur)

  • Saat menaiki kereta, bergeraklah ke tengah. Saat hendak turun, menjauhlah dari pintu jika kamu perlu mencari tahu arah yang harus ditempuh. Hampir selalu ada seseorang di belakang kamu, jadi jangan halangi mereka untuk naik atau turun kereta.

Cara menemukan stasiun Metro Paris

Panduan menggunakan metro parisMargerrette | PexelsImage credit: Margerrette | Pexels

Menemukan stasiun Metro di Paris relatif mudah. Beberapa stasiun lama dilestarikan karena arsitekturnya yang bersejarah! Tipsnya, cari tiang lampu atau pintu masuk besi tempa yang bertuliskan METRO atau METROPOLITAN.

Menyimpan peta Metro di ponsel atau bersama kamu juga sangat membantu. Kamu perlu tahu pemberhentian mana yang akan kamu tuju, dan arah kereta (diberi label berdasarkan pemberhentian terakhir).

Jika perlu berganti kereta, cari stasiun yang ditandai dengan lingkaran putih, yang kemudian akan memiliki jalur kereta yang berbeda yang berhenti di sana di bawahnya.

Stasiun, tempat Anda tidak bisa berganti line, berbentuk lingkaran padat. Tidak tahu ke mana kamu harus pergi? Untungnya banyak stasiun memiliki komputer interaktif tempat kamu bisa memasukkan tujuan untuk mengetahui cara terbaik untuk sampai ke lokasi!

Baca juga: Panduan Menggunakan Transportasi Umum Di Paris

Panduan menggunakan Metro Paris ini bisa menjadi pegangan kamu untuk berkeliling Paris. Bookmark sekarang juga, ya!

Preview image credit: Elena Seharova | Pexels via Canva

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru