10 Museum Paris Yang Populer Untuk Destinasi Liburanmu

Kalau mengunjungi Paris, jangan hanya untuk berbelanja. Kota nan romantis ini sarat dengan seni dan budaya sehingga sayang jika kamu tidak menikmatinya. Salah satu cara untuk menyelami kekayaan budaya Paris adalah dengan berkunjung ke museum. Museum di Paris menawarkan banyak hal mulai dari bangunan yang indah dan koleksi yang menarik. Cek sepuluh museum terpopuler di Paris rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

Baca Juga: Hidden Gem Wisata di Paris, Tempat Anti Mainstream Yang Bikin Terpesona

1. Musee d'Orsay

Image credit: @museeorsay

Museum ini disebut-sebut memiliki koleksi karya impresionis terlengkap. Koleksinya legendaris, bahkan ada yang berasal dari tahun 1800an. Bukan hanya mengagumi lukisan, di Musee d'Orsay juga terdapat koleksi patung, ukiran dan pertunjukan kesenian di waktu-waktu tertentu.

Image credit: @museeorsay

Museum yang dibangun dari bekas stasiun ini banyak peminatnya, jadi membeli tiket terlebih dahulu dan mengamati jam-jam ramai akan membantumu terhindar dari antrean. Kamu pun dapat menemukan peta interaktif di dalam museum sehingga mudah memilih area mana yang ingin dilihat. Selama perjalanan, tentunya tidak boleh lupa memotret setiap sudut antiknya ya!

Lokasi: 1 rue de la Légion d'Honneur, 75007 Paris, France
Jam Buka: Selasa - Minggu, 09.30 - 18.00

2. Musée du Louvre

Image credit: @the_parisian_diary

Musée du Louvre mungkin menjadi salah satu museum yang paling terkenal di Paris. Desainnya yang ikonik sering wara-wiri di media sosial sebagai latar foto. Supaya lebih puas, kamu perlu masuk ke dalamnya juga dan melihat koleksinya yang berharga.

Image credit: @museelouvre

Ada lukisan Monalisa yang legendaris terpampang di sini. Selain itu, beberapa koleksi lain seperti The Caryatids dan The Raft of the Medusa, hingga lorong The Grande Galerie akan membawamu ke dunia seni yang mengagumkan. Perhatikan jam buka museum karena ada beberapa koleksi yang hanya bisa dikunjungi pada saat-saat tertentu.

Lokasi: 75001 Paris, France
Jam Buka: Senin, Kamis, Sabtu dan Minggu pukul 09.00 - 18.00, Rabu dan Jumat pukul 09.00 - 21.00

3. The Centre Pompidou

Image credit: @paris_lutetia

Menyambangi The Centre Pompidou, matamu akan dihibur oleh bangunan modern dan artistik yang berdiri megah. Pada siang hari, setiap sudutnya yang keren terlihat dengan jelas. Pada sore hari, kamu dapat menikmati sensasi matahari terbenam terutama ketika menaiki eskalatornya.

Image credit: @centrepompidou

Menjadi lokasi dari National Museum of Modern Art, perpustakaan dan tempat bermain musik, kompleks ini punya banyak koleksi yang akan menarik pengunjung dari segala usia. Apalagi selama Olimpiade Paris, ada karya seni Cycloid Piazza yang dapat digunakan untuk bermain skateboard. Menarik!

Lokasi: Place Georges-Pompidou, 75004 Paris, France
Jam Buka: Senin dan Rabu - Minggu, 11.00 - 21.00

4. Musée de l'Orangerie

Image credit: @museeorangerie

Berlokasi di dalam Jardin des Tuileries, kamu dapat menikmati keindahan taman sebelum memasuki Musée de l'Orangerie. Setelah puas berkeliling, maka sisi dalam museum ini akan siap kamu jelajahi.

Image credit: @museeorangerie

Bila mengajak si kecil, kunjungi area Family Space yang memiliki aktivitas khusus untuk anak-anak. Ruang eksibisi The Water Lilies by Claude Monet hingga koleksi The Walter-Guillaume dijamin akan menarik perhatianmu. Sebelum pulang, membeli buku-buku tentang karya seni juga dapat kamu lakukan di toko yang tersedia.

Lokasi: Jardin des Tuileries, 75001 Paris, France
Jam Buka: Senin dan Rabu - Minggu, 09.00 - 18.00

5. Petit Palais

Image credit: @petitpalais_musee

Kantong sudah menipis tapi masih ingin berkeliling Paris? Datang saja ke Petit Palais yang dibuka gratis dan kamu dapat menikmati beragam koleksi permanennya. Bahkan saat musim panas, kamu dapat menemukan aktivitas khusus yang digelar dalam museum.

Image credit: @petitpalais_musee

Bagi si kecil, ada aktivitas tur keliling museum untuk usia 8 tahun ke atas dan workshop bagi anak berusia 5 tahun. Asyiknya lagi, tidak diperlukan reservasi namun kamu perlu memperhatikan jam-jam acara tersebut. Bila ingin mengisi perut, mampir saja ke Cafe 1902 yang elegan dan terletak di taman dari museum.

Lokasi: Av. Winston Churchill, 75008 Paris, France
Jam Buka: Selasa - Minggu pukul 10.00 - 18.00

6. Musée National Picasso-Paris

Image credit: @museepicassoparis

Bagi penggemar Pablo Picasso, sudah pasti Musée National Picasso-Paris ini pantang untuk dilewatkan. Setiap sudut dari museum yang indah ini didedikasikan untuk karya dari Picasso, termasuk Hôtel Salé yang merupakan salah satu bangunan bersejarah.

Image credit: @museepicassoparis

Ikuti workshop untuk anak-anak atau bahkan seluruh anggota keluargamu. Permainan bertema seperti Ragtag atau Image Hunter akan membuat kunjungan ke museum terasa menyenangkan. Bila kamu datang ketika hari cerah, manfaatkan kesempatan untuk bersantai di rooftop café sambil melihat pemandangan di sekitarmu.

Lokasi: 5 Rue de Thorigny, 75003 Paris, France
Jam Buka: Selasa - Minggu, 09.30 - 18.00

7. Musée de l'Armée

Image credit: @museearmee_invalides

Suka dengan segala hal yang berbau tentara? Maka Musée de l'Armée bisa masuk ke dalam agenda perjalananmu. Di dalam bangunan yang megah ini, ada koleksi barang-barang keprajuritan dan juga aktivitas menarik untuk si kecil.

Image credit: @museearmee_invalides

Ada buklet permainan supaya menjelajahi museum terasa makin asyik untuk anak-anak. Ada program khusus untuk memperingati Olimpiade Paris 2024 dengan tema Olympiade Culturelle. Cek eksibisi tematiknya sebelum kamu berkunjung, siapa tahu salah satunya adalah favoritmu!

Lokasi: 129 Rue de Grenelle, 75007 Paris, France
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 - 22.00

8. Hôtel de la Marine

Image credit: @hoteldelamarine

Ingin melihat bangunan bersejarah dari abad ke-18 yang masih sangat cantik hingga kini? Masuki Hôtel de la Marine yang pasti akan membuat matamu terpesona dengan dekorasinya. Kamu pun dibuat serasa memasuki mesin waktu ke masa lalu.

Image credit: @hoteldelamarine

Uniknya lagi, ada pesta dansa dengan mengenakan kostum di waktu tertentu. Kamu dapat menyaksikan orang-orang dengan gaun mengembang dan tuksedo yang datang dan menari. Ambil paket tur dengan pemandu berbahasa Inggris dan ikuti juga workshop dengan tema tertentu yang sering diadakan di sini.

Lokasi: 2 Pl. de la Concorde, 75008 Paris, France
Jam Buka: Setiap hari, 10.30 - 19.00

9. Musée Rodin

Image credit: @museerodinparis

Di Musée Rodin, banyak atraksi menarik yang ditawarkan. Kamu bisa menyambangi The Sculpture Garden dengan bunga-bunganya yang selalu mekar dan tentunya dihiasi patung karya Rodin. Setelah menyegarkan mata, masuki Hôtel Biron untuk melihat deretan koleksi permanennya.

Image credit: @museerodinparis

Kamu tidak perlu membayar tiket untuk menyaksikan koleksi permanen. Ada Atelier Rodin, tempat untuk anak-anak mengenal seni patung dan kafe L’Augustine untuk bersantai menikmati suasana. Untuk menambah koleksimu, kamu pun bisa membeli miniatur patung-patung terkenal karya Rodin di museum ini.

Lokasi: 77 Rue de Varenne, 75007 Paris, France
Jam Buka: Selasa - Minggu, 10.00 - 18.30

10. Fondation Louis Vuitton

Image credit: @fondationlv

Paris identik dengan merek-merek ternama dan salah satunya adalah Louis Vuitton. Kalau kamu penggemar merek ini atau sekedar ingin menambah wawasan, Fondation Louis Vuitton wajib dikunjungi. Bangunannya yang artistik dan modern dijamin akan membuatmu penasaran untuk masuk.

Image credit: @fondationlv

Museum ini aktif bekerjasama dengan museum lain semisal Museum of Modern Art di New York untuk menyelenggarakan pameran yang berkelas. Ada pula pertunjukan tarian, konser, pemutaran film hingga konferensi yang diadakan secara berkala.

Lokasi: 8 Av. du Mahatma Gandhi, 75116 Paris, France
Jam Buka: Selasa - Jumat pukul 11.00 - 20.00, Sabtu - Minggu pukul 10.00 - 20.00

Baca Juga: Restoran Indonesia di Paris Untuk Kamu Yang Kangen Kuliner Nusantara

Banyak museum yang akan menawan matamu selama berlibur di Paris. Cermati jam buka dan pemesanan tiket jika kamu ingin mengunjungi salah satu museum yang ada ya!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru