Kota Paling Aman Untuk Turis, Posisi Jakarta Tidak Membanggakan

Bagi wisatawan, keselamatan menjadi salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih destinasi. Tak jarang jika banyak turis yang kemudian mencari apakah kota yang dituju Aman untuk dikunjungi. Forbes Advisor membantu dengan merilis daftar kota paling aman untuk turis.

Menurut Forbes Advisor, Singapura menempati posisi teratas sebagai kota teraman bagi para wisatawan. Sementara ibu kota Indonesia, Jakarta, menempati posisi yang sama sekali tidak membanggakan, atau dengan kata lain tidak cukup aman untuk turis.

Forbes Advisor telah menyusun panduan dengan kiat dan rekomendasi perjalanan terbaru, termasuk daftar destinasi yang didata berdasarkan variabel yang memengaruhi faktor safety wisatawan.

Publikasi tersebut mengulas total 60 kota, mendasarkan peringkat pada risiko seperti tingkat kejahatan secara keseluruhan; dampak kejahatan, kekerasan, ancaman teroris, bencana alam, dan kerentanan ekonomi terhadap keamanan pribadi; tingkat dan kualitas layanan dan infrastruktur perawatan kesehatan; ketersediaan dan kualitas infrastruktur kota; dan risiko keamanan digital. Setiap faktor risiko diberi peringkat untuk menentukan skor keseluruhan total untuk setiap lokasi, jadi semakin rendah skornya, semakin baik tingkat safety-nya.

Singapura menduduki puncak daftar kota teraman di dunia, dengan tingkat risiko rendah untuk keamanan kesehatan, bencana alam, dan keamanan digital, serta memiliki peringkat keselamatan perjalanan terbaik dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Tokyo dan Toronto menyusul dalam peringkat tersebut untuk melengkapi tiga teratas.

Kota-kota lain yang mendapat tempat dalam sepuluh besar dalam daftar tersebut adalah Sydney di peringkat empat, disusul Zurich, Kopenhagen, Seoul, Osaka, Melbourne dan Amsterdam.

Bagaimana dengan Jakarta? Dari daftar 60 kota, Jakarta menempati posisi ke-50. Dalam daftar tersebut, yang menjadi sorotan adalah pada faktor Personal Security Risk dan Digital Security Risk, yang mendapat nilai hanya satu digit, yaitu poin sembilan dan tiga.

Sementara kota paling tidak aman untuk turis adalah Caracas, Venezuela, disusul Karachi, Pakistan diikuti Yangon - Myanmar, Lagos - Nigeria, Manila - Filipina, Dhaka - Bangladesh, Bogota - Kolombia, Kairo - Mesir, Meksiko City - Meksiko dan Quiota - Ekuador dalam daftar 10 besar.

Baca juga: 25 Negara Paling Ramah di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Apakah kamu setuju dengan penilaian di atas, bahwa Jakarta termasuk salah satu kota yang tidak aman untuk turis?

Preview image credit: Tom Fisk | Pexels via Canva

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru