Pemegang Paspor Indonesia Segera Bebas Visa Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan saat ini sedang mempertimbangkan untuk memberikan layanan bebas visa Korea Selatan untuk pemegang paspor Indonesia.

Dikutip dari Jakarta Globe, Lee Sung-yong dari kantor konsulat Korea Selatan di Jakarta, mengungkapkan fasilitas bebas visa Korea Selatan membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari Indonesia.

"Untuk meningkatkan pertukaran kunjungan antara Korea Selatan dan Indonesia, akses bebas visa harus diterapkan. Kedutaan Besar Korea Selatan tengah mengintensifkan upaya untuk mewujudkannya," kata Lee Sung-yong dari Konsulat Korea Selatan di Jakarta, yang mengawasi kebijakan visa.

Jika diterapkan, kebijakan ini akan bersifat timbal balik, karena Korea Selatan merupakan salah satu dari 20 negara yang menikmati fasilitas bebas visa untuk kunjungan ke Indonesia.

Namun, sebelum menerapkan kebijakan bebas visa Korea Selatan, pemegang paspor Indonesia saat ini sudah diberikan sejumlah kemudahan prosedur dalam pengurusan visa. Salah satu kemudahan prosedur tersebut adalah Kedutaan Besar Korea melonggarkan penerbitan visa bagi pengunjung Indonesia dengan mengecualikan persyaratan dokumen keuangan untuk kunjungan grup.

"Kedutaan Besar Korea Selatan benar-benar berharap dapat meningkatkan lalu lintas kunjungan antara Korea Selatan dan Indonesia. Kami mempermudah persyaratan dengan menghilangkan kebutuhan untuk melampirkan dokumen keuangan dalam aplikasi visa untuk beberapa kali masuk," katanya.

Pemegang paspor Indonesia saat ini tidak membutuhkan visa untuk mengunjungi Pulau Jeju. Namun, syarat visa berlaku untuk kunjungan ke daerah Korea Selatan lainnya.

Kim Jisun, direktur kantor Jakarta Korea Tourism Organization, menargetkan 300.000 kunjungan warga negara Indonesia ke Korea Selatan tahun ini. Indonesia telah menjadi salah satu dari sepuluh kontributor teratas untuk keseluruhan kunjungan internasional di Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir, kata Kim.

Tahun lalu, sekitar 250.000 wisatawan Indonesia mengunjungi Korea Selatan, menurut data organisasi tersebut.

"Setelah mengevaluasi data terkini, kami yakin dapat mencapai target karena 135.000 warga negara Indonesia telah mengunjungi Korea antara Januari dan Mei," katanya.

Selain itu, ada beberapa penerbangan langsung dari Indonesia ke kota-kota Korea seperti Busan.

Baca juga: Persyaratan Visa Multiple Entry Korea Selatan Dipermudah, Apa Perbedaannya?

Kim menyebutkan bahwa Festival Pariwisata Hallyu akan diadakan akhir tahun ini untuk menarik lebih banyak pengunjung dari Indonesia, menawarkan kesempatan untuk menikmati masakan tradisional Korea dan menonton drama Korea populer serta pertunjukan musik pop.

Preview image credit: Canva via Pixabay

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru