Layanan QRIS Segera Bisa Digunakan Di Korea Selatan

Ribet karena harus menukarkan uang rupiah kamu dengan Won sebelum liburan ke Korea Selatan? Well, dalam waktu dekat, kamu tak perlu melakukannya. Pasalnya, Bank Indonesia dan Bank of Korea telah menandatangani nota kesepahaman, yang memungkinkan layanan QRIS bisa digunakan di Korea Selatan bagi traveler Indonesia.

Dilaporkan CNBC Indonesia, Bank Indonesia melalui gubernurnya, Perry Warjiyo, dan Gubernur Bank of Korea Ree Chang-yong telah menandatangani nota kesepahaman pembayaran berbasis QR Code Indonesian Standard (QRIS) pada 15 Juli 2024 di Penang, Malaysia.

Isi dari nota kesepahaman tersebut adalah kerja sama terkait interkoneksi Dan interoperabilitas pembayaran lintas negara dengan menggunakan QR Code. Kerja Sama ini juga akan membangun kerangka yang memfasilitasi pembayaran berbasis QR Code antarnegara.

Dalam pernyataan tertulisnya, Perry menjelaskan bahwa kerja sama pembayaran berbasis QR Code antara Bank Indonesia dan Bank of Korea akan memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan.

"MoU ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya sistem pembayaran lintas negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang lebih efisien, cepat, inklusif dan transparan," tutur Perry.

Apa artinya ini bagi wisatawan Indonesia? Dengan layanan pembayaran melalui QR Code bisa diterapkan di Korea Selatan, traveler asal Indonesia tak harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak selama perjalanan. Mereka tinggal memastikan ponsel pintar mereka memiliki aplikasi pembayaran berbasis layanan QRIS dan saldo yang cukup untuk melakukan transaksi di destinasi tujuan.

Ini menjadi kemudahan lain yang ditawarkan Pemerintah Korea Selatan untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia ke wilayahnya. Sebelumnya, otoritas setempat berencana memberikan fasilitas bebas visa Korea Selatan untuk menaikkan tingkat kunjungan traveler asal Indonesia. Selain itu, beberapa prosedur pengurusan visa juga dipermudah, serta penambahan layanan penerbangan langsung dari Indonesia menuju bandara internasional yang ada di Korea, atau sebaliknya.

Baca juga: Pemegang Paspor Indonesia Segera Bebas Visa Korea Selatan

Apa pendapat kamu mengenai layanan QRIS yang bisa digunakan di Korea Selatan ini?

Image preview credit: Ethan Brooke | Pexels via Canva

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru