Wisata Panjat Tebing Di Indonesia, Destinasi Liburan Pemompa Adrenalin

Olahraga panjat tebing termasuk salah satu bidang yang ekstrim. Tapi untuk para pencinta alam dan penyuka tantangan, justru medan tebing berbatu jadi hal yang mengasyikkan. Dibutuhkan nyali dan persiapan memadai untuk melakukan olahraga ini. Bila kamu ingin mencoba untuk berlatih panjat tebing, terdapat beberapa lokasi yang populer untuk melakukannya. Berikut rekomendasi TripZilla Indonesia untuk lokasi wisata panjat tebing di Indonesia, mana yang ingin kamu coba?

Baca Juga: Wisata Air Terjun di Wonosobo, Destinasi Dengan Nuansa Sejuk dan Natural

1. Tempat wisata panjat tebing favorit, Tebing Ciampea

Image credit: @tiarapermatahp

Melangkahkan kaki ke Bogor, mampirlah ke Tebing Ciampea. Tebing ini sering dikunjungi klub-klub panjat tebing untuk berlatih merayap di bebatuan terjal. Berketinggian sekitar 30 meter, tebing batu kapur ini punya banyak lubang yang cocok untuk memanjat. Lengkapi dirimu dengan peralatan keamanan agar pengalaman memanjat lebih maksimal. Ada sekitar 13 jalur yang bisa kamu jajal di sini, dijamin semuanya seru!

Lokasi: Jl. Ciaruteun Ilir, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

2. Tebing Lidah Jeger, pas untuk kamu yang belum pernah memanjat

Image credit: @jaly_lobangg

Kalau kamu termasuk yang baru pertama kali ingin memanjat tebing, Tebing Lidah Jeger jadi tempat yang sesuai untukmu. Mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa dapat berlatih memanjat di sini. Untuk pemula, jalur pendakian setinggi 12 meter tersedia dan bagi profesional, jajal jalur setinggi 90 meter yang ada. Nama lidah jeger berasal dari bentuk tebing yang tampak bak lidah menjulur keluar. Berminat mencoba?

Lokasi: Leuwikaret, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

3. Cantiknya wisata panjat tebing di Tebing Citatah

Image credit: @luthfiindah

 Hijau dan menjulang tinggi, itulah pemandangan khas Tebing Citatah yang akan menghibur matamu. Ada tiga area di sini yaitu Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125 sesuai dengan ketinggian tebingnya. Bila kamu ingin mencoba memanjat, ada instruktur profesional yang siap untuk mendampingi. Pemanjatan di tebing kapur ini pun terbilang aman dan banyak diminati pehobi panjat. Selain seru untuk dilakukan, pemandangannya pun kece. Duduk di celah tebing sambil berfoto, pasti hasilnya keren!

Lokasi: Citatah, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

4. Wisata panjat tebing dengan ferrata di Tebing Parang

Image credit: @bowiyyy

Saking populernya, bisa jadi sudah banyak yang mendengar nama Tebing Parang atau Gunung Parang. Gunung batu andesit berketinggian 930 meter ini termasuk tertinggi di Indonesia dan dibagi dalam tiga area yaitu Tower I, Tower II dan Tower III dengan tipe jalur pendakian yang berbeda. Setibanya di puncak, pemandangan mengesankan akan menyambutmu. Ada lanskap Gunung Bongkok, Gunung Lembu dan Waduk Jatiluhur yang menyegarkan mata. Bila ingin tantangan lebih, cicipi sensasi tyrolean traverse, yaitu menyeberang ke puncak di sisi lain dengan tali. Mau?

Lokasi: Jl. Lkr. Gn. Parang, Pasanggrahan, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

5. Tebing Sepikul Watulimo, memikatnya tebing tertinggi di Jawa Timur

Image credit: @hafri_rinaldy

Bila sedang berlibur ke Jawa Timur, sempatkan mampir ke Tebing Sepikul Watulimo. Menjadi yang tertinggi, tebing ini tetap ramah untuk pemanjat pemula. Bila kamu sudah berpengalaman memanjat, bisa mencoba di antara lima jalur yang berketinggian hingga 30 meter. Namun bila kamu masih pemanjat pemula, cobalah di antara 2 jalur setinggi hingga 25 meter. Masukkan tangan dan kakimu ke dalam celah batunya dan nikmati pemandangan yang indah dari ketinggian!

Lokasi: Area Hutan, Watuagung, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

6. Lembah Kera, wisata panjat tebing di lokasi favorit atlet

Image credit: @tebing_lembah_kera

Konon Lembah Kera adalah tempat favorit atlet panjat tebing untuk berlatih. Memang seperti apa sih tempatnya? Untuk pemula, kamu bisa mendaki hingga ketinggian 10 sampai 12 meter. Bagi yang sudah berpengalaman, mendakilah hingga ke puncak di ketinggian 50 meter. Selain wisata panjat tebing, tempat ini pun bisa dikunjungi untuk berkemah. Ada lahan kosong untuk mendirikan tenda dengan biaya yang terjangkau.

Lokasi: Dempok, Pagak, Area Hutan Jati, Gampingan, Kec. Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Baca Juga: Curug Di Sukabumi Untuk Destinasi Liburan Bernuansa Petualangan

Penasaran nggak ingin merasakan sensasi panjat tebing ini? Selain membuat tubuh bugar, kamu pun bisa merasakan tantangan yang berbeda lho!

Preview image credit: Hu Chen | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru