Panduan Wisata Ke Bali Zoo, Dari Harga Tiket Hingga Cara Ke Sana

Terletak di dalam hutan tropis yang rimbun seluas 22 hektar (9 hektar), Bali Zoo memberikan pengalaman langsung dan personal dengan hewan-hewan yang bersarang di dalam area kebun binatang. Destinasi ini adalah kesempatan yang bagus untuk menjelajahi dan mempelajari spesies asli selama liburan. Kamu bisa mengunjungi kandang burung dan juga pergi ke padang terbuka dan melihat lebih dari 300 hewan eksotis, termasuk singa Afrika.

Beberapa hewan penghuni taman ini termasuk orangutan Sumatra, gajah, beruang, dan banyak lagi. Misi utama kebun binatang ini adalah membantu pengunjung mempelajari dan memahami hewan-hewan. Saat berada di sana, kamu bisa berinteraksi dengan hewan eksotis, dari membelai, memberi makan, dan bahkan berfoto dengan beberapa dari mereka. Berikut panduan ke Bali Zoo untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi Bali Zoo dan cara menuju ke sana

Bali ZooImage credit: Bali Zoo

Bali Zoo berada di Sukawati, Gianyar. Alamat lengkapnya adalah  Singapadu, Sukawati, Gianyar, Bali 80582, Indonesia.

Ada banyak cara untuk bisa sampai ke salah satu destinasi wisata populer di Bali ini, dari berjalan kaki hingga menggunakan bus.

Ada beberapa resor dan hotel yang terletak sangat dekat dengan Bali Zoo, jadi berjalan kaki adalah pilihan yang tepat jika kamu menginap di dekatnya. Sambil berjalan kaki, kamu memiliki kesempatan menikmati keindahan lingkungan sekitar.

Kamu juga bisa menyewa taksi yang akan menjemput dari titik mana pun, dari akomodasi Anda hingga bandara. Menyewa kendaraan juga bisa dilakukan. Bali Zoo terletak di Kabupaten Gianyar, dan Anda dapat mencarinya di Google Maps dengan judul “Bali Zoo - Kebun Binatang Bali”.

Cara terbaik, termudah, dan termurah untuk berkeliling kota adalah dengan bus. Ada banyak rute yang akan membawa kamu ke destinasi ini. Cara termudah adalah dengan naik bus Jalur 5 dan turun di halte ketiga - Bali Zoo.

Jam operasional dan harga tiket Bali Zoo

Bali ZooImage credit: Bali Zoo

Destinasi ini beroperasi setiap hari dan dibagi dalam dua periode waktu, pagi dan sore hari. Untuk pagi hari, operasional Bali Zoo dimulai pukul 9.00 hingga 17.00 WITA. Sementara operasional pada sore hari akan dimulai 18.00 hingga 21.00 WITA.

Tips sebelum berkunjung, penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk berkunjung. Apakah untuk menghindari keramaian, menghindari suhu panas, atau untuk melihat hewan saat mereka beraktivitas.

Ada pertunjukan burung harian yang diselenggarakan pada pukul 11.00 dan 15.00 di area kandang burung. Pertunjukan hewan juga diselenggarakan setiap hari pada pukul 11.00, 13.00, 15.00, dan 16.00. Jika membeli program paket tertentu, kamu bisa mengatur perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi taman adalah sekitar dua hingga tiga jam.

Untuk harga tiket masuk Bali Zoo, biaya tiket untuk orang dewasa adalah 24 USD, sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya 16 USD. Perlu dicatat bahwa sebagian besar wahana dan tur memiliki biaya tambahan.

Tiket masuk Bali Zoo dapat dibeli di pintu masuk kebun binatang atau melalui situs web resminya. Jika kamu berencana untuk membelinya di pintu masuk, sebaiknya datang lebih awal agar tidak terlalu lama mengantre. Juga tersedia paket wisata yang ditawarkan.

Rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan

Bali ZooImage credit: Bali Zoo

Pengunjung bisa melihat dan berinteraksi dengan fauna eksotis melalui berbagai kegiatan yang diawasi yang diadakan sepanjang hari dan sepanjang malam. Konservatorium satwa liar utama ini terkenal sebagai rumah bagi hewan-hewan terlangka dari Indonesia dan seluruh dunia. Jadi, selagi berada di sana, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Bermain lumpur bersama gajah

Gajah dikenal memiliki banyak sifat yang menakjubkan, dan di kebun binatang ini, kamu bisa mandi dan bermain lumpur bersama hewan-hewan agung ini dengan mengikuti pelatih gajah selama sehari.

Dalam kegiatan ini, kamu bisa belajar dan memahami sifat dan perilaku gajah. Kegiatan ini diawasi oleh pawang gajah yang berpengalaman, dan kamu bisa menghabiskan waktu dengan gajah Sumatera yang ramah, memandikannya, dan juga menggosoknya dengan sangat lembut. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan baju renang, ya!

Sarapan bersama orangutan

Sesekali, bangun pagi adalah hal yang menyenangkan. Di Bali Zoo, kamu berkesempatan untuk sarapan bersama salah satu penghuninya yang paling populer, orangutan.

Aktivitas ini dimulai pukul 8 pagi dan berlangsung hingga 10 pagi. Kamu bisa memulainya dengan secangkir kopi lezat sambil diiringi orangutan yang bermain di latar belakang. Pengunjung juga bisa menikmati buah-buahan, sereal, dan nasi goreng sementara orangutan hanya beberapa langkah jauhnya.

Menikmati suasana malam di kebun binatang

Ada banyak keseruan di siang hari di Bali Zoo, tetapi ada tantangan menarik dan lebih besar menanti saat matahari terbenam. Night at the Zoo menawarkan pengalaman yang sama sekali baru bagi pengunjung, di mana mereka dapat melihat berbagai jenis makhluk nokturnal dan kucing besar yang keluar hanya pada malam hari.

Kamu juga bisa menikmati makan malam yang lezat dan tarian api di bawah jutaan bintang. Dan saat menikmati hidangan lezat, singa dan anak-anaknya akan berkeliaran di sekitar padang rumput hanya beberapa meter dari tempat kamu berada - cara yang berkesan untuk mengakhiri kunjungan.

Memilih tempat bersantai dan menyantap makanan

Bali ZooImage credit: Bali Zoo

Bagaimana rasanya menyantap hidangan lezat sambil melihat singa-singa yang gagah? Itulah yang bakal kamu dapatkan saat pergi ke The Wana.

Terletak di sebelah loket tiket masuk, restoran ini menawarkan masakan Asia Tenggara asli dalam suasana yang indah menyerupai hutan tropis Bali. Tempat terbaik untuk duduk adalah di dekat jendela besar, di mana kamu berkesempatan untuk melihat hewan-hewan menakjubkan ini dari dekat.

Saat berada di sana, pastikan untuk mencoba hidangan khas Bali, khao soi (mi telur), ikan acar kuning (ikan asin kuning), dan nasi goreng mawut (nasi goreng orak-arik).

Baca juga: Hotel Kapsul Bali Untuk Akomodasi Liburan Minimalis Kamu

Nah, panduan liburan ke Bali Zoo ini diharapkan bisa memberikan betapa menariknya menghabiskan waktu di sana. Agendakan perjalanan kamu sekarang juga, ya!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru