9 Negara Musim Gugur Yang Bebas Visa Untuk Paspor Indonesia

Sebagai negara tropis pasti kita ingin pergi liburan ke luar negri untuk merasakan dinginnya salju di musim dingin, melihat bunga sakura di musim semi, dan dedaunan merah kecoklatan di musim gugur. Namun kebanyakan negara yang memiliki empat musim termasuk hanya bisa dikunjungi dengan visa. Namun kamu tak perlu khawatir karena masih beberapa negara dengan musim gugur yang bisa dikunjungi wisatawan Indonesia hanya dengan paspor saja atau bebas visa.

Baca juga: 13 Negara Bersalju Bebas Visa Untuk Orang Indonesia

Mulai dari Benua Asia, Eropa, hingga Amerika ada beberapa negara dengan musim gugur yang bisa dikunjungi dengan bebas visa. Tentu saja ini menjadi kabar baik karena wisatawan tak perlu mengurus visa yang seringkali membutuhkan banyak waktu dan tidak menjamin keberhasilan mendapatkannya. Negara bebas visa mana sajakah yang bisa kamu kunjungi untuk liburan musim gugur? Berikut daftarnya.

1. Kazakhstan

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: Collab Media's Images | Canva Pro

Kini negara Kazakhstan di Benua Eropa tengah naik daun dan menjadi primadona bagi wisatawan Indonesia karena selain bebas visa juga harga tiket yang murah serta memiliki empat musim termasuk musim gugur yang tidak ada di Indonesia. Saat musim gugur ada banyak perayaan dan festival yang digelar di berbagai kota jadi sayang untuk kamu lewatkan.

Wisata musim semi populer: Kaindy Lake, Assy Plateau, Bear Falls,
Durasi bebas visa: 
30 hari

2. Pulau Jeju, Korea Selatan

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: Lorryn Smit Photography | Canva Pro

Pulau Jeju menjadi satu-satunya tempat di Korea Selatan yang bisa dikunjungi oleh paspor Indonesia hanya dengan paspor atau tanpa visa. Di pulau yang dikenal sebagai "Bali-nya Korea Selatan" ini juga memiliki banyak tempat yang indah dikunjungi saat musim gugur selama bulan September hingga November. Suhu udara yang hangat dan cuaca yang cerah benar-benar mendukung untuk kamu berkeliling pulau.

Wisata musim semi populer: Asan Ginko Tree Road, Seongsan Ilchul-bong Peak, Hallasan, Changdeokgung Palace, Secret Garden, Teddy Bear Museum
Durasi bebas visa: 
30 hari

3. Turki

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: Olena_Z | Canva Pro

Selama bulan September hingga November Turki mengalami musim gugur dan membuat daratan berubah dari hijau tua menjadi kuning, coklat, keemasan, hingga merah. Turki juga kini telah menjadi negara dengan empat musim favorit wisatawan asal indonesia karena selain bebas visa juga orang Indonesia bisa merasakan musim semi, musim semi, dan salju saat musim semi yang tidak ada di negara kita.

Wisata musim semi populer: Blue Mosque, Hagia Sophia, Gulhane Park, Emirgan Park, Cappadocia
Durasi bebas visa: 
30 hari

4. Hong Kong

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: Chapman Chow | Unsplash

Meski memiliki iklim sub-tropis tapi Hong Kong juga termasuk negara yang memiliki empat termasuk musim gugur dan bisa kamu kunjungi bebas visa atau hanya dengan paspor saja. Musim gugur berlangsung mulai bulan September sampai November yang sering dianggap menjadi bulan terbaik untuk mengunjungi Hong Kong. Pergilah ke taman bermain hingga naik tram ke puncak yang sepanjang jalannya seperti memasuki lorong dedaunan musim gugur.

Wisata musim semi populer: Peak Tram, Ocean Park Hong Kong, Victoria Peak, Kowloon Walled City Park
Durasi bebas visa: 
30 hari

5. Belarusia

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: ShevchenkoAndrey | Canva Pro

Negara di Benua Eropa ini memiliki musim gugur yang bisa dikunjungi bebas visa oleh wisatawan Indonesia. Musim gugur menjadi waktu terbaik untuk mengujungi negara beribukota Minsk. Kamu bisa menjelajahi kota-kota yang seketika berubah menjadi warna kuning, coklat, hingga merah dari daun-daun musim gugur yang terlihat jelas di berbagai taman. Nikmati waktu bersantaimu untuk duduk merasakan keindahan musim ini.

Wisata musim semi populer: Park Horkaha, Lošyсki Park, Victory Park, Belarusian Central Botanic Gardens
Durasi bebas visa: 
30 hari

6. Chile

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: Raúl Escobar | Unsplash

Tak hanya Benua Asia dan Eropa saja, ada pula negara bebas visa di Benua Amerika yang punya musim gugur. Salah satunya negaranya adalah Chile yang punya waktu musim gugur berbeda dengan negara lainnya yakni terjadi mulai bulan Maret hingga Mei. Dari perkotaan hingga pegunungan menampilkan pemandangan dedaunan berwarna oranye kecoklatan yang benar-benar indah.

Wisata musim semi populer: Santiago de Chile, Torres del Paine National Park, Araucano Park
Durasi bebas visa: 
90 hari

7. Serbia

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: ShevchenkoAndrey | Canva Pro

Musim gugur di Serbia mulai terjadi pada bulan September hingga November. Negara ini memiliki kekayaan sejarah dan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Saat musim gugur nikmatilah perayaan festival populer seperti di Kikinda yang jadi favorit warga lokal.

Wisata musim semi populer: Danube River Cruise, The Belgrade Fortress, Đerdap National Park
Durasi bebas visa: 
30 hari

8. Uzbekistan

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: Salohiddin Kamolov | Unsplash

Musim gugur di Uzbekistan berlangsung lebih singkat dari negara lainnya yakni mulai bulan September hingga awal November.Ada banyak kota indah dengan wisata alam dan sejarah yang bisa kamu kunjungi mulai dari Tashkent, Bukhara, Samarkand, hingga Surkhandarya. Saat musim gugur tiba kanal dan taman-taman di Tashkent akan ramai dikunjungi oleh warga lokal.

Wisata musim semi populer: Fergana Valley, berbagai kanal dan taman di Tashkent
Durasi bebas visa: 
30 hari

9. Jepang

Negara musim gugur bebas visa

Image credit: NH 的影像 | Canva Pro

Negara dengan empat musim ini selain terkenal dengan musim seminya juga punya banyak tempat indah untuk dikunjungi saat musim gugur. Mulai dari Tokyo, Osaka, hingga Hokkaido daun-daun akan mulai berubah warna menjadi oranye dan merah membuat kota menjadi ramai dikunjungi oleh banyak warga lokal dan wisatawan asing.

Wisata musim semi populer: Kiyomizudera Temple, Nara Park, Osaka Castle, Shinjuku Gyoen Park, Meiji Jingu Gaien Park
Durasi bebas visa: 
15 hari khusus untuk e-paspor dengan Visa Waiver

Baca juga: 5 Negara Dengan Musim Semi Bebas Visa Untuk Wisatawan Indonesia

Kini tak perlu khawatir lagi soal ribetnya mengurus visa atau takutnya visa ditolak karena kamu masih bisa menikmati liburan musim gugur ke negara-negara di atas. Jadi, segara pesan tiket pesawatmu sekarang!


Preview image credit: NH 的影像 | Canva Pro

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru