Wisata Sri Lanka Yang Unik, Eksotis dan Penuh Petualangan

Apakah pernah terpikir dalam benakmu untuk berlibur ke Sri Lanka? Negara pulau yang terletak tidak jauh dari India ini punya tempat-tempat eksotis untuk dikunjungi. Lingkungannya masih alami dan kamu bisa menemukan banyak peninggalan sejarah di Sri Lanka. Dahulu dikenal dengan nama Ceylon, saat ini Sri Lanka dapat dikunjungi dengan menggunakan visa on arrival selama 30 hari bagi warga negara Indonesia. Agar tidak melewatkan tempat yang menarik, berikut rekomendasi wisata Sri Lanka ala TripZilla Indonesia untuk liburanmu, cek dulu di sini!

Baca Juga: Cafe Hopping, Menikmati Estetika Khas Jeju Dari Kafenya

1. Dambulla Royal Cave Temple, pemandangan menawan di dalam dan luarnya

Image credit: @island_guide_shri_ (kiri), @mimigunn22

Tempat pertama yang akan membuatmu terpana adalah Dambulla Royal Cave Temple. Mayoritas penduduk Sri Lanka beragama Buddha, jadi kamu akan dengan mudah menemukan kuil-kuil Buddha. Salah satunya adalah tempat wisata ini, yang berupa kuil dalam goa-goa di Dambulla. Konon sejak dulu, Dambulla dianggap sebagai salah satu kota religi di Sri Lanka. Bila kamu adalah penganut agama Buddha, maka tempat ini pasti akan semakin menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Kandy - Jaffna Hwy, Dambulla, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 - 19.00

2. Galle Dutch Fort, cantiknya lanskap situs warisan budaya UNESCO

Image credit: @shakeyoursoul

Tempat wisata Sri Lanka yang juga mengundang kekaguman adalah Galle Dutch Fort. Telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya oleh UNESCO, pesona benteng ini adalah kombinasi dari megahnya bangunan tua bergaya kolonial dengan keindahan alam Sri Lanka. Benteng ini mulanya dibangun oleh bangsa Portugis di abad ke-16 karena Galle merupakan kota pusat perdagangan rempah selama ratusan tahun. Bila berkunjung ke kompleks benteng ini, matamu pun akan dimanjakan dengan pemandangan dari Galle Lighthouse, Groote Kerk dan Galle Clocktower.

Lokasi: Galle 80000, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 17.00

3. Taman Nasional Yala, uniknya pengalaman menjelajah alam liar Sri Lanka

Image credit: @yala_national_park_

Keindahan alam di Sri Lanka tidak untuk dilewatkan. Kunjungi salah satu taman nasionalnya yaitu Taman Nasional Yala yang menawarkan secuil sensasi kehidupan alam liar untuk mewarnai liburanmu. Beberapa larangan diterapkan di dalam taman ini semisal dilarang memberi makan hewan, memotret dengan lampu kilat, mengaktifkan nada dering di telepon dan lain-lain. Keunikan lain dari taman ini adalah terdapat kuil Situlpawwa Rock Temple di dalamnya. Kuil yang menjadi rumah dari banyak lukisan kuno berusia ribuan tahun dan stupa ini juga masih terbuka untuk kamu yang ingin bermeditasi lho!

Lokasi: Hambantota District, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 - 18.00

4. Air Terjun Diyaluma, rasakan jantungmu berdebar di ketinggiannya

Image credit: @ahad5800

Bila ke Sri Lanka, pantang melewatkan pesona dari Air Terjun Diyaluma. Curahan air ini menjadi yang kedua tertinggi di Sri Lanka dan punya pemandangan memikat baik dari jauh maupun dari dekat di kolamnya. Kamu pun akan dibuat berdebar-debar karena di sini, kamu bisa berjalan menyusuri kawasan air terjun yang masih asri hingga tiba di puncaknya. Ada kolam tempat kamu bisa berendam atau sekedar mencelupkan kakimu dan melihat ujung kolam dimana airnya terjun setinggi 220 meter. Wow!

Lokasi: Colombo - Wellawaya, Colombo - Batticaloa Hwy, Koslanda, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

5. Pantai Mirissa, pikat matamu dengan gerak-gerik paus yang mengagumkan

Image credit: @owluneedis

Mau liburan ke pantai yang bukan sekedar untuk main air? Sri Lanka punya tempatnya, yaitu di Pantai Mirissa. Bukan cuma memiliki kecantikan khas berkat perpaduan pohon-pohon kelapa dan birunya langit, kamu pun dapat mengikuti safari untuk melihat paus di sini. Umumnya, migrasi paus terjadi antara akhir bulan November hingga Maret dan akan mudah terlihat oleh wisatawan. Jika ingin mendapatkan pengalaman maksimal, naiki Parrot Rock yang sudah difasilitasi jalan setapak agar kamu memperoleh panorama pantai dari ketinggian. Tetap perhatikan keamanan saat melakukannya ya!

Lokasi: Mirissa, Srilanka
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

6. The Elephant Freedom Project, isi liburanmu dengan aktivitas bersama gajah yang jinak

Image credit: @elephant_freedom (kiri), @kumari_srilanka

The Elephant Freedom Project merupakan tempat penangkaran gajah di Sri Lanka. Gajah-gajah yang dipelihara telah diselamatkan dari lingkungan sebelumnya yang berbahaya. Bila kamu penyayang hewan, mengunjungi hewan besar yang ramah ini dijamin menjadikan liburanmu berkesan. Diterapkan aturan, maksimal hanya 15 orang yang diizinkan mengikuti setiap aktivitasnya. Kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah memandikan gajah dan berfoto bersama gajah. Tersedia paket wisata yang bisa dipilih dan sudah termasuk biaya makan.

Lokasi: Karandupona-Rambukkna Road, Hiriwadunna 71014, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 17.00

7. Pidurangala Rock, alami sendiri sensasi bersantai di atas gunung batu

Image credit: @thelovedventurous

Hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari Sigiriya Rock, ada objek wisata Pidurangala Rock. Apa istimewanya tempat ini? Alasan pertama adalah karena sarat dengan sejarah bahwa dulunya tempat ini ditinggali oleh para biksu. Alasan berikutnya adalah panorama memikat yang akan didapat bila kamu mendaki hingga ke titik tertingginya. Pilih waktu saat cuaca cerah menjelang matahari terbit atau terbenam untuk mendaki. Untuk memasuki lokasi pendakian, kamu akan melewati kuil Buddha jadi kenakan pakaian yang layak terlebih dahulu ya!

Lokasi: Sigiriya, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

8. Pantai Hikkaduwa, wisata Sri Lanka favorit bagi penggemar olahraga air

Image credit: @sl_epictravel

Kamu gemar menyelam atau snorkeling? Atau justru kamu ingin menunjukkan kemampuanmu berselancar? Berarti Pantai Hikkaduwa adalah tujuan yang tepat untukmu. Pantai ini populer karena nyaman untuk digunakan berenang, menyelam hingga berselancar. Waktu selancar yang tepat adalah saat musim panas di bulan November hingga Maret. Airnya jernih dan terdapat beberapa situs bawah laut dari kapal karam yang dapat dijelajahi. Untuk mengisi perut, sudah banyak kafe dan bar yang dibuka. Demikian juga dengan penginapan yang mudah ditemukan di sini.

Lokasi: Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 - 18.00

9. Shri Badrakali Amman Hindu Kovil, wisata religi di kuil Hindu yang berbeda

Image credit: @michiodolphin

Banyak kuil di Sri Lanka dan bukan hanya kuil Buddha. Shri Badrakali Amman Hindu Kovil adalah salah satu kuil Hindu yang dapat kamu kunjungi. Tidak hanya untuk beribadah, namun kamu pun dapat mengagumi desain eksterior dan interiornya yang penuh ornamen. Dibangun pada abad ke-11, warna-warni dari setiap sudut kuil akan membetot perhatianmu. Kuil ini masih digunakan untuk bersembahyang dan kamu bisa mengamati ritual doanya bila datang pada siang hari. Dijamin, pulang dari sini, kamu akan membawa pengalaman baru yang tidak ada duanya.

Lokasi: 24 New Moor St, Trincomalee, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 - 24.00

10. Museum Nasional Colombo, mengulik sejarah Sri Lanka yang belum kamu tahu

Image credit: @flymesl_

Tidak lengkap mengunjungi satu negara tanpa melihat kisah sejarahnya. Sambangi Museum Nasional Colombo untuk melihat jejak-jejak masa lalu dari koleksi senjata, topeng, hingga patung-patung yang mengesankan. Ada juga galeri yang menyimpan koleksi lukisan tua. Puas berkeliling museum, kamu dapat mampir ke kafenya untuk menikmati hidangan khas Sri Lanka. Lalu belanja oleh-oleh di Laksala Gift Shop sebelum beranjak pergi ke objek wisata selanjutnya.

Lokasi: Sir Marcus Fernando Mawatha, Colombo 00700, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 19.00

11. Handunugoda Tea Estate, hirup harumnya teh khas Sri Lanka yang nikmat

Image credit: Herman

Teh menjadi salah satu komoditas kebanggaan Sri Lanka dan kamu dapat memasukkan Handunugoda Tea Estate ke dalam jadwal liburanmu. Perkebunan teh ini akan menyejukkan mata dan hatimu dengan hijaunya deretan tanaman teh. Kemudian kamu dapat menyaksikan proses pembuatan teh di pabriknya yang masih tradisional. Tentu saja sesudahnya kamu bisa langsung mencicipi nikmatnya secangkir teh Ceylon yang langsung dihidangkan dari pabriknya. Rasanya pun tidak afdol jika pulang tanpa membawa buah tangan berupa teh kemasan dari berbagai jenis.

Lokasi: Handunugoda Rd, Ahangama, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 16.15

12. Puncak Adam, mendaki gunung yang paling keramat di Sri Lanka

Image credit: @vikamakorona

Puncak Adam atau yang dikenal sebagai Adam’s Peak sangat menggoda untuk dikunjungi. Penggemar petualangan pasti gatal untuk menjejakkan kaki di gunung berketinggian sekitar 2,304 mdpl ini. Selain menjadi yang tertinggi, gunung ini juga dianggap paling keramat di Sri Lanka. Penyebabnya adalah karena di puncaknya terdapat sebuah jejak kaki yang dianggap sebagai jejak kaki Nabi Adam, manusia pertama di bumi. Gunung yang juga disebut Sri Pada ini pun menjanjikan panorama indah berupa bukit-bukit hijau sejauh mata memandang. Keren!

Lokasi: Sri Pada, Sri Lanka
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

Baca Juga: Spot Foto Keren di Tokyo, Temukan Sisi Yang Mengagumkan Di Sini

Tempat-tempat ini adalah bukti bahwa wisata Sri Lanka juga menarik untuk dijelajahi. Kapan mau mencoba datang ke sana?

Preview image credit: Genine Alyssa Pedreno-Andrada | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru