Panduan Membuat Visa Turis Australia 2024 Yang Harus Kamu Tahu!

Visa Turis Australia adalah jenis visa non-imigran, yang memungkinkan warga negara asing mengunjungi Australia dalam jangka waktu yang singkat.

Pemegang paspor Indonesia yang ingin mengunjungi Australia untuk tujuan wisata harus mengajukan visa turis (Subclass 600). Dengan visa ini, pemohon bisa pergi ke Australia untuk kegiatan bisnis atau pariwisata.

Dalam situs resminya, kedutaan Australia menyatakan pemegang visa turis tidak boleh bekerja untuk bisnis apa pun atau menjual jasa/barang di Australia. Sementara warga negara asing yang ingin belajar atau mengikut pelatihan informal selama kurang dari 3 bulan bisa mengajukan visa jenis ini. Pun demikian dengan orang tua warga negara Australia dan residen tetap bisa mengajukan visa ini untuk mengunjungi Australia lebih lama.

Panduan Membuat visa turis Australia Image credit: Rijan Hamidovic | Pexels

Syarat kelayakan mendapatkan visa turis Australia

Untuk bisa mendapatkan visa turis Australia ini, ada persyaratan kelayakan yang harus dipenuhi. Syarat tersebut antara lain:

  • Kamu harus memiliki dana yang cukup untuk menghidupi diri sendiri.

  • Kamu harus menunjukkan niat untuk kembali ke negara asal.

  • Kamu harus menunjukkan tujuan kunjungan.

  • Kamu harus menunjukkan bukti datang dalam keadaan sehat.

  • Kamu harus menunjukkan bukti tidak memiliki catatan kriminal.

  • Kamu tidak boleh memiliki utang kepada pemerintah Australia.

  • Kamu tidak boleh menerima atau mencari pekerjaan apa pun.

  • Kamu harus mematuhi hukum negara Australia.

  • Jika mengunjungi keluarga atau teman, kamu harus menunjukkan surat undangan.

  • Jika berkunjung untuk keperluan medis, kamu harus menunjukkan dokumen medis yang dibutuhkan.

Dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa turis Australia

Ada sejumlah persyaratan dokumen yang harus dilampirkan saat pengajuan permohonan visa turis Australia. Daftarnya bisa dilihat di bawah ini!

  • Paspor Indonesia yang masih berlaku - Halaman foto tidak boleh memiliki laminasi yang rusak. Paspor juga berlaku lebih dari 6 bulan sejak tanggal perjalanan

  • Akta lahir

  • Foto ukuran paspor - Ukuran resmi adalah 45mm x 35mm dengan latar belakang polos. Pemohon diharuskan untuk menulis nama mereka di belakang foto

  • Visa Sebelumnya dan Saat Ini - Untuk riwayat perjalanan, pindai halaman semua visa dan prangko yang masih berlaku dan kedaluwarsa

  • Rekening koran bank - Berikan sertifikat bank asli yang diterbitkan dalam 3 bulan terakhir. Catatan: Perhitungkan biaya seluruh perjalanan kamu dan pengeluaran harian!

  • Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan

  • Surat Keterangan Kerja atau Kontrak Kerja

  • Rencana perjalanan di Australia - Pemohon harus menuliskan kegiatan mereka per hari

  • Reservasi penerbangan dan hotel - Meskipun tidak harus memiliki dokumen ini saat mengajukan permohonan, dokumen tersebut bisa memperbesar peluang visa disetujui, meski tidak ada jaminan. Menyediakan tiket pesawat pulang pergi dapat membuktikan bahwa kamu tidak berniat untuk menetap secara informal di Australia

Catatan: Persyaratan tambahan mungkin akan diminta, tergantung pada visa, aplikasi kewarganegaraan, dan keadaan pribadi. Beberapa aplikasi mungkin juga tidak memerlukan dokumen apa pun.

Cara mengajukan permohonan visa turis Australia

  • Lakukan pendaftaran dan membuat akun ImmiAccount, layanan daring yang difasilitasi oleh Pemerintah Australia.

Situs ini adalah satu-satunya situs tempat kamu bisa mendapatkan akses ke persyaratan daring. Tanpa ImmiAccount, kamu tidak dapat melanjutkan proses aplikasi visa.

Mereka yang berencana bepergian dalam kelompok hanya perlu membuat satu akun.

Catatan: Pastikan untuk mencantumkan alamat email yang aktif. Jika gagal memberikan alamat email yang aktif dan faktual, kamu tidak akan mendapatkan pembaruan apa pun tentang aplikasi kamu.

  • Setelah mengonfirmasi ImmiAccount, kamu bisa melanjutkan dengan mengisi formulir aplikasi daring.

Akan ada sejumlah pertanyaan yang akan diajukan. Pertanyaan akan mencakup informasi pribadi, riwayat perjalanan, kapasitas finansial, tujuan kunjungan, dan kesehatan! Bersiap dan pastikan untuk memasukkan informasi faktual ke dalam sistem. Ingatlah untuk selalu MENYIMPAN informasi sehingga kamu bisa mengedit formulir kapan saja. Dengan fitur ini, Anda juga dapat memeriksa ulang informasi dalam aplikasi Anda!

Kamu tidak perlu mencetak aplikasi ini karena aplikasi daring menyimpan informasi yang dimasukkan ke dalam sistem.

Catatan: Jangan klik KIRIM (SUBMIT) jika kamu belum selesai, atau jika kamu belum memeriksa ulang informasi yang ditunjukkan.

  • Lakukan pemindaian dokumen yang disyaratkan dan masukan ke dalam sistem ImmiAccount kamu.

Setelah itu, centang kotak untuk menunjukkan bahwa kamu telah berhasil mengunggah dokumen yang dipindai untuk disertakan dalam aplikasi. Pastikan juga dokumen berformat .JPG, .PDF, atau .PNG dan ukurannya tidak boleh melebihi 5MB!

  • Setelah meninjau formulir aplikasi dan dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa melanjutkan ke pembayaran!

Meskipun biaya aplikasi dapat bervariasi tergantung pada jenis visa atau nilai tukar terhadap rupiah, biaya visa turis Australia sekitar AUD140 hingga AUD1.020. Bila pembayaran menggunakan kartu kredit, biaya tambahan mungkin berlaku.

  • Setelah melakukan pembayaran dan memeriksa ulang aplikasi kamu, saatnya untuk mengklik tombol SUBMIT!

Hampir seketika, pemberitahuan dan tanda terima akan dikirim ke email terdaftar kamu. Dari sini, yang dapat kamu lakukan hanyalah menunggu Visa Grant Notice, yang bisa tiba dalam waktu dua hari hingga satu bulan. Dalam beberapa kasus, dokumen tambahan mungkin diperlukan dari Anda sebelum Visa Grant Notice diberikan.

Jika kamu menerima kabar bahwa visa turis Australia disetujui, kami mengucapkan selamat! Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mencetak Visa Grant Notice untuk dibawa saat memasuki dan meninggalkan Australia!

Tips tambahan dalam panduan membuat visa turis Australia

1. Periksa kembali persyaratan kamu!

Periksa kembali aplikasi dan persyaratan Anda sesering mungkin. Lebih baik aman daripada menyesal, bukan? Beberapa bagian mungkin terlewat, atau informasi yang tertera mungkin salah atau salah eja. Jika memungkinkan, mintalah teman melakukan cek dan ricek untuk memeriksa aplikasi kamu!

2. Semakin banyak dokumen, semakin baik

Jika dokumen yang diperlukan yang kamu serahkan tidak cukup untuk mendukung aplikasi permohonan, kamu bisa mengirimkan hingga 60 berkas per pemohon!

3. Berikan bukti kepulangan ke Indonesia

Saat memberikan bukti kepulangan ke Indonesia, kamu harus memberi tahu Staf Imigrasi Australia bahwa kamu tidak berniat menetap secara ilegal. Bukti ini dapat berupa tiket pesawat pulang pergi, surat keterangan kerja, ketidakhadiran yang disetujui, atau bukti perjalanan!

4. Ajukan permohonan setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan

Meskipun kamu bisa mendapatkan visa Australia paling cepat dua hari setelah pengajuan, ada kemungkinan juga butuh waktu hingga satu bulan. Namun, jangan terburu-buru dalam prosesnya! Ini akan memungkinkan kamu merencanakan perjalanan dengan benar.

Baca juga: Australia Segera Berikan Visa Berdurasi 10 Tahun Untuk Turis Indonesia

Penting sekali untuk teliti dan awas dalam pengajuan permohonan visa ini. Pasalnya, biaya pembuatan visa tidak akan dikembalikan, terlepas apakah permohonan visa diterima atau tidak.

Preview image credit: Mudassir Ali | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru