Tempat Membeli Oleh Oleh Khas Macau Yang Berkesan dan Sesuai Anggaran

Macau, daerah administratif yang merupakan bagian dari Republik Rakyat Tiongkok ini sering menjadi tempat persinggahan kala berlibur ke Hong Kong. Objek wisatanya seperti reruntuhan Gereja St. Paul ramai menarik wisatawan dan hidangan egg tart khas Portugisnya jadi buah tangan laris. Namun tahukah kamu tempat beli oleh-oleh khas Macau dimana kamu bisa menemukan barang-barang seru? Sebelum menjelajahi Macau, baca dulu rekomendasi tempatnya di TripZilla Indonesia dan cek mana tempat yang mau kamu tuju!

Baca Juga: Hotel di Macau Bertabur Bintang dengan Fasilitas Lengkap

1. Largo do Senado, alun-alun bersejarah tempat belanja oleh-oleh Macau

Image credit: @glp1979

Disebut juga sebagai Senado Square, alun-alun ini jadi tempat yang wajib dikunjungi di Macau. Kamu bisa menikmati pemandangan gedung megah khas Eropa dan jalanan yang didesain dengan gaya Portugis. Tidak heran kalau di sini selalu ramai sebab suasananya menyenangkan dan tentunya kece untuk diabadikan. Jangan lupa, kamu datang untuk membeli oleh-oleh. Temukan pasteis de nata atau yang biasa disebut Portuguese egg tart di sini. Barang-barang dengan merek premium juga mudah ditemukan di toko-toko sepanjang jalan.

Lokasi: Largo do Senado, Macau
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

2. Koi Kei Bakery, surganya penggemar kue-kue khas Macau

Image credit: koikei_macau

Nama Koi Kei Bakery sudah dikenal di kalangan wisatawan. Toko ini menjual menu non halal dan beragam kue yang terkenal di Macau. Dibuka sejak tahun 1997, awalnya toko ini hanyalah gerobak yang menjual permen jahe dan kacang. Namun kini kamu dapat menemukan mulai dari daging babi kering dengan bumbu sea salt, mochi cake, orange peel cake hingga aneka saus seperti chili oil dan curry oil. Tidak lupa, ada almond cake khas Macau dan golden twist pastry. Dikemas dengan cantik, membuat kamu tidak perlu pusing lagi membungkus oleh-olehnya nanti.

Lokasi klik di sini
Jam Buka klik di sini

3. Cinco de Outubro Pastelaria, kudapan khas Macaunya menggoda iman

Image credit:  Macao Tourism

Cinco de Outubro Pastelaria atau disebut juga Rua Sei Mang menjadi salah satu toko kue lain yang dapat dikunjungi. Oleh-oleh khas Macau berupa aneka makanan ringan jadi pilihan yang menarik karena mudah dibawa dan banyak digemari. Menggunakan merek October Fifth, ada puluhan jenis pastry dengan kemasan yang keren dan rasa khas Portugis. Pilih antara almond bar with wheat crisp, vegetarian phoenix roll with seaweed, sea breeze coconut cake dan bahkan moon cake. Dijamin bakal kalap di sini!

Lokasi: G/F, 117 Rua de Cinco de Outubro
Jam Buka: Setiap hari, 09.30 - 19.30

4. Taipa Flea Market, wisata pasar yang sayang untuk dilewatkan

Image credit: @nissi_icasiano (kiri), @yongntp

Bila kamu akan berakhir pekan di Macau, jangan lewatkan Taipa Flea Market. Hanya diadakan setiap hari Minggu, pasar ini menjual macam-macam kerajinan tangan dan kuliner yang bisa jadi oleh-oleh khas Macau. Ada pula pertunjukan tarian khas Portugis, barongsai, sulap, pentas musik dan acara lukis wajah yang seru. Mengakhiri minggu dengan menghabiskan waktu di pasar ini akan jadi pengalaman yang unik. Lihat kebudayaan lokal dan temukan benda-benda menarik yang bisa menjadi oleh-oleh berkesan.

Lokasi: Largo dos Bombeiros, Macao
Jam Buka: Minggu, 11.00 - 20.00

5. Va Lun Tea Shop, toko teh khas Macau yang harumnya memikat

Image credit: Macao Tourism

Jauh-jauh ke Macau, kamu harus memasukkan Va Lun Tea Shop ke dalam jadwal. Pasalnya, toko ini menyajikan ragam teh yang khas sejak tahun 1965. Dengan kata lain, kamu akan menyambangi tempat legendaris dan seru untuk berburu oleh-oleh khas Macau. Kalau kamu punya teman penggemar teh atau bahkan kamu sendiri yang hobi meminumnya, toko teh ini akan membuatmu lapar mata. Jangan khawatir karena selain teh premium, ada juga yang harganya masih terjangkau. Bahkan varian teh oolong, melati, kuning, hitam dan pu’er yang tersedia ada yang usianya sudah puluhan tahun lho!

Lokasi: 108 R. de Cinco de Outubro, Macao
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 19.00

6. Casa de Bolos Man Kei, menggoyang lidah dengan kelegitan rasanya

Image credit: Macao Tourism

Bila kamu mencari oleh-oleh Macau yang banyak menggunakan babi alias non halal, maka mampirlah ke Casa de Bolos Man Kei. Bukan hanya untuk dibawa pulang, kamu pun akan tergiur untuk mencicipinya sendiri. Dulu tempat ini terkenal dengan phoenix cookie dan sweet heart pasty yang dimasak dengan banyak minyak dan lemak babi. Bayangkan rasanya yang gurih dan legit! Saat ini, kamu tetap bisa merasakan hal itu dengan versi lebih sehat setelah kandungan minyak dan lemaknya dikurangi, dan variannya diperbanyak. Curry egg rolls, chinese shortbread dan white sugar sponge cake juga tersedia untuk rasa yang bisa membuat hati gembira.

Lokasi: G/F 23-24 Rua do Cunha, Taipa
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 - 20.00

7. Anim' Arte Nam Van, belanja sekaligus rekreasi di tepi danau

Image credit: @macaotourismmalaysia

Bertempat di Nam Van Lakeside Plaza, Anim' Arte Nam Van menjadi lokasi nongkrong yang mengasyikkan. Kamu bisa menyaksikan keseharian warga sambil naik perahu bebek, menikmati cerahnya cuaca di kafe atau mengabadikan diri dengan latar mural dan gedung tinggi. Pada waktu tertentu, kamu bisa menyaksikan pameran seni di sini. Tentunya jangan lupa berkunjung ke lapak-lapak kerajinan tangannya karena bisa jadi kamu ingin membelinya untuk oleh-oleh. Bila datang di malam hari, pemandangannya bakal berbeda dengan lampu-lampu yang menarik lho!

Lokasi: Av. Panoramica do Lago Nam Van, Macao
Jam Buka: Senin - Jumat pukul 08.00 - 22.00, Sabtu - Minggu pukul 09.00 - 22.00

8. Macau Beer x Belive and More Concept Store, asyik untuk gaul dan belanja

Image credit: @buddyandme_macau

Ingin menghabiskan malammu dengan seseruan sambil minum bir? Kunjungi Macau Beer x Belive and More Concept Store untuk pengalaman minum bir khas Macau sampai subuh. Tempat ini merupakan hasil kolaborasi dari merek Belive&more dengan merek bir lokal yaitu Macau Beer. Selain bisa minum bir yang khas, kamu juga bisa membeli produk lain seperti kaus, stiker, kartu pos dan perlengkapan permainan beer pong. Konon koleksi produknya hanya dijual di toko ini, jadi pastikan kamu membeli untuk teman dekat dan dirimu sendiri sebelum pulang ya!

Lokasi: Nos. 46 R. do Alm. Sergio, Macao
Jam Buka: Setiap hari, 20.00 - 02.00

9. O-Moon, surganya kolektor barang-barang imut

Image credit: @omoonmacau

Bila kamu kenal dengan orang yang menyukai barang imut dan menggemaskan, maka jadikan O-Moon sebagai tempatmu membeli oleh-oleh. Menjual seabrek perlengkapan seperti payung, boneka, sabun Portugis hingga blind box, kamu akan dibuat bingung mau memilih yang mana. O-Moon pun berkolaborasi dengan merek-merek ternama semisal Sanrio. Kamu dapat menemukan barang-barang dengan aksen khas Kuromi dan Cinnamoroll yang manis dan lucu. Bila kamu ingin mencari koleksi selain Sanrio, tersedia juga tas, pin, lilin aromaterapi dan benda-benda lain dengan ornament khas Portugis yang unik.

Lokasi: 22 Rua Correia da Silva, Taipa, Macau
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 - 22.00

10. Red Market, cari oleh-oleh khas Macau di tempat legendaris ini

Image credit: @discovermc84

Dahulu disebut juga dengan Almirante Lacerda Municipal Market, Red Market merupakan pasar yang menjual kebutuhan sehari-hari. Saat ini, pasar yang telah berdiri selama 88 tahun ini sudah direnovasi dan kamu bisa belanja dengan lebih nyaman dalam bangunan merahnya yang ikonik. Harganya juga disebut lebih murah daripada pasar lainnya. Kamu dapat membeli makanan kering dan kalengan untuk dibawa pulang. Atau sekedar mengelilingi pasar untuk mencari perlengkapan yang mungkin menarik hatimu juga bakal jadi kegiatan yang menyenangkan.  

Lokasi: 125 Av. do Alm. Lacerda, Macao
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 - 19.00

Baca Juga: Tempat Wisata di Macau Yang Paling Populer dan Banyak Yang Gratis!

Siapkan uang belanjamu ya, karena bukan tidak mungkin kamu jadi lapar mata saat berkunjung ke tempat-tempat ini!

Preview image credit: Hiurich Granja | Unsplash

 

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru