10 Wisata Musim Gugur di Seoul, Korea Selatan Yang Instagramable dan Menakjubkan

Ada banyak alasan mengapa musim gugur adalah waktu yang tepat untuk pergi berlibur. Cuaca yang cukup hangat, wisata dengan pemandangan dedaunan berwarna kuning keemasan, hingga harga tiket pesawat yang tidak terlalu mahal akan membuat kamu semakin yakin untuk pergi liburan musim gugur ke Seoul, Korea Selatan.

Baca juga: 12 Airbnb Murah Di Seoul, Korea Selatan Yang Strategis Dan Di Bawah 1 Juta

Musim gugur di kota Seoul berlangsung antara September hingga akhir November di setiap tahun. Penjuru kota ini akan berubah menjadi lebih indah ketika pohon ginkgo yang dedaunnya mulai berguguran menutupi jalanan dan membuat suasana menjadi lebih romantis layaknya drama Korea.

1. Gyeongbokgung Palace, wisata paling populer dan wajib dikunjungi

Wisata musim gugur Seoul Gyeongbokgung Palace

Image credit: 김경복 | Pixabay (kiri), Siraphol | Canva Pro (kanan)

Belum lengkap ke Seoul jika belum mengunjungi istana paling populer yakni Gyeongbokgung Palace. Istana ini didirikan tahun 1934 yang dulunya digunakan sebagai tempat tinggal raja dinasti Joseon.

Ketika menyusuri bagian dalamnya kamu dapat melihat 5 istana besar dengan taman-taman yang indah dan dedaunannya akan berubah menjadi warna coklat ketika musim gugur yang menjadikannya sebagai salah satu wisata dan spot foto paling instagramable di Seoul, Korea Selatan. Agar fotomu makin keren, sewalah pakaian tradisional sambil mengelilingi istana.

Alamat: 161 Sajik-ro, Jongno District, Seoul, Korea Selatan
Jam buka: 
Rabu sampai Senin, 09.00-18.00

2. Seoul Olympic Park, taman yang ramai dengan konser dan festival

Wisata musim gugur Seoul Seoul Olympic Park

Image credit: Daniel Bernard | Unsplash

Berada di Songpa-gu, Seoul Olympic Park adalah salah satu taman terbesar dan paling bersejarah di Korea Selatan. Taman ini pertama kali dibangun ketika Korea Selatan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 1988.

Setelah Olimpade berakhir, taman ini dikembangkan sebagai ruang publik yang dibuka untuk umum dengan menghadirkan berbagai pengalaman menarik mulai dari kebudayaan, pendidikan, hingga hiburan seperti konser dan festival. Saat musim gugur, taman ini semakin ramai dikunjungi oleh warga lokal dan turis asing yang ingin melihat kecantikan daun berguguran.

Alamat: 424 Olympic-ro, Songpa District, Seoul, Korea Selatan
Jam buka: 
05.00-23.30 (Minggu-Kamis), 05.00-00.30 (Jumat), 04.00-23.30 (Sabtu)

3. Deoksugung Doldam-gil, favorit lokasi syuting drama Korea

Wisata musim gugur Seoul Deoksugung Doldam-gil

Image credit: NeoPhoto | Canva Pro

Jalanan dengan dinding batu dari Istana Deoksugung semakin populer karena sering dijadikan sebagai lokasi syuting drama Korea. Kamu dapat merasakan suasana romantis baik saat terang maupun gelap dengan dedaunan musim gugur yang mulai menguning.

Ada banyak situs budaya di sepanjang jalan yang membuat Deoksugung Doldam-gil menjadi salah satu wisata liburan di setiap musim, tak terkecuali musim gugur yang indah di Seoul, Korea Selatan. Bahkan pohon-pohon maple di sini telah berusia 500 tahun yang membuat harimu menjadi lebih berwarna dan tak terlupakan.

Alamat: 99 Sejong-daero, Jung District, Seoul, Korea Selatan

4. Garosu-gil, salah satu tempat paling instagramable

Wisata musim gugur Seoul Garosu-gil

Image credit: sueuy song | Canva Pro

Jalanan ini dikenal dengan deretan pohon ginkgo yang berdiri dari Stasiun Sinsa hingga Sma Heyondae. Ketika melewatinya kamu akan dibuat kagum dengan langit yang mulai tertutupi oleh dedaunan kuning kecoklatan yang sebagian sudah mulai jatuh hingga membuat jalanan berubah seperti karpet coklat. Tak heran jika Garosu-gil menjadi salah satu wisata dan spot foto paling populer ketika musim gugur di Seoul, Korea Selatan.

Alamat: Sinsa-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan

5. Bukchon Hanok Village, perumahan bergaya tradisional

Wisata musim gugur Seoul Bukchon Hanok Village

Image credit: CJNattanai | Canva Pro (kiri), Roméo A. | Unsplash (kanan)

Sama seperti Gyeongbokgung Palace, Bukchon Hanok Village juga menjadi salah satu wisata paling populer bagi wisatawan asing yang datang ke Seoul, Korea Selatan tak terkecuali saat musim gugur ketika dedaunan mulai berguguran.

Rasakan kekayaan sejarah dari lingkungan perumahan tradisional atau dikenal hanok yang berusia lebih dari 600 tahun dan masih berdiri hingga kini. Kamu dapat berjalan-jalan melihat keindahan arsitekturnya dan berfoto-foto namun tetap untuk menjaga ketenangan karena masih banyak warga lokal yang tinggal di sini.

Alamat: Gyedong-gil, Jongno District, Seoul, Korea Selatan

6. Haneul Park, tempat yang populer untuk berkencan

Wisata musim gugur Seoul Haneul Park

Image credit: Fabio Verhorstert | Unsplash

Haneul Park atau Taman Haneul adalah destinasi wisata selanjutnya yang harus kamu kunjungi saat liburan musim gugur di Seoul, Korea Selatan. Haneul Park memiliki arti "taman Langit" karena letaknya di area paling tinggi dari 5 taman di Taman World Cup.

Di sini kamu menikmati hari dengan berjalan santai menikmati keindahan dan keromantisan ala drama Korea. Padang ilalang membuatmu untuk mengambil beberapa foto yang indah. Jika ke sini bawalah minuman dan camilan sebagai bekal jalan-jalanmu.

Alamat: 482 Sangam-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan

7. Cheonggyecheon Stream, sungai di tengah kota yang cantik

Wisata musim gugur Seoul Cheonggyecheon Stream

Image credit: Zequn Gui | Unsplash

Siapa sangka jika aliran sungai kecil di pusat kota ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi untuk bersantai dan sejenak mencari ketenagan dari hiruk pikuk ibukota. Di ssepanjang aliran tersedia area duduk dan pepohonan yang akan berubah menjadi warna kuning kecoklatan saat musim gugur.

Berbagai acara hiburan dan juga kerap kali diadakan di sini dari pagi hingga malam yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal dan turis asing. Di malam hari nikmati pertujukan air mancur lilin dengan pancaran cahaya berwarna-warni yang menghibur.

Alamat: Jongno District, Seoul, Korea Selatan
Jam buka: 
Setiap hari, 24 jam

8. Seoul Forest Park, tempat asik untuk jalan-jalan santai

Wisata musim gugur Seoul Forest Park

Image credit: Sanga Park | Canva Pro

Seoul Forest Park juga dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki pemandangan musim gugur yang indah di Korea Selatan. Di sini kamu bisa berjalan-jalan menikmati udara segar sambil melihat kecantikan pohon metasequoia dan ginkgo yang berubah menjadi keemasan. Berbagai kafe dan toko juga mudah kamu jumpai di sekitar sini.

Alamat: 273 Ttukseom-ro, Seongdong-gu, Seoul, Korea Selatan
Jam buka: 
Setiap hari, 24 jam

9. Namsan Tower, ikonnya kota Seoul yang romantis

Wisata musim gugur Seoul Namsan Tower

Image credit: pigphoto | Canva Pro

Pasti kamu sudah familiar dengan Seoul Tower atau juga dikenal Namsan Tower. Tower yang jadi ikon kota Seoul ini seringkali dijadikan lokasi syuting drama Korea yang romantis dan menampilkan pemandangan ibukota.

Sebelum ke sini bawalah gembok dan pasanglah di tempat para pengunjung memasang gembok bertuliskan nama pasangan sebagai janji untuk saling mencintai selamanya. Untuk menikmati keindahan musim gugur, kamu bisa naik kereta gantung Namsan dan mengunjungi dek observasi.

Alamat: 105 Namsangongwon-gil, Yongsan District, Seoul, Korea Selatan
Jam buka: 
10.00-23.00 (Minggu-Jumat), 10.00-00.00 (Sabtu)

10. Seokchon Lake, menikmati ketenangan di tengah hiruk pikuk

Wisata musim gugur Seoul Seokchon Lake

Image credit: Sanga Park | Canva Pro

Danau Seokchon selalu ramai di sepanjang tahun karena menampilkan keindahan setiap musim dengan sempurna. Saat musim gugur area danau semakin ramai di mana banyak orang berjalan-jalan dan berfoto di pepohonan yang mulai berwarna keemasan. Berbagai pertunjukan dan pameran juga kerap diadakan di sini yang tak boleh kamu lewatkan.

Alamat: 148, Jamsil-ro, Songpa-gu, Seoul, Korea Selatan

Baca juga: 8 Restoran Khas Indonesia di Seoul, Korea Selatan Yang Akan Mengobati Kerinduanmu

Inilah saat yang tepat untuk kamu memulai merencanakan liburan musim gugur dan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang indah di Seoul, Korea Selatan. Segera pesan tiket pesawat dan kemasi barang bawaanmu!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru