Wisata Keluarga di Garut, Sejuk Segar Mengasyikkan!

Masih berada di provinsi Jawa Barat, Garut menjadi lokasi yang menjanjikan untuk pilihan liburan. Kamu akan mendapatkan pengalaman menyenangkan berkat pemandangan alamnya yang bagus dan suhu udara yang sejuk. Untuk bepergian bersama keluarga, Garut pun bisa menjadi tujuan yang tepat. TripZilla Indonesia memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata keluarga di Garut yang dapat dikunjungi bersama si kecil atau orangtuamu. Jelajahi sudut-sudut Garut yang kece ini ya!

Baca Juga: Oleh Oleh Khas Garut Yang Unik Dan Wajib Kamu Beli!

1. Mengajak si kecil masuk ke dunia fantasi di Wisata Garut Dinoland

Image credit: @garutdinoland

Sudah jelas dari namanya bahwa Wisata Garut Dinoland akan mengajakmu memasuki dunia dinosaurus. Selain akan membuat si kecil girang dengan taman yang bertema purbakala ini, kamu juga bakal senang karena banyak promo tiket yang diberikan.

Image credit: @garutdinoland

Menghabiskan waktu seharian di tempat ini bukan hal yang sulit sebab banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Coba wahana virtual reality, naiki Dino Dokar, kelilingi Area Dino dengan animatronik dinosaurusnya hingga fasilitas outbound bagi yang bernyali. Bukan hanya si kecil, sekeluarga pun bisa seseruan di sini.

Lokasi: Kp. Cibolerang, RT.001/RW.010, Mekarjaya, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB - 17.00 WIB

2. Situ Bagendit, penampilannya semakin cantik untuk wisata keluarga

Image credit: @alivikry

Situ sendiri bermakna danau, sehingga Situ Bagendit merupakan danau yang luas dengan lingkungan yang asri. Sejak dulu, situ ini terkenal sebagai tempat wisata bersejarah dengan kisah mengenai Nyai Bagendit yang menjadi awal terbentuknya danau.

Image credit: @alivikry

Saat ini, Situ Bagendit telah direnovasi dan terlihat makin cantik. Ajak keluargamu datang dan menikmati aktivitas santai yang tersedia. Gunakan waktumu untuk memancing atau berperahu mengelilingi danau. Kalau yang kamu inginkan hanya duduk menikmati pemandangan sambil makan, tidak masalah karena banyak dijajakan kuliner khas Garut untuk dicicipi.

Lokasi: Sukamukti, Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 17.00 WIB

3. Merasakan suasana berbeda dengan wisata di Talaga Bodas

Image credit: Rangga Prawira | Wikimedia Commons

Untuk melarikan diri dari kepenatan, kamu pun dapat mengajak keluarga sedikit berpetualang ke Talaga Bodas. Terletak di lereng Gunung Galunggung, telaga ini berwarna putih karena airnya mengandung belerang. Mencapai Talaga Bodas membutuhkan usaha karena akses jalannya belum sepenuhnya bagus. Namun tiba di tempat ini, kamu akan mendapati pemandangan telaga yang eksotis dengan hutan dan gunung di sekelilingnya. Coba saja!

Lokasi: Jl. Galunggung, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB - 17.00 WIB

4. Darajat Pass, serba ada dan serba mengasyikkan

Image credit: @darajatpass.garut

Bagi yang tidak ingin repot mencari aktivitas di banyak tempat, maka Darajat Pass tepat untuk dikunjungi. Jangan heran kalau tempat ini cukup ramai karena di sini ada taman air, pemandian air panas, wahana outbound dan restoran yang dapat dijajal.

Image credit: @darajatpass.garut

Harga tiket masuk ke Darajat Pass sudah termasuk fasilitas pemandian air panas dan taman air. Ekonomis kan? Bila suka dengan lokasinya, kamu juga bisa menyewa penginapan bertipe bungalow atau vila.

Lokasi: Jl. Puncak Darajat No.Km. 14, Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

5. Candi Cangkuang, wisata keluarga yang kaya sejarah

Image credit: @2upandoverloaded

Mengeksplorasi Garut, kamu dapat menyambangi Candi Cangkuang. Akses menuju candi ini mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor. Namun bila ingin nuansa berbeda, kamu bisa menyewa andong untuk mencapai kompleks candi.

Image credit: @intanwidyananda

Candi Cangkuang terletak di dekat Situ Cangkuang yang berada di Desa Cangkuang. Pilih waktu yang tepat agar kamu mendapatkan cuaca cerah dan dapat menikmati pemandangan candi hingga danaunya. Meski tidak besar tetapi menarik untuk dikunjungi lho!

Lokasi: Jl. Darajat Leuwigoong, Cangkuang, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 16.30 WIB

6. Siap-siap melebur dengan alam di Desa Wisata Saung Ciburial

Image credit: @pesonasaungciburial

Desa Wisata Saung Ciburial menyediakan banyak hal berkesan untuk dinikmati bersama keluarga. Sesuai namanya, kamu dapat mengikuti berbagai kegiatan sekaligus mengamati keseharian warga desa. Ada tiket masuk dan paket kegiatan yang sudah disiapkan untuk para wisatawan.

Image credit: @pesonasaungciburial

Hirup udara segar sambil melakukan penjelajahan desa melewati area perkebunan. Ada pula kegiatan menangkap ikan, belajar memelihara domba garut, belajar bertani dan membatik. Minum kopi atau teh yang khas pun akan terasa lebih nikmat!

Lokasi: Sukalaksana, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

7. Melarikan diri ke sawah yang asri di Antapura De Djati

Image credit: @antapuradedjati

Bila kamu liburan ke Garut karena ingin mendapatkan suasana asri, ada lagi tempat yang wajib dikunjungi. Antapura De Djati menawarkan pesona hamparan sawah yang indah dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Image credit: @mirantizr

Tentunya datang ke sini bukan hanya untuk memandang sawah yang hijau. Ada seluncuran dan ayunan raksasa, taman bermain, kafe, restoran hingga tempat berkemah. Jadi jika kamu ingin merasakan petualangan yang lengkap, bisa nih menyewa tenda dan peralatannya sekalian untuk bermalam!

Lokasi: Cibiuk Kaler, Cibiuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 19.00 WIB

8. Puncak Guha, lokasi favorit bagi pemburu senja

Image credit: @puncakguha_official

Kenapa Puncak Guha begitu populer di Garut? Konon pemandangan matahari terbenamnya sangat indah, jadi kamu pun perlu mencoba mampir ke Puncak Guha. Jangan sia-siakan kesempatan untuk merasakan sensasi senja harinya.

Image credit: @puncakguha_official

Saking menariknya, banyak orang yang juga berkemah di area ini. Dari tebingnya, kamu dapat melayangkan pandang ke pantai yang terbentang di bawah. Merencanakan piknik kecil-kecilan di sini juga seru lho!

Lokasi: Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

9. Wisata alam yang menantang di Curug Cihanyawar

Image credit: @curugcihanyawar

Bila kamu sekeluarga gemar wisata alam yang seru, mampirlah ke Curug Cihanyawar. Terletak di kaki Gunung Cikuray, kamu dapat membayangkan suasananya. Sejuk, asri, dan suara gemericik airnya akan bikin hati terasa plong.

Image credit: @zetsazaegha

Tidak hanya bisa bermain air di curug ini. Tersedia jalur untuk wahana off road bagi kamu yang suka kegiatan menantang. Kalau lebih memilih untuk bersantai, cobalah bermalam di area glamping yang ada atau berkeliling perkebunan teh. Seru dan menyegarkan!

Lokasi: Sukamurni, Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 16.00 WIB

10. Melihat rumahnya domba garut di De Wisdom

Image credit: Dewisdom

Salah satu hal yang khas dari Garut adalah dombanya. De Wisdom menyajikan hal yang tidak biasa untuk mewarnai liburanmu. Selain vila yang dapat disewa untuk liburan, ada peternakan domba garut yang bisa kamu kunjungi di sini.

Image credit: Dewisdom

Dikelilingi kemegahan Gunung Guntur, ajak juga si kecil bermain di taman labirinnya dan makan bersama di restoran yang ada. Cuci mata berkeliling kompleks De Wisdom yang luas ini juga bisa dilakukan dengan mengendarai ATV. Liburan di sini dijamin bikin santai dan menambah wawasan.

Lokasi: Kp. Cimuncang, RT.03/RW.07, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB - 17.00 WIB

11. Kebun Mawar Situhapa, merasakan keharuman mawar sepanjang hari

Image credit: @kebunmawar_id

Suka dengan bunga-bunga terutama mawar? Kalau ya, kamu tidak boleh melewatkan untuk bermalam atau sekedar datang ke Kebun Mawar Situhapa. Perkebunan mawar damask ini dirawat dengan baik dan diolah untuk memproduksi minyak esensial, air mawar hingga teh mawar.

Image credit: @kebunmawar_id

Agar dapat menghabiskan waktu lebih banyak, tidak ada salahnya memilih salah satu dari beberapa vilanya untuk bermalam. Selain mawar, ada pula varian tumbuhan lain seperti kaktus, begonia, anggrek dan masih banyak lagi. Dari restorannya pun kamu bisa melihat keindahan kebunnya dan jangan lupa membeli produk mawarnya untuk oleh-oleh!

Lokasi: Jl. Raya Kamojang No.KM. 5, Sukakarya, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB - 17.00 WIB (kebun) dan 10.00 WIB - 20.00 WIB (restoran)

Baca Juga: Hotel Pet Friendly Bandung, Dijamin Bikin Anabul Senang

Garut memiliki banyak tujuan untuk wisata bersama keluarga dan lokasinya pun tidak jauh dari destinasi populer lainnya yaitu Bandung. Mampir dulu yuk ke Garut!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru