Biaya Membuat Visa Turis Korea Selatan 2024

Ingin jalan-jalan ke Seoul, Busan, Incheon, Pulau Jeju atau destinasi wisata mana pun di Korea Selatan? Jika iya, kamu mungkin harus melakukan persiapan khusus, termasuk membuat visa turis Korea Selatan.

Ya, pemegang paspor Indonesia masih harus membuat visa untuk bisa jalan-jalan dan liburan ke Korea Selatan. Kamu tinggal memilih jenis-jenis visa, yang tentunya menawarkan fasilitas berbeda. Salah satu yang menarik tentunya adalah multiple visa, yang memungkinkan pemiliknya bisa bebas keluar masuk Korea Selatan. Catatan khusus, pemilik visa hanya bisa Maksimal 30 hari berada di Korea Selatan dalam renang waktu lima tahun.

Namun, jika kamu tak memiliki rencana rutin jalan-jalan dan liburan ke Negeri Ginseng, membuat visa turis Korea Selatan bisa menjadi pilihan realistis. Yuk simak panduan cara dan biaya membuat visa turis Korea Selatan di bawah ini!

Biaya Membuat visa turis Korea selatanImage credit: huongnguyen123 - Pixabay

Membuat visa turis Korea Selatan

Visa turis Korea Selatan adalah visa jangka pendek untuk orang asing yang mengunjungi Korea Selatan dengan tujuan wisata. Selama periode yang ditentukan, pemegang visa dapat menjelajahi berbagai objek wisata menarik di Korea.

Namun, pemegang visa ini dilarang untuk bekerja atau menerima kompensasi atas kegiatan lain selama tinggal di Korea.

Pelancong dari negara tertentu mungkin dikecualikan dari memperoleh visa turis untuk mengunjungi Korea. Untuk memverifikasi apakah kamu termasuk dalam kategori negara bebas visa Korea Selatan, kamu bisa mengunjungi portal visa resmi Korea ini.

Persyaratan membuat visa turis Korea Selatan

Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan visa turis Korea mungkin berbeda berdasarkan kewarganegaraan pemohon. Namun, dokumen umum yang diperlukan dalam aplikasi biasanya meliputi hal-hal berikut:

  • formulir aplikasi visa (Formulir Elektronik cetak)

  • paspor asli dan fotokopi yang masih berlaku selama enam bulan

  • itinerary perjalanan secara rinci

  • bukti pemesanan hotel

  • tiket pulang pergi

Untuk informasi lebih lanjut mengenai dokumen tambahan, silakan menghubungi kantor kedutaan dan diplomatik terdekat dari wilayah kamu berada.

Masa berlaku visa turis Korea

Visa turis Korea berlaku selama 90 hari sejak tanggal penerbitan. Jadi pemohon visa memiliki cukup waktu untuk bepergian dan menjelajah dalam periode waktu tersebut.

Sangat penting untuk merencanakan perjalanan kamu dalam jangka waktu ini agar visa dapat digunakan sebaik-baiknya. Dengan begitu, kunjungan kamu ke Korea Selatan menjadi berkesan dan menyenangkan.

Bagaimana cara mengajukan visa turis Korea?

Untuk membuat visa turis Korea Selatan, kamu harus terlebih dahulu mengisi formulir aplikasi visa secara online. Di bawah ini adalah prosedur yang perlu kamu ikuti untuk pengajuan visa turis.

  • kunjungi portal visa resmi

  • pilih "e-form (Visa)" di bawah kategori "Aplikasi"

  • saat halaman baru terbuka, klik tombol "Isi e-form"

  • isi formulir aplikasi

  • klik "Apply" setelah kamu mengisi semua detail informasi yang dibutuhkan

  • untuk mengunduh formulir aplikasi, klik tombol "Aplikasi visa"

  • cetak formulir dan tulis nama kamu beserta tanda tangan

  • serahkan formulir aplikasi dan dokumen lain yang diperlukan ke Konsulat

Harap diperhatikan bahwa sebelum kamu mengajukan permohonan pengajuan visa ke Konsulat, kamu harus terlebih dahulu mengonfirmasi janji temu melalui email.

Waktu pemrosesan visa turis Korea

Biasanya, periode pemrosesan visa turis Korea adalah sekitar 14 hari kerja sejak tanggal pengajuan. Paspor kamu akan disimpan selama seluruh durasi pemrosesan visa.

Namun, jika kamu memerlukan paspor untuk keperluan penting lainnya, kamu bisa mengambilnya satu minggu setelah tanggal pengajuan.

Biaya membuat visa turis Korea

Biaya visa turis Korea adalah US$40 atau sekitar 607,500 IDR. Akan ada biaya tambahan untuk penggunaan kartu kredit jika kamu melakukan pembayaran melalui portal Visa. Hal yang sama juga berlaku apabila pembayaran dilakukan menggunakan layanan pembayaran elektronik.

Harap diperhatikan bahwa biaya aplikasi tidak dapat dikembalikan meskipun aplikasi ditolak.

Baca juga: Kini Tersedia Multiple Visa Ke Korea Selatan Untuk WNI, Ini Syaratnya

Tidak bertele-tele, bukan? Jadi, kamu bisa mulai mengajukan permohonan visa multi sekarang, ya!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru