Oleh Oleh Khas Hanoi Unik Yang Asyik Untuk Dibawa Pulang

Rasanya akan selalu ada yang kurang jika liburan di negeri orang tapi tidak pulang membawa cinderamata. Hal ini juga berlaku saat kamu jalan-jalan ke Vietnam. Apalagi, ada banyak oleh oleh khas Hanoi dan daerah lain di Vietnam yang unik-unik dan menarik banget.

Seperti halnya kawasan lain di dunia, oleh oleh khas Hanoi menawarkan keunikan tersendiri. Keunikan yang ditawarkan memberikan identitas spesial, membuat setiap item souvenir tak bisa ditemukan di kawasan lain.

Penasaran seperti apa cinderamata alias oleh oleh khas Hanoi yang bisa kamu bawa pulang? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Oleh Oleh Khas hanoiImage credit: Phil Nguyen - Pexels

1. Non la, oleh oleh khas Hanoi yang ikonik banget

Non la Vietnam, atau topi kerucut, tidak diragukan lagi merupakan salah satu cinderamata terbaik dari Hanoi. Hiasan kepala ini tidak hanya mewakili budaya Hanoi tetapi juga identitas seluruh bangsa. Desainnya yang elegan dan signifikansi budayanya menjadikannya kenang-kenangan yang unik dan dicari oleh para pelancong.

Ada banyak tempat untuk membeli Non la. Namun, untuk mempermudah perburuan, kamu bisa mengunjungi toko suvenir di Kawasan Kota Tua Hanoi dan Pasar Dong Xuan.

2. Sutra khas Hanoi

Ingin memiliki souvenir berkualitas, Kain sutra bisa jadi pilihan utama. Hanoi silk street adalah destinasi terbaik menemukan harta karun yang indah ini. Dengan tradisi kerajinan sutra yang kaya, Hanoi menawarkan berbagai produk sutra yang memikat yang menangkap esensi budaya Vietnam.

Rekomendasi lokasi untuk membeli sutra dengan kualitas terbaik? Cek pilihannya di Royal Silk, yang berlokasi di Jalan Hang Trong 64, Hanoi. Ada juga Arashi Silk di Jalan Hang Trong 38 atau Hanoi Khai Silk di Jalan Nguyen Thai Hoc 26.

3. O mai, oleh oleh khas Hanoi buat yang suka camilan

O mai memang dianggap sebagai salah satu oleh oleh khas Hanoi. Buah yang diawetkan ini, yang sering dibuat dari aprikot, plum, atau kumquat, menawarkan perpaduan rasa manis dan asam. Membawa pulang buah ini adalah cara yang lezat untuk merasakan cita rasa kuliner Hanoi.

Tertarik mendapatkan O mai? Kamu bisa mengunjungi O Mai Gia Loi di Jalan Hang Duong 8, Hoan Kiem atau O Mai Gia Thinh di Jalan Hang Duong 13, Hoan Kiem.

4. Ao dai, pakaian khas Vietnam yang tak boleh dilewatkan

Ao dai menjadi produk garmen yang paling dicari oleh wisatawan asing saat liburan ke Hanoi. Kamu juga bisa membelinya karena ada banyak tempat mendapatkan Ao dai, pakaian khas Vietnam yang ikonik banget.

Keindahan desainnya tak lekang oleh waktu. Modelnya juga anggun, menjadikan produk ini tetap menjadi item favorit bagi siapa pun yang ingin membeli souvenir di Hanoi. Ao Dai Minh Duc di Jalan Dang Tien Dong 41, Dong Da dan Ao Dai Thanh Mai di Jalan Bach Mai 428, Hai Ba Trung bisa menjadi jujukan kamu mendapatkan baju ini.

Oleh Oleh Khas hanoiLogga Wiggler - PixabayImage credit: Logga Wiggler - Pixabay

5. To he, mainan anak-anak yang ikonik

Si kecil juga bisa mendapatkan souvenir berkesan saat liburan ke Vietnam. To he, mainan tradisional khas Vietnam, bisa jadi pilihan. Mainan ini memiliki bentuk hewan, bunga atau karakter dari cerita rakyat Vietnam. Mainan ini bisa diperoleh di berbagai pasar tradisional, seperti Xuan La Village dan Dong Xuan Market.

6. Produk kertas Do, berkelas dan ikonik

Selembar kertas dengan lukisan di dalamnya bisa menjadi oleh-oleh yang menarik, lho! Dibuat dengan ketelitian dan keahlian tingkat tinggi, produk kertas tradisional Vietnam ini memiliki nilai budaya yang sangat penting, memamerkan seni luar biasa dari para perajin terampil Hanoi.

Bagi yang tertarik mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi toko suvenir di Kawasan Kota Tua Hanoi atau toko-toko di sekitar Danau Hoan Kiem dan Temple of Literature.

Vo Thuy Tien - PexelsImage credit: Vo Thuy Tien - Pexels

7. Barang kerajinan lak dan keramik, unik dan khas Vietnam

Produk kerajinan lak dan keramik menjadi salah satu oleh oleh khas Hanoi yang paling dicari di Vietnam. Setiap karyanya mengundang decak kagum atas keterampilan dan dedikasi para perajin Vietnam dalam melestarikan kerajinan kuno ini untuk generasi mendatang. Namun, sifatnya yang mudah pecah atau rusak membuat sejumlah wisatawan berpikir ulang untuk membawanya pulang.

Cien Nguyen - Pexels Image credit: Cien Nguyen - Pexels

8. Kopi Vietnam, jangan sampai terlewat

Bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Vietnam, kopi Vietnam harus menjadi salah satu oleh oleh yang dibeli di Hanoi. Kopi Vietnam menawarkan pengalaman sensorik yang menyenangkan, menjadikannya sebagai oleh-oleh yang berharga untuk dibawa pulang. Apalagi metode penyeduhannya unik, membangkitkan cita rasa yang kaya.

Tertarik membeli kopi Vietnam sebagai oleh oleh? Well, ada banyak tempat untuk mendapatkannya. Tiga opsi yang kami tawarkan adalah tiga kedai di kawasan Hoan Kiem, yaitu Dream Beans Coffee di 79 Ly Nam De dan 11A Nguyen Sieu, Hidden Gem Coffee di 3B Jalan Hang Tre dan Hanoi Giang Coffee di 39 Jalan Nguyen Huu Huan.

9. Poster propaganda, oleh oleh khas Hanoi yang berbeda dari lainnya

Oleh oleh khas Hanoi tidak hanya menampilkan seni tradisional tetapi juga seni modern yang memikat. Poster propaganda yang menampilkan adegan komunis yang signifikan dan slogan-slogan yang memotivasi menarik untuk dijadikan souvenir. Karya propaganda yang berdampak ini, yang pernah digunakan secara luas selama Perang Vietnam, masih dipamerkan selama acara-acara nasional.

Bingung di mana membelinya? Kamu bisa bertolak ke Jalan Hang Bac atau Trang Tien, Hanoi, atau di galeri seni dan toko barang antik untuk mendapatkannya.

10. Celana dan t-shirt bertema Hanoi, murah namun berkesan banget

Ada banyak celana dan t-shirt yang dijajakan di pasar-pasar di Hanoi Yang menarik untuk dijadikan souvenir. Celana bermotif gajah, yang memadukan mode dan tradisi dengan indah, bisa jadi opsi oleh oleh menarik.

Turis di Vietnam juga sangat menyukai kaos. Para pedagang dengan bersemangat menelusuri tumpukan kaos untuk menemukan yang diinginkan. Harganya yang terjangkau dan slogan-slogan yang lucu benar-benar menjadikannya sempurna untuk diberikan sebagai hadiah dan disimpan sebagai suvenir Hanoi.

11. Teh teratai West Lake, cita rasanya istimewa

Tidak hanya terkenal karena kopinya, Vietnam dan Hanoi juga memiliki produk olahan teh yang terkenal, teh teratai West Lake. Meskipun proses pembuatan teh teratai Vietnam rumit dan mahal, rasanya sepadan dengan harganya. Kombinasi aroma teratai dan rasa vanila pasti akan memuaskan selera siapa pun. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah karena tersedia di supermarket dan toko kelontong.

12. Kue kacang hijau Vietnam, kue tradisional lezat dan nikmat

Kue kacang hijau khas Vietnam, atau "Banh dau xanh", adalah sajian tradisional lezat yang disukai oleh penduduk setempat dan wisatawan. Terbuat dari kacang hijau, kue manis dan gurih ini merupakan pilihan populer dalam kuliner Vietnam. Membawa pulang kue ini sebagai oleh oleh khas Hanoi memungkinkan kamu untuk berbagi kelezatan kuliner Vietnam dengan teman dan keluarga.

Kamu bisa mendapatkan kue ini di banyak tempat, di antaranya di Nep Huong, Jalan Nguyen Dinh Chieu 42, Le Dai Hanh, Hai Ba Trung dan Nguyen Huong di Jalan Hang Bong 42, Hoan Kiem.

13. Maison Marou untuk pecinta cokelat

Para penggemar cokelat tidak boleh melewatkan kunjungan ke Maison Marou di Hanoi. Pembuat cokelat ini membuat cokelat batangan istimewa dengan biji kakao Vietnam premium, menciptakan suvenir lezat dan mewah dari kota tersebut.

Maison Marou Store berada di 91A Tho Nhuom Street, Tran Hung Dao, Hoan Kiem, Hanoi. Lokasinya di pusat kota menjadi kansnya sebagai destinasi favorit untuk bersantai.

Baca juga: Cafe Instagramable di Hanoi, Vietnam Yang Asik Untuk Nongkrong Sembari Melepas Lelah

Punya ide oleh oleh khas Hanoi lainnya Yang bisa dibawa pulang?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru