Wawancara Visa Amerika, Bocoran Pertanyaan Dan Tips Menjalaninya Agar Lolos

Punya rencana bepergian ke Amerika Serikat, apakah untuk liburan, kepentingan pekerjaan atau sekolah? Jika iya, maka kamu harus mengajukan permohonan visa untuk bisa masuk ke Negeri Paman Sam. Tapi, konon katanya, mendapatkan visa Amerika bukanlah hal yang mudah alias rumit. Ada sejumlah tahapan yang harus dijalani, termasuk di antaranya wawancara visa Amerika, yang kerap dikhawatirkan pemohon.

Faktanya, jika dokumen yang diisyaratkan telah dilengkapi, tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan, semua persyaratan dipenuhi dan wawancara berjalan lancar, visa Amerika Serikat bisa dengan mudah diperoleh. Hanya saja, khusus saat tahap wawancara, banyak orang yang merasa grogi dan panik dalam menjawab, yang pada akhirnya bisa memengaruhi keputusan pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan visa atau tidak.

Nah, artikel ini membahas tips wawancara visa Amerika, dan sedikit gambaran mengenai pertanyaan yang akan diajukan. Harapannya, tips yang disajikan bisa membantu kamu untuk lolos mendapatkan visa. Cekidot, yuk!

Wawancara visa Amerika Serikat Image credit: Shora Shimazaki | Pexels

Yang harus dilakukan saat wawancara visa Amerika

1. Tersenyumlah

Manusia membuat kesan dengan melihat wajah. Jadi, tersenyumlah. Ingatlah untuk tidak memberikan senyum palsu. Setelah wawancara selesai, kamu akan mendapatkan visa dan mendapatkan tiket masuk ke Amerika Serikat. Berbahagialah karenanya. Tunjukkan dengan senyuman.

2. Tunjukkan postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik adalah cara untuk mengomunikasikan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri. Duduk dengan tegak, tarik napas dalam-dalam dan pertahankan postur tubuh yang baik selama wawancara. Jangan banyak menggerakkan tangan dan kaki. Ini adalah pertemuan resmi, jadi jangan terlalu nyaman atau terlalu kaku.

3. Mengenakan pakaian dengan baik

Berpakaian dengan baik itu penting. Bayangkan seperti ini, jika kamu sebagai petugas visa, apakah kamu ingin seseorang yang berpakaian lusuh datang ke negara kamu? Berpakaianlah dengan baik, pilih pakaian yang mendukung citra dan mencerminkan pandangan positif kamu. Jangan lupa bersikap profesional. Ini juga berarti jangan mengenakan sandal jepit saat wawancara!

4. Gunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar

Jika kamu berencana untuk melakukan kunjungan, atau bahkan menetap di luar negeri, maka berbicara dalam bahasa Inggris adalah persyaratan utama bagi setiap pemohon visa. Bicaralah dengan jelas dan dalam volume yang sesuai. Terlalu keras atau terlalu lembut tidaklah pantas. Cobalah untuk mengucapkan setiap kata dengan benar dan hindari berbicara dengan cara yang santai.

5. Tetap melakukan kontak mata

Lakukan kontak mata dengan pewawancara yang berinteraksi dengan kamu. Jika ada lebih dari satu orang, bicaralah dengan masing-masing dari mereka dengan menatap matanya. Namun, cobalah untuk tidak memaksakan pandangan kamu. Kontak mata merupakan tanda kejujuran. Saat ditanya, jawablah dengan menatap matanya.

6. Bawa dokumen yang dibutuhkan

Simpan semua dokumen terkait visa dan dokumen asli dalam satu berkas. Bawa berkas ini pada hari wawancara dan pastikan kamu membawanya saat wawancara. Sebaiknya gunakan catatan tempel agar semua dokumen terkatalog dengan baik. Ini memungkinkan kamu untuk menunjukkan dokumen yang sesuai kapan pun diminta.

7. Ungkap tujuan perjalanan kamu dengan jelas

Saat wawancara visa Amerika, penting untuk kamu mengetahui tujuan perjalanan kamu dengan benar. Ketika pewawancara bertanya ‘mengapa Anda ingin mengunjungi Amerika Serikat?’ dan itu pasti akan ditanyakan, kamu harus memberikan jawaban secara logis. Cara yang baik untuk mempersiapkan jawaban adalah dengan memutuskan alasan yang valid dan sah sebelumnya.

Yang tidak boleh dilakukan saat wawancara visa Amerika Serikat

8. Hindari penggunaan kata-kata ‘Like, Umm, I guess’

Coba hindari penggunaan kata-kata pengisi percakapan seperti ‘Like’, ‘Ummmm’, atau ‘I guess’ dalam kalimat saat menjawab pertanyaan. Perhatikan baik-baik pertanyaan yang diajukan dan jawablah dengan jawaban yang tepat. Tetapkan jawaban yang singkat dan sederhana. Cobalah berlatih wawancara tiruan sebelum wawancara yang sebenarnya.

9. Jangan gugup

Kami memahami bahwa wawancara itu penting. Namun, bersikap gugup atau menunjukkan sikap cemas sama sekali tidak membantu. Tidak apa-apa untuk merasa sedikit gugup. Namun, menggoyangkan kaki terus-menerus, telapak tangan yang berkeringat, minum air berulang kali, atau pandangan kosong bukanlah hal yang harus ditunjukkan. Cobalah untuk tetap tenang dan percaya diri saat berbicara dan menjawab pertanyaan

10. Jangan hapalan

Banyak orang yang diwawancarai menghafal kalimat-kalimat yang sudah ditulis. Ini adalah praktik yang umum, tetapi sangat berisiko. Meskipun membuat naskah dan merujuk beberapa pertanyaan dan jawaban yang paling sering diajukan itu baik, hindari menghafal kalimat-kalimatnya. Spontanitas adalah aspek penting dari wawancara visa.

11. Jangan menyerahkan dokumen yang robek atau kusut

Pastikan dokumen terkait visa terlihat rapi. Jangan gunakan dokumen yang robek atau kusut. Tidak ada alasan dan logika yang dapat membantu jika kamu menunjukkan dokumen-dokumen penting ini dalam kondisi yang buruk. Kondisi dokumen mencerminkan keseriusan dan sikap kamu.

12. Jangan terlambat saat wawancara visa Amerika

Datanglah ke lokasi wawancara visa 30 menit lebih awal dari jadwal. Biasakan diri kamu dengan lingkungan sekitar. Ketepatan waktu selalu dihargai di seluruh dunia.

Baca juga: Panduan Aplikasi Visa Amerika Serikat Untuk WNI

Itulah tips menghadapi wawancara visa Amerika Serikat yang bisa kamu ikuti. Semoga berhasil!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru