Daftar Masjid Di Paris Yang Bisa Kamu Kunjungi Untuk Kepentingan Ibadah

Islam menjadi salah satu agama yang paling cepat perkembangan dan penyebarannya, termasuk di antaranya di Paris, Prancis. City of Light pun memiliki banyak masjid, yang memungkinkan umat Islam melakukan ibadah di tempat yang semestinya. Bagi wisatawan beragam Islam, informasi lokasi mengenai masjid di Paris ini bisa sangat membantu dalam menyusun itinerary wisata.

Secara statistik, ada lebih dari 2300 masjid yang tersebar di Prancis, dan jumlah ini terus bertambah seiring berjalannya waktu. Pun demikian di Paris, yang jumlahnya diketahui melebihi 75 masjid.

Namun, dari sejumlah masjid tersebut, hanya ada beberapa yang menyita perhatian dan rutin dikunjungi wisatawan Muslim yang plesiran ke Paris. Lihat daftarnya di bawah ini:

Baca juga: Panduan Wisata Paris Untuk Muslim

1. Grande Mosque De Paris (Masjid Agung Paris)

Masjid di Paris Image credit: X Grande Mosquee De Paris

Masjid terbesar di Prancis dan ketiga terbesar di seluruh Eropa adalah Grande Mosque de Paris, alias Masjid Agung Paris. Masjid ini adalah masjid paling terkemuka di Paris, yang terletak di Arrondissement Kelima.

Masjid Agung Paris didirikan pada tahun 1926, setelah Perang Dunia Pertama sebagai tanda terima kasih kepada ribuan Muslim tirailleur yang tewas selama pertempuran melawan Jerman.

Masjid ini memiliki arsitektur bergaya Mudéjar dan memiliki menara besar yang menjulang setinggi 33 meter ke langit. Sejarah yang panjang dan menarik dikaitkan dengan Masjid Agung Paris, khususnya selama periode Perang Dunia Kedua, ketika masjid tersebut bertindak sebagai tempat perlindungan rahasia bagi sejumlah besar orang Yahudi.

Masjid tersebut menjaga orang-orang Yahudi tetap aman dengan menyediakan makanan dan tempat berteduh serta sertifikat kelahiran Muslim palsu untuk memastikan keselamatan mereka.

Saat ini, Masjid Agung Paris memiliki area salat terpisah, area sekolah agama, perpustakaan, ruang konferensi, restoran, dan ruang minum teh.

Alamat: 2bis Pl. du Puits de l'Ermite, 75005 Paris, Prancis

Cara menuju ke sana: Masjid ini dapat diakses dari Paris Métro Jalur 7 dari stasiun Place Monge dan Censier-Daubenton serta beberapa jalur bus RATP (47, 67, dan 89).

2. Masjid Adda’wa

Selain Masjid Agung Paris, ada Masjid Adda’wa, yang berada di sebelah Utara Paris dan merupakan masjid terkemuka lainnya di Paris. Masjid Adda’wa mampu menampung hingga 1000 orang selama waktu salat dan rencana menjadikannya masjid terbesar di Eropa sedang disusun.

Alamat: 39 Rue de Tanger, 75019 Paris, Prancis

3. Masjid Ar-Rahma

Masjid terkemuka lainnya di Paris - terletak di Saint-Denis, di pinggiran utara Paris, Prancis.

Alamat: Blawal. 46 Boulevard de Bercy, Paris, Prancis 75012

4. Masjid Lain di Paris

Masjid lain di Paris meliputi Al Ihsan, Mosquée d'Evry-Courcouronnes, Association Culturelle des Musulmans de Sartrouville, Mosquée de Levallois, Mosquée de Gennevilliers Ennour, Mosquée de Javel, UOIF, Masjid Pontoise, Association Culturelle Islamique de Clichy, dan Mosquée de Clichy Ibn Khaldoun.

Dengan total hampir 100 masjid yang tersebar di Paris, wisatawan Muslim tidak akan kesulitan untuk mendapatkan akses ke tempat salat di Paris.

Selain masjid dan tempat salat, Paris juga menawarkan beberapa pilihan akomodasi ramah halal, restoran halal, dan sejumlah butik perbelanjaan bagi wisatawan Muslim untuk memastikan pengalaman menginap yang luar biasa di kota ini.

Baca juga: Restoran Halal Di Paris

Jadi, tak perlu khawatir kehilangan momentum ibadah karena ada banyak masjid di Paris, bukan begitu?

Preview mage credit: Frank Zienert | Pexels (Kiri)

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru