Tempat Snorkeling Terbaik Di Bali Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Banyak tempat snorkeling terbaik di Bali yang mudah diakses. Kamu tinggal pergi ke pantai, mengenakan masker, snorkel, dan fin, lalu masuk ke dalam air. Selain diberkahi dengan ombak selancar kelas dunia, Bali juga memiliki beberapa pantai yang memiliki penghalang gelombang alami. Alhasil, airnya pun menjaid tenang dan cocok untuk aktivitas ini. TripZilla Indonesia memilih beberapa tempat snorkeling terbaik di Bali untuk kamu bisa menikmati keindahan pemandangan bawah air.

1. Nusa Dua, kawasan resor eksklusif dengan pemandangan bawah air yang luar biasa

Tempat snorkeling terbaik di baliImage credit: Adhitya Andanu | Pexels

Nusa Dua adalah salah satu kawasan resor paling eksklusif di Bali. Pantainya umumnya tenang dan terawat dengan baik. Perairan di sepanjang garis pantai tenggara ini tenang, berkat terumbu karang Nusa Dua yang membentang panjang, memecah gelombang besar yang terus-menerus datang dari laut lepas.

Di antara 2 titik penting ‘pulau kembar’ tersebut terdapat sebuah teluk dengan air biru, tempat favorit untuk berenang dan bersnorkel. Lebih jauh ke selatan terdapat Pantai Geger, tempat pasir putih yang halus membentuk kolam biru alami yang luas.

2. Pulau Menjangan dan Pemuteran, tempat snorkeling terbaik di utara Bali

Pantai-pantai di utara Bali memiliki laut yang lebih tenang, sangat kontras dengan pantai-pantai selatan yang memiliki ombak besar. Pulau Menjangan berada tepat di ujung barat laut Taman Nasional Bali Barat. Pantai-pantainya yang memiliki perairan dangkal dan visibilitas yang sangat baik.

Di bawah permukaannya terdapat taman karang yang subur dan habitat laut tropis. Tempat peristirahatan seperti The Menjangan dan Shorea Beach Resort menawarkan banyak kegiatan alam yang menyenangkan.

Terletak 3 km di sebelah timur Menjangan adalah Pemuteran. Perairan di sekitarnya yang menjadi rumah bagi proyek terumbu karang bio-rock dan beberapa peternakan mutiara.

3. Nusa Lembongan, dimanja dengan nuansa dan atmosfer yang menenangkan

Tempat snorkeling terbaik di baliMax Revier | PexelsImage credit: Max Revier | Pexels

Tempat pelarian lepas pantai terdekat di daratan Bali adalah Nusa Lembongan, hanya 45 menit perjalanan dengan perahu ke tenggara dari Pantai Sanur atau Pelabuhan Benoa. Perairan tenang di sekitar Lembongan dan Ceningan, merupakan ladang nelayan dan petani rumput laut setempat. Hampir semua pantai di bagian baratnya, khususnya Mushroom Bay dan Dream Beach, cocok untuk snorkeling.

Di pantai lainnya, saat air surut, kamu bisa melihat kolam yang juga menarik, dengan ikan-ikan yang terperangkap di antara taman karang. Beberapa pantai di Nusa Lembongan kedalamannya tidak lebih dari satu meter saat air pasang, dan jarak pandangnya sangat bagus sepanjang tahun.

4. Padangbai, salah satu tempat snorkeling terbaik di Bali

Padangbai berbatasan dengan tempat peristirahatan pantai timur yang tenang di Candidasa. Kawasan ini menawarkan banyak lokasi menyelam dan snorkeling. Lokasi-lokasi tersebut meliputi Blue Lagoon, Bias Tugel, dan teluk Padangbai itu sendiri. Di dalam Blue Lagoon, terdapat lokasi populer bernama Jepun, yang memiliki dasar berpasir putih dan taman karang buatan.

Sebagian besar lokasi tersebut berupa teluk, dan terumbu karang tepian merupakan daya tarik utama perenang snorkel. Pasalnya, karang ini dipenuhi dengan kehidupan laut yang kaya. Ada beberapa area Yang arusnya cukup kuat, jadi kamu harus waspada ekstra, ya! Jarak pandang terbaik adalah selama musim kemarau antara bulan Mei dan September.

5. Amed dan Tulamben, tempat snorkeling terbaik di timur Bali

Stijn Dikstra | PexelsImage credit: Stijn Dikstra | Pexels

Amed memiliki hamparan terumbu karang yang sangat luas yang membentang di Teluk Jemeluk. Situs Banyuning merupakan rumah bagi bangkai kapal Jepang yang kini menjadi habitat yang subur bagi ikan tropis, ikan napoleon, dan hiu karang. Ketika nelayan setempat tidak menggunakan perahu tradisional Bali, jukung, untuk menangkap ikan di laut, mereka menyediakan perjalanan sewaan untuk menyelam dan snorkeling.

Amed juga merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati Tulamben di dekatnya, tempat bangkai kapal USAT Liberty menjadi daya tarik utamanya.

Baca juga: 15 Wisata Nusa Dua Yang Bakal Mengejutkanmu

Tertarik berwisata ke Bali dan menikmati pemandangan bawah lautnya?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru