Rute Baru Jeju Air, Batik Air Malaysia dan Super Air Jet Tingkatkan Kunjungan Wisman ke Indonesia

Siapa yang setuju kalau Indonesia adalah negara yang punya wisata alam yang indah dan kuliner yang menarik? Kepopuleran Indonesia di mata wisatawan mancanegara alias wisman semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Negara Paling Indah Di Dunia Dirilis, Indonesia Masuk Dalam Daftar

Dikutip dari data di situs Kemenparekraf, di bulan Januari sampai Februari 2024 kunjungan wisman ke Indonesia mengalami kenaikan sebesar 26,87 % dibandingkan periode yang sama di tahun 2023. Secara berurutan, wisman terbanyak yang datang berasal dari negara:

1. Malaysia dengan total 214,076 kunjungan

2. Singapura dengan total 112,832 kunjungan

3. Tiongkok dengan total 105,273 kunjungan

4. India dengan total 47,906 kunjungan

5. Australia dengan total 101,546 kunjungan

Animo wisman untuk berlibur ke Indonesia ini diharapkan makin membaik dengan dibukanya rute penerbangan internasional baru ke Indonesia mulai bulan Agustus 2024. Dilansir situs Kompas.com, target kunjungan wisman sebesar 14,3 juta orang diyakini dapat tercapai dengan adanya kebijakan ini. Maskapai Jeju Air, Batik Air Malaysia dan Super Air Jet menjadi tiga pelaku kebijakan yang akan berjalan. Tentu kamu sudah tidak asing dengan nama-nama maskapai ini yang memang banyak diminati oleh para pelancong.

Maskapai asal Korea Selatan, Jeju Air akan membuka rute pergi pulang Incheon-Denpasar mulai 10 Oktober 2024. Terbang selama tujuh kali dalam seminggu, hal ini tentunya dapat membuat dunia pariwisata di Bali semakin menggeliat. Destinasi wisata lain di Indonesia akan dihubungkan oleh maskapai Batik Air Malaysia. Rute yang akan dilayani adalah Kuala Lumpur-Surabaya, Kuala Lumpur-Lombok, Kuala Lumpur-Padang dan Kuala Lumpur-Pekanbaru mulai Agustus 2024. Frekuensi penerbangan Batik Air Malaysia antara empat hingga tujuh kali dalam seminggu dengan kapasitas 150 penumpang di tiap penerbangan.

Terakhir adalah Super Air Jet yang merupakan maskapai berbiaya rendah dan sangat digemari di Indonesia. Super Air Jet akan membuka rute Kuala Lumpur-Aceh yang akan dimulai per 3 Agustus 2024 dan akan terbang tujuh kali dalam seminggu. Jadi wisman pun bisa menjelajahi keindahan setiap sudut Indonesia mulai dari kota besar Surabaya, pantai di Lombok hingga eksotisnya Aceh sesuai selera. Kunjungan wisman yang lebih banyak dengan durasi tinggal lebih panjang tentu juga akan meningkatkan taraf hidup warga lokal.

Baca Juga: Memikatnya Aktivitas Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Leuser, Kamu Harus Jelajahi!

Sebagai warga negara Indonesia, apakah kamu sendiri sudah pernah mengunjungi berbagai destinasi domestik ini? Jika belum, mulai agendakan ya agar kamu tidak kalah dengan wisman yang akan segera menikmati keindahan berbagai lokasi tersebut!

Preview image credit: Killian Pham | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru