Singapura Miliki Paspor Terkuat Di Dunia, Indonesia Naik 10 Peringkat

Paspor Singapura dinobatkan sebagai paspor terkuat di seluruh dunia. Berdasarkan data terbaru dari Henley Passport Index pada hari Selasa (23 Juli), kekuatan paspor Singapura kini mengalahkan paspor Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol.

Enam negara tersebut menduduki peringkat teratas dalam indeks Henley pada bulan Januari tahun ini. Namun, lima negara tersebut kemudian turun ke peringkat kedua, dengan akses bebas visa ke 192 destinasi. Warga negara Singapura kini memiliki akses bebas visa ke 195 dari 227 destinasi wisata.

Di posisi ketiga ada tujuh negara yang dipegang oleh Austria, Finlandia, Irlandia, Luksemburg, Belanda, Korea Selatan, dan Swedia. Negara-negara ini memiliki akses bebas visa ke 191 destinasi.

Beberapa negara terkenal dan peringkatnya meliputi Inggris (keempat), Australia (kelima), Amerika Serikat (delapan), dan Malaysia (dua belas).

Bagaimana dengan Indonesia? Warga Indonesia boleh berbangga karena dalam daftar Henley Passport Index terbaru, paspor Indonesia naik peringkat, dari sebelumnya di posisi 75, kini menduduki tempat ke-65 dengan akses bebas visa ke 76 destinasi.

Posisi Indonesia ini menjadi yang tertinggi sejak 2006, di mana pada saat itu paspor Indonesia berada di peringkat 67.

Baca juga: Daftar Negara Bebas Visa Untuk Paspor Indonesia 2024

Sudah punya rencana memaksimalkan kekuatan paspor Indonesia dengan bepergian ke luar negeri tanpa mengurus visa?

Preview image credit: Passpod Indonesia

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru