Cara Nonton Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024 resmi akan digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Pesta olahraga musim panas terbesar di dunia selalu banyak dinanti oleh para atlet dan penggemar olahraga dari seluruh dunia. Opening ceremony atau upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 menjadi salah satu momen yang sangat dinantikan.

Baca juga: Paris Travel Pass, Panduan Berkeliling Paris Dengan Mudah Dan Murah Selama Olimpiade 2024

Pesta kembang api, hiburan, dan parade atlet dari semua negara yang berpartisipasi menjadi rangkaian acara yang banyak dinanti. Tak lupa momen menyalakan api Olimpiade menjadi salah satu simbol bahwa pesta olahraga empat tahunan ini dimulai.

Agar kamu tak melewatkan momen bersejarah ini, tak ada salahnya untuk menonton opening ceremony Olimpiade Paris 2024 dari rumah. Tak perlu bingung, kami akan membahas secara detail tentang jadwal, lokasi, dan cara menonton opening ceremony Olimpiade Paris 2024.

Cara menonton opening ceremony dan pertandingan Olimpiade Paris 2024

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024

Opening ceremony atau upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan diadakan pada hari Jumat, 26 Juli 2024. Acara akan berlangsung selama lebih dari 3 jam mulai pukul 19.30 waktu setempat atau untuk waktu Jakarta pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 sekitar pukul 00.45 WIB.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 begitu spesial karena tidak dilakukan di stadion untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade, melainkan digelar di atas Sungai Seine dengan pemandangan Menara Eiffel.

Tak hanya itu, perbedaan juga akan terjadi pada parade atlet dari semua negara yang berpartisipasi. Jika biasanya mereka berjalan, nanti sekitar 10.500 atlet dari seluruh dunia akan menaiki perahu yang menyusuri Sungai Seine sepanjang 6 kilometer.

Olimpiade Paris 2024

Image credit: givagaphotos | Canva Pro

Rute parade ini dimulai dari Jembatan Austerlitz hingga Menara Eiffel. Untuk membawa banyak atlet, panitia telah menyiapkan hampir 100 perahu. Setiap perahu nantinya akan dilengkapi oleh kamera sehingga para penonton dapat melihat para atlet.

Untuk kontingen Indonesia, bendera merah putih akan dibawa oleh satu-satunya atlet judo yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 bernama Maryam March Maharani. Para atlet Indonesia juga dikabarkan akan mengenakan pakaian adat Indonesia yang indah.

Bagi kamu yang ingin menonton opening ceremony atau upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 maka bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari gratis hingga berbayar. Berikut lengkapnya:

  • Saluran TV nasional SCTV yang bisa dinikmati secara gratis

  • Platform streaming Vidio yang berbayar dengan harga mulai dari Rp 29.000 yang berlaku selama event berlangsung

Pertandingan Olimpiade Paris 2024

Meski upacara pembukaan baru dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli 2024, namun pertandingan olahraga sudah mulai digelar pada Rabu, 24 Juli 2024. Menurut jadwal, pertandingan akan berlangsung hingga 11 Agustus mendatang.

Tak berbeda jauh dengan upacara pembukaan, pertandingan Olimpiade Paris 2024 juga bisa dinikmati dengan berbagai cara, antara lain

  • Saluran TV nasional SCTV yang bisa dinikmati secara gratis

  • Platform streaming Moji TV secara gratis

  • TV Kabel Nex Parabola secara gratis

  • Platform streaming Vidio yang berbayar dengan harga mulai dari Rp 29.000 yang berlaku selama event berlangsung

29 Atlit Indonesia akan bertanding di Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024

Image credit: @timindonesiaofficial

Di Olimpiade Paris 2024, Indonesia mengirimkan 29 atlet yang lolos dan akan bertanding dalam 12 cabang olahraga yang berbeda. Berikut daftar lengkapnya:

  • Angkat besi: Nurul Akmal, Rizki Juniansyah, Eko Yuli Irawan

  • Atletik: Lalu Muhammad Zohri

  • Badminton: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Ramadhanti, Pitha Haningtyas Mentari, Rinov Rivaldy

  • Dayung: La Memo

  • Gymnastic-artistic: Rifa Irfanaluthfi

  • Judo: Maryam March Maharani

  • Menembak: Fathur Gustafian

  • Panahan: Arif Dwi Pangestu, Rezza Octavia, Diananda Choirunisa, Syifa Nurafifah Kamal

  • Renang: Azzahra Permatahani, Joe Aditya Wijaya Kurniawan

  • Sepeda: Bernard Benyamin Van Aert

  • Speed climbing: Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rahmad Adi Mulyono, Rajjah Sallsabillah, Veddriq Leonardo,

  • Surfing: Ria Waida

Baca juga: Keren! Paris Punya Jalur Khusus Sepeda Yang Menghubungkan Lokasi Olimpiade 2024

Harapan dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia untuk 29 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Selamat bertanding, terus junjung sportifitas, dan bawalah hasil yang terbaik. Semoga bendera Indonesia dapat berkibar paling tinggi dan lagu Indonesia Raya dapat dikumandangkan. Sukses untuk Indonesia!


Preview image credit: @paris2024

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru