4 Tempat Terbaik Menikmati Nasi Tempong Di Bali

Ingin menyantap kuliner murah meriah tapi memiliki kesan mendalam saat liburan di Bali? Well, kamu bisa mempertimbangkan menikmati nasi tempong. Popularitas kuliner tersebut belakangan ini bahkan mengalahkan nasi jinggo khas Bali. Pasalnya, ada banyak tempat dan warung yang menyediakan menu nasi tempong di Bali.

Bagi yang penasaran dan Ingin mencoba nasi tempong, TripZilla Indonesia memberikan sedikit gambaran seperti apa "penampakannya". Satu porsi nasi tempong berisi nasi putih hangat dengan sejumlah lauk pauk, seperti tahu, tempe, ikan Asin maupun perkedel jagung, plus sayuran rebus seperti bayam, terong, mentimun dan daun kemangi sebagai pendamping. Yang menjadikannya khas dari kuliner ini adalah sambalnya yang super pedas.

Asal usul nasi tempong

Dalam catatan sejarah, nasi tempong bukanlah kuliner khas Bali. Kuliner ini merupakan makanan traditional Banyuwangi, yang lebih dikenal sebagai sego tempong.

Ciri khas dari kuliner ini ada pada sambalnya yang pedas. Konon, dalam bahasa Osing, tempong berarti "tampar". Artinya, karena sambalnya yang pedasa, menikmati nasi tempong seakan seperti ditampar.

Mengapa bisa begitu populer di Bali? Kedekatan wilayah antara Bali dan Banyuwangi, serta banyaknya warga Banyuwangi yang membuka usaha kuliner di Bali diduga menjadi latar belakang mengapa kuliner ini marak dan populer di Pulau Dewata. Apalagi, Ada kedekatan selera rasa antara masyarakat Bali dan Banyuwangi, yaitu identik suka pedas.

Di mana bisa mendapatkan nasi tempong di Bali dengan kualitas terbaik?

Nah, ada beberapa warung yang populer menyediakan menu nasi tempong di Bali. Cek daftarnya di bawah ini:

1. Nasi tempong Indra

Nasi tempong di baliImage credit: Instagram Nasi Tempong Indra

Nasi tempong Indra bisa dikatakan sebagai salah satu warung yang paling populer di Bali. Setidaknya ada dua warung yang bisa dikunjungi, yaitu di Jalan Dewi Sri, Kuta dan jalan Gunung Soputan, Renon, Baturiti, Bedugul.

Warungnya relatif luas, namun hampir selalu penuh oleh pengunjung yang ingin menikmati berbagai menu di sini. Beberapa selebritis dan pejabat juga pernah terlihat menikmati menu nasi tempong di sini.

Alamat: Jl. Dewi Sri No. 788, Legian, Kuta, Legian, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jam buka: Setiap hari, 9.00 - 00.00 WITA

Harga: Mulai dari 8,000 IDR

2. Warung Pink Tempong

Nasi Tempong Di BalInstagram Pink TempongImage credit: Instagram Pink Tempong

Opsi menarik lain menikmati nasi tempong di Bali adalah dengan mengunjungi Warung Pink. Warung ini buka di dua lokasi, yaitu di Denpasar dan kawasan Kuta.

Beberapa influencer juga pernah datang ke warung ini dan merekomendasikan menu yang ditawarkan di sini. Secara kualitas, sego tempong yang ditawarkan bisa membuat lidah terbakar dengan kesan yang baik.

Alamat:

- Jl. Teuku Umar No.172, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80114

- Jl. Raya Kuta No.100, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jam buka: Setiap hari, 11.00 - 22.00 WITA

Harga: Mulai dari 14,000 IDR

3. Sego tempong & Nasgor Janur Kuning

Masih di Denpasar, warung Sego Tempong & Nasgor Janur Kuning juga bisa menjadi destinasi kamu menikmati nasi tempong. Ada menu lain yang juga bisa dicoba dengan harga terjangkau.

Warung ini juga buka 24 jam, jadi kamu bisa menjadikan menu nasi tempong sebagai menu makan berat di setiap momentum bersantap.

Alamat: Jl. Lely No.6 A, Sumerta Kauh, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80236

Jam buka: Setiap Hari, 24 jam

Harga: Mulai dari 10,000 IDR

4. Ayam Tempong Ibu Sri

Nasi Tempong Di baliInstagram Ayam Tempong Ibu SriImage credit: Instagram Ayam Tempong Ibu Sri

Salah satu penjual nasi tempong Yang melegenda di Bali adalah warung Ayam Tempong Ibu Sri. Berada di Jalan Raya Kuta, warung ini bisa dengan mudah dikunjungi oleh wisatawan karena aksesnya yang mudah.

Ada tiga warung Ayam Tempong Ibu Sri lain yang tersebar di seluruh Bali, yaitu Di Gelogor Cari, Gunung Sanghyang dan Perum Dalung Permai. Untuk setiap porsi menu nasi tempong juga relatif terjangkau.

Alamat: Jl. Raya Kuta No.82, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jam buka: Setiap Hari, 9.00 - 2.00 WITA

Harga: Mulai dari 28,000 IDR

Baca juga: Hostel Di Kuta Untuk Akomodasi Murah

Jadi, tertarik menikmati nasi tempong di Bali dan merasakan sensasi pedasnya?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru