Penumpang Pesawat Diminta Datang Lebih Awal Ke Bandara Imbas Microsoft Down

Dunia penerbangan dunia harus dihadapkan dengan masalah gangguan Windows akibat Microsoft yang down pada Jumat, 19 Juli 2024. Para pengguna Windows mengeluhkan terjadinya blue screen of death (BSOD). Parahnya kejadian ini berdampak besar hingga menghambat operasional bandara, transportasi umum, hingga perbankan dunia, tak terkecuali bandara Indonesia.

Baca juga: 5 Fasilitas Gratis dan Seru di Bandara Soekarno-Hatta Yang Bisa Kamu Nikmati

Mengutip dari Kumparan, Microsoft down disebabkan oleh pembaruan terkini pada software CrowdStrike Falcon Senso. Hal ini mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem Windows, cloud Azure, dan aplikasi Office 365. Akibatnya pihak Microsoft langsung melakukan perbaikan namun dampak sisanya masih mempengaruhi aplikasi dan layanan Microsoft 365.

Berpengaruh pada layanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

Microsoft down

Image credit: Andrey X. | Canva Pro

Dalam dunia penerbangan, gangguan Microsoft down berimbas pada layanan imigrasi bandara hingga penghentian penerbangan di beberapa negara seperti Amerika. Sedangkan di Indonesia gangguan ini membuat sistem IT Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Tak hanya itu, maskapai Citilink, Scoot, dan Indigo juga terdampak kejadian ini. Maskapai tersebut juga langsung melakukan penyesuaian untuk proses keberangkat keberangkatan penumpang pesawat seperti yang dikutip dari Kumparan.

Beberapa maskapai yang mengalami gangguan di Bandara Soetta harus melakukan proses check-in penumpang pesawat dan bagasi secara manual. Proses manual tentu saja dapat memicu antrean panjang sehingga Angkasa Pura II mengerahkan para petugas aviation security (Avsec) untuk membuka lebih banyak konter check-in dan costumer service.

Untuk mengantisipasi antrean panjang dan lama, para penumpang diminta untuk datang lebih awal ke bandara. Namun untuk maskapai yang tidak mengalami gangguan dapat tetap memproses keberangkatan dengan sistem IT mereka.

Bandara Ngurah Rai Bali ikut terdampak

Microsoft down

Image credit: Skitterphoto | Pexels

Tak hanya Bandara Soetta, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali juga ikut terdampak akibat Microsoft down. Maskapai AirAsia, Citilink, Scoot Tiger, Jetstar, dan Qantas dikabarkan mengalami gangguan.

Proses check-in dari maskapai tersebut juga harus dilakukan secara manual. Untuk membantu agar proses tetap berjalan baik, para petugas bandara dikerahkan untuk membantu proses check-in.

Baca juga: Singapore Airlines Dinobatkan Jadi Maskapai Internasional Terbaik 2024

Para penumpang yang ingin bepergian dengan pesawat saat ini diharapkan untuk datang lebih awal untuk mengantisipasi antrean panjang dan mengurangi potensi tertinggal pesawat. Selain itu, tetaplah untuk mengikuti instruksi dari para petugas di bandara demi kelancaran dan kenyamanan bersama.


Preview image credit: Connor Danylenko | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru