Permudah Turis Indonesia Belanja, RRT Rilis Panduan Layanan Pembayaran Di Cina

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok terus berbenah dalam memberikan layanan terbaik kepada wisatawan yang datang ke wilayahnya. Yang terbaru, mereka merilis panduan layanan pembayaran di Cina untuk mempermudah wisatawan internasional, termasuk turis asal Indonesia, berbelanja.

Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) telah meluncurkan seperangkat pedoman komprehensif berjudul "Panduan Layanan Pembayaran di Tiongkok". Prakarsa ini menggarisbawahi komitmen Tiongkok untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh wisatawan asing yang menggunakan sistem pembayaran negara tersebut.

Lanskap pembayaran Tiongkok telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan solusi pembayaran seluler yang semakin banyak digunakan oleh penduduk setempat. Namun, orang asing mengalami kesulitan dalam mengakses dan memanfaatkan layanan ini saat berada di Tiongkok.

Pedoman yang baru dirilis ini bertujuan untuk mengatasi hambatan ini dengan mengadvokasi penerimaan kartu bank asing yang lebih luas dan meningkatkan kenyamanan pembayaran seluler.

Poin utama dari pedoman tersebut mencakup peningkatan penerimaan kartu bank asing di konter pembayaran, asalkan mereka menampilkan logo organisasi pembayaran seperti UnionPay, Visa, atau Mastercard.

Selain itu, layanan pembayaran seluler seperti Alipay, Weixin Pay, dan UnionPay menawarkan transaksi yang lancar menggunakan ponsel tanpa perlu identifikasi untuk transaksi di bawah jumlah tertentu.

Pedoman ini memberikan petunjuk yang jelas tentang cara mengakses RMB atau Yuan Tiongkok (CNY) melalui ATM atau tempat penukaran mata uang bagi wisatawan yang membutuhkan uang tunai.

Wisatawan asing juga bisa membuka rekening bank di bank-bank besar Tiongkok menggunakan paspor atau dokumen identitas lain yang sah, yang menawarkan berbagai layanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Secara keseluruhan, penerbitan pedoman ini merupakan langkah penting menuju terciptanya lingkungan pembayaran yang lebih inklusif dan ramah pengguna bagi pengunjung asing.

Dengan meningkatkan aksesibilitas, kenyamanan, dan langkah-langkah perlindungan konsumen, pedoman ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pembayaran secara keseluruhan bagi wisatawan yang menjelajahi Tiongkok.

Baca juga: Wisata Guilin, Alamnya Mantap dan Memikat

Jadi, dengan kemudahan yang ditawarkan, tertarik wisata belanja di Tiongkok dalam waktu dekat?

Preview image credit: Magda Ehlers | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru