8 Tempat Makan Michelin Guide di Yaowarat Chinatown Bangkok Thailand

Akhir-akhir ini nama kawasan Chinatown khususnya Yaowarat di Bangkok, Thailand, sedang naik daun. Bagaimana tidak, salah satu wisata favorit para turis ketika malam hari ini digunakan menjadi tempat lokasi syuting music video (MV) lagu Rockstar oleh anggota girlgroup Korea terbesar BLACKPINK yakni Lalisa atau lebih dikenal dengan panggilan Lisa.

Baca juga: 10 Restoran Halal di Bangkok yang Harus Kamu Coba

Penyanyi asal Thailand ini menggunakan latar Yaowarat Road atau Jalan Yaowarat di kawasan Chinatown, Bangkok dalam adegan pembuka MV untu single terbarunya. Setelah MV dirilis, jalanan ini langsung viral dan semakin ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tentu langkah yang dilakukan Lisa ini sangat membantu promosi wisata Bangkok dan Thailand menjadi lebih mendunia seperti yang sering dilakukannya sebelumnya.

Chinatown Bangkok

Image credit: Oleh_Slobodeniuk | Canva Pro (kiri), anuchit kamsongmueang | Canva Pro (kanan)

Yaowarat Road berada di kawasan Chinatown, Bangkok yang dikenal dengan kawasan dengan banyak ruko yang semakin cantik di malam hari karena lampu-lampu dari setiap bangunannya. Dengan memadukan sejarah dan budaya, Yaowarat Road di kawasan Chinatown, Bangkok ini juga menjadi surga bagi kuliner lezat di mana kamu dapat dengan mudah menemukan beberapa tempat makan yang masuk dalam Michelin Guide.

Bagi pecinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan penghargaan bergengsi Michelin Guide. Singkatnya Michelin Guide merupakan serangkaian buku panduan yang diterbitkan oleh Michelin asal Prancis yang memberi hingga 3 bintang Michelin untuk hotel hotel dan restoran yang dianggap memenuhi kriteria.

Masuk dalam Michelin Guide bukanlah hal mudah. Jika kamu berpikir bahwa daftar ini khusus untuk tempat makan mahal, maka kamu salah. Banyak juga tempat makan sederhana yang masuk dalam Michelin Guide seperti 8 tempat makan ini yang ada di Yaowarat Road di kawasan Chinatown, Bangkok.

1. Nai Mong Hoi Tod, telur dadar yang diolah dengan cita rasa baru

Nai Mong Hoi Tod

Image credit: @hoithod539

Restoran dengan predikat Michelin Guide Listings ini dikenal dengan menu Teochewstyle o-lua atau telur dadar yang memiliki tekstur renyah dengan saos tiram dan kerang. Menu lainnya yang tak kalah menarik adalah pancake lembut bernama o-a-chian dan kerang yang nikmat. Agar makin nikmati celupkan telur dadar ke saus sambal sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih kaya.

Alamat: 539 Phlap Phla Chai Rd, Pom Prap, Pom Prap Sattru Phai, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Selasa sampai Minggu, 10.00-19.00

2. Guay Chap Ouan Pochana, spesialis mie bihun yang gurih dan pedas

Guay Chap Ouan Pochana

Image credit: Website resmi Michelin Guide

Telah berusia lebih dari 50 tahun, restoran Guay Jub Ouan Pochana di Yaowarat Road, Chinatown Bangkok ini memiliki predikat Bib Gourmand dari Michelin Guide. Menu andalan mereka adalah mie bihun putih kuah yang disiram dengan kuah kaldu babi pedas dan ditambahkan jeruan babi hingga telur. Sebelum disajikan mie akan digulung tipis seperti cerutu sehingga unik dan berbeda dari lainnya.

Alamat: 408 Yaowarat Road, Chakkrawat, Chakkaphat, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Selasa sampai Minggu, 11.00-00.00

3. Nai Ek Roll Noodle, restoran mie gulung keluarga yang legendaris

Nai Ek Roll Noodle

Image credit: @NaiEkRollNoodles (kiri), Website resmi Tourism Authority of Thailand (kanan)

Didirikan oleh keluarga Nai Ek, tempat ini pertama kali menjual mie gulungnya atau guay jub dari kios gerobak kosong di Chinatown, Bangkok. Menu yang ditawarkan dengan cita rasa lezat dengan kaldu daging babi dan tekstur mienya yang kenyal namun tetap lembut membuat kuliner ini semakin populer. Kini keluarga Nai Ek telah sukses membuka tokonya sendiri dengan mempertahankan warisan menu dan mendapatkan predikat Michelin Plate.

Alamat: 442 Soi Yaowarat 9, Samphanthawong, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Setiap hari, 08.00-00.00

4. Pa Tong Go Savoey, surga camilan khas Thailand yang renyah

Pa Tong Go Savoey

Image credit: Website resmi Tourism Authority of Thailand

Pa Tong Go Savoey dengan predikat Michelin Plate ini selalu ramai dikunjungi baik oleh warga lokal maupun turis mancanegara yang ingin menikmati camilan khas Thailand bernama cakwe. Dibuat setiap oleh penjual yang berpengalaman, cakwe di sini digoreng sehingga memiliki rasa yang renyah. Tak lupa ada saus pandan atau susu kental manis yang bisa ditambahkan dengan mencelup cakwe tersebut sehingga memiliki cita rasa yang unik.

Alamat: 56 Yaowarat Road, Samphanthawong, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Selasa sampai Minggu, 17.30-23.30

5. Lim Lao Ngow, restoran fish noodles berusia lebih dari 80 tahun

Lim Lao Ngow

Image credit: @limlaongow

Lim Lao Ngow dikenal dengan hidangan mie bakso ikan (guay tiew look chin pla) yang sangat legendaris. Mie dan bakso ikan yang digunakan adalah buatan sendiri sehingga memiliki cita rasa yang otentik. Restoran dengan predikat Bib Gourmand ini telah berdiri lebih dari 80 tahun hingga pernah dikunjungi oleh aktor Korea ternama Lee Seung Gi dalam serial Netflix berjudul Twogether.

Alamat: 299, 301 Song Sawat Rd, Samphanthawong, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Setiap hari, 16.30-20.30

6. Khao Phad Pu Chang Phueak (Woeng Nakhon Khasem), nasi goreng kepiting yang jarang ditemukan

Khao Phad Pu Chang Phueak

Image credit: Website resmi Michelin Guide

Meski terlihat sederhana tapi restoran Khao Phad Pu Chang Phueak dengan gelar Bib Gourmand ini begitu populer dengan kelezatannya. Menu andalan mereka adalah khao pad atau nasi goreng khas Thailand yang memiliki topping kepiting. Nasi goreng kepiting memiliki tekstur daging kepiting yang lembut dan aroma smoky yang bikin laper.

Alamat: Yaowarat Road, Samphanthawong, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Selasa sampai Minggu, 18.30-00.00

7. Restaurant POTONG, restoran yang masuk daftar terbaik di dunia

Restaurant POTONG

Image credit: @restaurant.potong

Restoran fine dining dengan 1 Star Michelin atau Bintang 1 Michelin ini dikenal dengan cita rasa Thai-Chinese yang autentik dan oled-school. Menariknya Restaurant POTONG memiliki chef perempuan Thailand termuda dan tercepat yang yang mendapatkan penghargaan ASIA’s Best Female Chef dari The World 50 Best Restaurants.

Sejak dibuka tahun 2021, banyak prestasi yang diraih oleh Restaurant POTONG. Di tahun 2023 restoran ini berhasil mendapatkan 2 penghargaan sekaligus dengan masuk dalam daftar Asia's 50 Best Restaurants dan The World's 50 Best Restaurants.

Alamat: 422 ถนน วาณิช 1 เขตสัมพันธวงศ์, Samphanthawong, สัมพันธวงศ์, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Kamis sampai Selasa, 16.30-23.00

8. Jok’s Kitchen, hidden gem dengan spesialis hidangan laut

Jok’s Kitchen

Image credit: Website resmi Michelin Guide

Telah mendapatkan predikat Michelin Plates lebih dari satu kali dari Michelin Guide, membuat restoran Jok's Kitchen harus kamu kunjungi ketika berada di kawasan Chinatown, Bangkok. Restoran ini memiliki spesialis hidangan laut yang berkualitas. Lokasinya juga cukup tersembunyi di dalam pasar yang ramai.

Alamat: 23 Soi Charoen Krung 21, Phlapphla Chai Road Pom Prap Sattru Phai, Bangkok, Thailand
Jam buka: 
Setiap hari, 08.00-21.00

Baca juga: 15 Wisata Kuliner Bangkok, Lezat Berempah Memanjakan Lidah

Sudah siap wisata kuliner di Thailand? Inilah saatnya untuk memanjakan lidah dengan kuliner lezat yang telah diakui oleh Michelin Guide di Yaowarat Road, Chinatown Bangkok, Thailand.


Preview image credit: Uwe Schroeder | Canva Pro (kiri), @hoithod539 (kanan)

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru