Kuliner Bali Ekstrem Penantang Nyali

Kebanyakan dari kalian pasti sudah sering pelesir ke Bali. Wisata kuliner jadi agenda wajib karena banyak menu khas yang enak termasuk beberapa makanan nonhalal di Bali. Namun sudahkah kalian merasakan kuliner Bali ekstrem yang tidak kalah menariknya? Tidak perlu takut mencoba karena ini bisa menjadi menu favoritmu. Cek daftar makanan ekstrem di TripZilla Indonesia, dan cicipi agar liburanmu terasa lebih menggigit!

Baca Juga: Tempat Makan Di Bali Dengan Menu Lokal Yang Terkenal

1. Lawar merah, ekstrem tapi sedap di lidah

Image credit: @menkoko_x_balimanggang

Menu lawar jamak ditemukan dalam hidangan Bali dan punya isi beragam. Ada sayuran atau daging yang dicampur merata dengan bumbu yang disebut basa genep. Beda lawar merah alias lawar barak ini adalah karena bumbunya menggunakan darah hewan yang disesuaikan dengan daging di dalamnya. Bisa menggunakan daging dan darah ayam atau babi. Kegurihan lawar merah ini dapat dinikmati salah satunya di Lawar Kuwir Men Koko. Kalau ingin mencoba sensasi makan lawar yang berbeda, maka lawar merah patut kamu coba.

2. Empas, makanan aneh di Bali untuk petualang rasa

Image credit: @lawarkuwir99

Empas adalah labi-labi atau bulus, yang tubuhnya menyerupai kura-kura namun berpunggung lunak. Di Bali, daging empas diolah menjadi sate dan lawar dan tidak selalu ada di semua tempat. Maka jika menemukannya, coba saja agar tidak menyesal! Datanglah ke Lawar Kuwir 99 untuk merasakan kenyalnya perpaduan daging dan lemak dari potongan empas. Tentunya beda dengan sate berbahan ayam atau kambing ya! Ada kepercayaan bahwa mengonsumsi empas dapat menormalkan kolesterol dan mengobati asam lambung. Penasaran ingin membuktikannya?

3. Uled kelong, hewan kecil dengan rasa yang kaya

Uled alias ulat kelong berkembang biak di pohon bambu dan banyak terdapat di Hutan Batukaru di daerah Tabanan, Bali. Bisa dianggap sebagai salah satu makanan aneh, namun nyatanya warga sekitar menganggap rasa ulat ini enak. Uled kelong terkenal terasa gurih dan tidak amis sehingga enak dimakan setelah digoreng dan dicampur berbagai bumbu. Selain itu, kandungan proteinnya juga tinggi. Cicipi di Desa Sangketan ketika kamu berada di Bali.

4. Biawak, reptil dengan banyak rasa di Bali

Image credit: @pdjok87

Kuliner Bali ekstrem lainnya terbuat dari daging biawak. Dijajakan di Denpasar, konon awalnya biawak banyak ditemukan di sini. Maka penduduk akhirnya mengolahnya menjadi menu makanan dengan bumbu rica, tengkleng, betutu. Biawak pun dapat disantap dalam bentuk sate. Penasaran ingin menggigit dagingnya? Kunjungi saja Podjok87 yang berada di Jl. Tunjung Tutur No. 1, Denpasar. Namun bukan hanya biawak yang disantap di Bali, cek juga yang di bawah ini.

5. Ular piton, si raksasa yang menantang untuk dicoba

Image credit: @madewedastra

Melengkapi deretan makanan aneh di Bali, ada ular piton. Disebut juga sanca, ular ini bisa berukuran dari 7 hingga 10 meter. Kulitnya biasa dijadikan bahan untuk membuat tas atau sepatu, sedangkan dagingnya dimasak. Menu ini pun ada di Podjok87 dengan berbagai bumbu. Pilih yang kamu mau, pedas atau yang lebih gurih. Bila tidak ingin yang terasa garing, maka yang berkuah juga ada.

6. Tupai, berminat untuk mencicipi makanan ekstrem ini?

Image credit: @warung_d_uma

Tidak semua orang berani menyantap tupai yang identik dengan hewan menggemaskan. Tetapi di Bali, tupai ternyata juga diolah menjadi bakso dan lawar. Disebut juga dengan semal, olahan tupai ini dipercaya baik untuk mengobati asma dan diabetes. Bila kamu tertarik untuk mencicipinya, datang saja ke Warung D'Uma di Kawasan Banjar Pucuk, Desa Bantas, Tabanan. Baksonya tidak dicampur tepung dan rasanya diklaim lembut seperti daging pada umumnya.

7. Lawar nyawan, cicipi rasa renyahnya ketika berada di Sangeh

Image credit: @bernardnathan

Sangeh terkenal dengan objek wisata Monkey Forest. Bila kamu ingin menikmati kuliner khas di sana, maka cicipi lawar nyawan. Rasa garing akan segera tercecap karena bahan utamanya adalah larva lebah. Citarasanya mirip seperti lawar lain tapi perbedaannya di tekstur yang tercecap. Lawar Nyawan Piring Mas di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal menyajikan menu ini dalam dua pilihan. Ada lawar nyawan biasa dengan larva lebah atau lawar nyawan tulen dengan lebah madu.

8. Bukan hanya kambing, ada juga kelinci guling

Makanan ekstrem selanjutnya ada kelinci guling. Di warung halal di Bedugul yaitu Sate Kelinci Ponorogo, kamu bisa menikmati menu ini. Juga menyediakan kambing guling, kelinci guling juga dapat disajikan di area sekitar untuk acara khusus. Bagian lain yang diolah adalah kepala kelinci yang dimasak menjadi gulai. Berminat untuk tahu seperti apa rasanya?

Baca Juga: 12 Nasi Pedas di Bali Yang Murah, Nikmat, dan Favorit Para Turis

Kuliner Bali sangat kaya, mulai dari yang biasa hingga tidak biasa. Bila lidahmu ingin berpetualang, cicipi salah satu menu yang ada di sini!

Preview image credit: Mahmud Ahsan | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru