Kemlu Keluarkan Travel Advisory Ke Bangladesh, Warga Indonesia Diimbau Menjauh

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia kembali mengeluarkan travel advisory untuk warga negara Indonesia yang berencana atau sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Dalam rilis terbaru, Kemlu mengeluarkan imbauan untuk tidak mengunjungi Dhaka, Bangladesh untuk sementara waktu.

Travel advisory dikeluarkan Kemlu menyusul situasi politik yang tidak kondusif di Dhaka, Bangladesh, di mana terjadi demonstrasi yang mengakibatkan terjadinya korban jiwa.

"Sejak tanggal 18 Juli 2024, telah terjadi demonstrasi di beberapa lokasi di Dhaka, Bangladesh. Para demonstran menuntut penghapusan sistem kuota penerimaan pegawai negeri. Peristiwa ini menyebabkan terganggunya akses transportasi umum dan fasilitas publik lainnya. Beberapa sumber juga telah melaporkan terjadinya korban jiwa," demikian keterangan dari Kemlu di laman resmi SafeTravel.

"Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) melalui KBRI Dhaka terus memastikan keselamatan dan keamanan 563 WNI yang berada di Bangladesh terkait kerusuhan yang terjadi di sejumlah wilayah. Berdasarkan laporan per 19 Juli 2024, seluruh WNI dalam keadaan aman dan tidak ada yang terluka."

"Kami mengimbau Anda yang berada di Dhaka atau wilayah terdampak lainnya di Bangladesh untuk tetap waspada, menghindari kerumunan massa, dan mematuhi arahan dari otoritas setempat.

"Bagi Anda yang berencana untuk bepergian ke Bangladesh, kami mengimbau untuk menunda perjalanan Anda hingga situasi keamanan kembali pulih. Apabila Anda memerlukan bantuan darurat, segera hubungi Hotline KBRI Dhaka: +880 1614 444552, atau klik Tombol Darurat di aplikasi Safe Travel."

Baca juga: Resort Di Maldives Dengan Harga Terjangkau dan Pemandangan Fantastis

Selain Indonesia, sejumlah negara juga sudah mengambil langkah yang sama dengan mengeluarkan travel advisory.  Beberapa negara tersebut antara lain Jerman dan Amerika Serikat.

Preview image credit: Ferdous Hasan | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru