Keren! Paris Punya Jalur Khusus Sepeda Yang Menghubungkan Lokasi Olimpiade 2024

Olimpiade Paris 2024 tinggal hitungan hari lagi akan resmi digelar. Berbagai persiapan telah dilakukan secara maksimal yang memanjakan dan memudahkan semua pihak. Yang terbaru kota paling romantis di dunia ini membuka jaringan jalur sepeda baru yang menghubungkan berbagai lokasi Olimpiade Paris 2024 di seluruh kota dan wilayah sekitarnya.

Baca juga: Panduan Menggunakan Transportasi Umum Di Paris

Proyek ambisius ini merupakan bagian dari visi Walikota Anne Hidalgo yang ingin membuat Paris menjadi kota yang ramah bagi pesepeda. Jalur sepeda memiliki panjang 60 kilometer dan akan menjadi permanen atau tetap ada meski Olimpiade telah berakhir.

Walikota Anne Hidalgo memandang proyek ini sebagai "perayaan besar dan bersepeda dan katalis transisi ekologi." Dengan meningkatkan infratruktur bersepeda, Paris dapat memberikan contoh bagi kota lainnya di seluruh dunia. Hal ini juga akan menunjukkan bahwa acara besar seperti Olimpiade dapat membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan.

Dengan adanya jalur sepeda ini akan menawarkan pengalaman bersepeda yang lancar dan mempermudah para penduduk serta wisatawan dapat dengan mudah mengakses lokasi utama Olimpiade. Selain bebas polusi, langkah ini juga sebagai upaya untuk mendukung transportasi berkelanjutan.

Bayangkan para pesepeda dapat mengayuh sepeda ke Roland-Garros untuk menonton pertandingan tenis, lalu lanjut ke Grand Palais untuk melihat pertandingan anggar, hingga ke Seine-Saint-Denis untuk menikmati pertandingan bola basket yang mendebarkan.

Jumlah sepeda dan tempat parkir baru ditambahkan

Jalur sepeda Olimpiade Paris 2024

Image credit: tilialucida | Canva Pro (kiri), Orbon Alija | Canva Pro (kanan)

Untuk mendukung semakin banyak orang bersepeda, Paris memiliki program berbagi sepeda Vélib yang populer. Sebanyak 3.000 sepeda baru ditambahkan untuk memudahkan warga dan wisatawan berkeliling kota.

Tak hanya itu, kota ini juga juga menambahkan 10.000 tempat parkir sepeda sementara di sekitar lokasi Olimpiade. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi perkiraan peningkatan jumlah pengendara sepeda sehingga dapat memberikan ruang yang luas bagi pengunjung.

Setelah Olimpiade berakhir, tempat parkir sepeda yang berada di lokasi Olimpiade akan dipindahkan ke area lain yang membutuhkan tempat parkir sepeda sehingga dapat terus mendukung komunitas bersepeda.

Baca juga: Panduan Menggunakan Metro Paris Untuk Traveler Indonesia

Paris telah memberi contoh bahwa menjadi tuan rumah bagi pesta olahraga musim panas terbesar di dunia ini dapat berdampak positif pada banyak hal. Dengan jalur sepeda baru yang permanen ini dapat mempermudah mobilitas bagi banyak orang menyaksikan pertandingan olahraga yang bebas polusi.


Preview image credit: © Ville de Paris

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru