Imigrasi Bali Perketat Pemeriksaan Bagi Wisman

Pulau Bali, primadona wisata di Indonesia, semakin berbenah. Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pun semakin meningkat. Dikutip dari situs JPNN.com, data Kemenkumham Bali menyatakan bahwa pada bulan Januari hingga Juli 2024, sebanyak 3.892.714 wisman masuk ke Bali. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun 2023 dan menjadi kabar yang menggembirakan. Di sisi lain, ada faktor keamanan yang perlu dipikirkan agar liburan di Bali tetap terasa nyaman.

Baca Juga: Enam Hotel Di Bali Masuk Daftar 100 Hotel Terbaik Di Dunia Versi Travel+Leisure

Kepala Kemenkumham Bali, Pramella Yusnida Pasaribu mengajak warga ikut serta mengawasi situasi lingkungannya. Berkaitan dengan banyaknya wisman, warga diminta melaporkan jika melihat warga negara asing yang gelagatnya mencurigakan. Selain partisipasi warga, pemerintah pun akan memperketat peraturan keimigrasian. Dimulai dari pemeriksaan paspor, visa dan izin tinggal yang lebih cermat. Kantor imigrasi Bali pun bekerjasama dengan kepolisian, agen wisata dan pabean dalam mengawasi wisman yang berkunjung.

Dilansir dari situs Channel News Asia, kantor imigrasi Bali telah memasang 30 unit autogate pada terminal kedatangan internasional di Bandara Internasional Ngurah Rai. Pemasangan di bulan Maret 2024 lalu akan ditindaklanjuti dengan menambah lagi 20 autogate pada terminal keberangkatan internasional di bandara yang sama. Total 80 autogate ditargetkan terpasang untuk menunjang pemeriksaan yang lebih ketat. Ketika melewati autogate, wisatawan akan melewati deteksi wajah yang terintegrasi dengan Border Control Management.

Wisman yang datang ke Bali sampai pertengahan 2024 didominasi oleh turis Australia. Dua negara lain yang terbanyak mengunjungi Bali adalah India dan China. Selain tiga negara teratas tersebut, wisman lainnya berasal dari negara Korea Selatan, Inggris, Malaysia, Singapura, Amerika, Perancis dan Jerman. Segelintir wisman ditolak masuk ke Bali karena permasalahan visa, paspor yang masa berlakunya kurang dari enam bulan, hingga memiliki catatan kriminal.

Baca Juga: Indonesia Menjadi Negara Favorit Wisatawan Eropa di Tahun 2024

Upaya maksimal dari pihak imigrasi ini semoga dapat membuat pariwisata di Bali semakin berkualitas. Wisatawan yang masuk ke Bali pun diharapkan dapat menjaga perilaku dan mengikuti norma yang berlaku agar tidak terjadi peristiwa yang menyinggung masyarakat di sekitarnya ya!

Preview image credit: Gede Yoga | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru