5 Negara Dengan Bonus Terbanyak Untuk Atlet Peraih Medali di Olimpiade Paris 2024

Persta olahraga musim panas terbesar Olimpiade Paris 2024 tengah berlangsung di kota penuh cinta Paris, Prancis. Ajang bergengsi ini diikui oleh puluhan ribu atlet dari seluruh dunia. Semua bertarung memperebutkan medali demi negaranya. Tak heran jika perjuangan luar biasa para atlet, banyak negara yang memberi bonus berjumlah fantastis sebagai apresiasi dan motivasi para atlet Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Paris Travel Pass, Panduan Berkeliling Paris Dengan Mudah Dan Murah Selama Olimpiade 2024

Pemberian bonus oleh negara kepada para atlet selalu berhasil menarik perhatian. Mulai dari uang dengan nominal tinggi, makan gratis, hingga sapi telah disiapkan oleh berbagai negara untuk mengapresiasi kerja keras para atlet yang telah mengharumkan nama.

Menurut data National Olympic Committees yang dikutip dari CNBC Indonesia, Hong Kong berada di urutan pertama yang memberikan bonus dengan jumlah uang terbanyak di dunia. Berikut nominal hadiah atau bonus yang akan diterima oleh atlet peraih medali Olimpiade Paris 2024.

1. Hong Kong

bonus olimpiade paris 2024

Image credit: @fencing_fie

Hong Kong berhasil berada di urutan pertama yang memberikan bonus dengan jumlah fantastis. Atlet yang berhasil mendapatkan emas akan menerima uang 6 juta HKD atau setara 768 ribu USD yang jika dirupiahkan berjumlah sekitar Rp 12,5 miliar.

Sedangkan untuk peraih medali perak akan mendapatkan 384 ribu USD atau sekitar Rp 6,25 miliar. Lalu untuk perunggu, uang yang akan didapatkan sebesar 192 USD atau sekitar Rp 3,12 miliar.

2. Singapura

Selanjutnya ada negara tetangga, Singapura yang telah menyiapkan bonus sebesar 745 ribu USD atau setara Rp 12,1 miliar untuk medali emas, 373 ribu USD (Rp 6 miliar) untuk medali perak, dan 168 ribu USD (Rp 3 miliar) untuk peraih medali perunggu. Sepanjang sejarah Olimpiade, Singapura telah berhasil mendapatkan medali emas melalui cabang olahraga renang 100 meter gaya kupu-kupu oleh Joseph Schooling pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

3. Israel

Selanjutnya ada Israel yang telah menyiapkan bonus sebesar 27 ribu USD atau sekitar Rp 4,3 miliar untuk atlet yang berhasil meraih medali emas. Sedangkan untuk peraih medali perak akan mendapatkan 216 ribu USD (Rp 3,5 miliar) dan 135 ribu USD (Rp 2,1 miliar) untuk atlet peraih medali perunggu.

4. Kazahkstan

Tak mau kalah, Kazahkstan juga memberi apresiasi tinggi bagi para atlet yang berhasil mendapatkan medali. Di Olimpiade Paris 2024, Kazakhstan berhasil meraih medali emas pertamanya melalui cabang olahraga judo putra 60 kg oleh atlet bernama Yeldos Semtov. Para peraih medali akan mendapatkan bonus sebesar 250 ribu USD (Rp 4 miliar) untuk emas, 150 ribu USD (Rp 2,4 miliar) untuk perak, dan 75 ribu USD (1,2 miliar) untuk perunggu.

5. Malaysia

bonus olimpiade paris 2024

Image credit: @bwfbadminton

Malaysia juga akan memberikan bonus dengan jumlah tinggi bagi para atlet yang berhasil membawa medali untuk negara. Untuk peraih medali emas akan mendapatkan 216 ribu USD atau sekitar Rp 3,5 miliar. Sedangkan untuk peraih medali perak akan mendapatkan 65 ribu USD (Rp 1 miliar) dan peraih medali perunggu akan mendapatkan 22 ribu USD (Rp 3,5 miliar). Di Olimpiade Paris 2024 Malaysia sedang berjuang keras untuk mendapatkan medali emas pertamanya sepanjang sejarah olimpiade.

Berapa bonus untuk atlet Indonesia?

bonus olimpiade paris 2024

Image credit: @BadmintonAssociationofIndonesia

Indonesia juga siap memberikan bonus untuk para atlet yang berhasil meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Untuk besaran nominalnya, belum ada angka pasti berapa jumlah uang dan hadiah lainnya yang akan didapatkan para peraih medali.

Di Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Indonesia juga memberikan banyak bonus untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sebagai pasangan satu-satunya yang berhasil mendapatkan medali emas. Tradisi bonus ini juga akan tetap diberikan kepada atlet-atlet yang berhasil meraih medali.

Bonus mobil, sapi, hingga apartemen

bonus olimpiade paris 2024

Image credit: @Paris2024

Selain uang, beberapa negara juga memberikan bonus menarik yang tak kalah fantastis. Seperti Pemerintah Kazahstan yang telah menyiapkan bonus hadiah berupa apartemen kepada para peraih medali Olimpiade Paris 2024.

Tak hanya itu, Korea Selatan juga memberikan dana pensiun bulanan seumur hidup sebesar 67,2 juta won Korea atau sekitar Rp 797 juta kepada peraih medali. Untuk atlet Hong Kong, setelah mendapatkan bonus uang dengan jumlah tertinggi mereka juga akan mendapatkan tiket gratis angkutan umum seumur hidup.

Baca juga: Keren! Paris Punya Jalur Khusus Sepeda Yang Menghubungkan Lokasi Olimpiade 2024

Seberapapun hadiah dan bonus yang akan didapatkan, bagi para atlet mendapatkan medali emas adalah sebuah pencapaian tertinggi dalam karir mereka pada Olimpiade Paris 2024. Jadi, teruslah semangat dan berjuang untuk mendapatkan medali!


Preview image credit: @bwfbadminton

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru