16 Tempat Wisata di Shanghai China Yang Hits dan Jadi Favorit Wisatawan Indonesia

Shanghai sebagai salah satu kota terbesar di China kini tengah menjadi primadona baru bagi wisatawan Indonesia yang ingin liburan dengan banyak tempat wisata menarik. Mulai dari bangunan bersejarah, kuliner lezat, hingga tempat belanja murah membuat pesona kota Shanghai seringkali kamu lihat di media sosial.

Baca juga: 11 Wisata Di Chengdu, Dari Yang Imut Sampai Mempesona

Kota megapolitan ini menawarkan perpaduan modern dan tradisional yag menjadi daya tarik tersendiri. Dari pagi hingga malam ada banyak aktivitas menarik yang membuat kota ini selalu hidup. Berikut rekomendasi tempat wisata yang harus kamu kunjugi di Shanghai, China.

1. Shanghai Disneyland, tempat paling bahagia untuk semua umur

Tempat Wisata Shanghai China - Shanghai Disneyland

Image credit: woshinidayess | Pixabay

Mari rayakan harimu dengan penuh kebahagiaan di salah satu tempat paling bahagia di dunia yakni Disneyland. Di Shanghai kamu bisa berkunjung taman hiburan Disneyland yang selalu ramai dikunjungi oleh semua umur. Kamu akan diajak berpetualang di dunia Toy Story, Frozen, Mickey Mouse, hinga Pirates of the Caribbean.

Sakasikan pula pertunjukan musikal dan parade unik yang meriah ditemani lagu-lagu populer dari karakter Disney. Di penghujung hari carilah spot terbaik untuk melihat magisnya pertunjukan kembang api yang membuat semua orang terpesona.

Alamat: Pudong, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 08.30-22.00

2. Nanjing Road, jalanan paling penuh warna

Tempat Wisata Shanghai China - Nanjing Road

Image credit: Hyunwon Jang | Unsplash

Bukan jalan biasa tapi Nanjing Road kini telah menjadi salah satu tempat wisata populer di Shanghai, China. Setiap harinya dari pagi hingga malam, jalanan ini selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal dan internasional. Lampu-lampu jalanan dan papan toko yang penuh warna membuat jalanan ini semakin cantik di malam hari hingga menjadi spot foto yang instagramable.

Sepanjang jalan kamu dapat dengan mudah menemukan toko-toko lokal hingga merek ternama seperti Zara, Prada, Louis Vuitton, dan masih banyak lagi. Tak heran jika Nanjing Road ini juga menjadi tempat wisata belanja dunia yang sayang untuk dilewatkan oleh shopaholic.

3. Yu Garden, taman bergaya tradisional

Tempat Wisata Shanghai China - Yu Garden

Image credit: DylanXu | Canva Pro

Taman bergaya tradisional ini menampilkan keindahan arsitektur dan buaya Tiongkok yang otentik. Untuk melihat keindahan dalam suasana yang berbeda maka kamu bisa datang ke Yu Garden saat sore menikmati ukiran kayu hingga malam hari yang penuh dengan lampu warna-warni.

Dibangun pada abad ke-16, taman ini memiliki nilai sejarah panjang dan menjadi salah satu bangunan penting serta pesona wisata di tengah kota Shanghai, China. Tak hanya bangunannya, taman di sini juga didesain tradisional dengan jembatan kayu tua yang menghubungkan setiap bangunan.

Alamat: 279 Yu Yuan Lao Jie, 四牌楼 Huangpu, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 08.30-17.00

4. EPSON teamLab Borderless Shanghai yang menakjubkan

Tempat Wisata Shanghai China - EPSON teamLab Borderless Shanghai

Image credit: teamLab

EPSON teamLab Borderless Shanghai merupakan pameran seni digital yang menggabungkan teknologi, seni, caya, warna, dan kreatifitas yang benar-benar menakjubkan. Pameran dari teamLab yang telah dibuka di berbagai kota dunia, kamu dapat merasakannya di Shanghai, China. Setiap ruangan menggunakan proyeksi tinggi dan sensor canggih sehingga menghasilkan karya seni interaktif.

Alamat: Unit C-2 No 100, Hua Yuan Gang Road, Huangpu, Shanghai, China
Jam buka: 
10.30-18.00 (Senin-Jumat), 10.30-20.00 (Sabtu-Minggu)

5. Wukang Road, jalanan paling instagramable

Tempat Wisata Shanghai China - Wukang Road

Image credit: Calvin Wong | Unsplash

Berada di Distrik Xuhui, Wukang Road menjadi salah satu jalanan favorit wisatawan karena keindahan arsitektur bangunan di sekelilingnya yang indah. Bangunan-bangunan tua bergaya Spanyol dan Prancis menjadi daya tarik tersendiri yang layak kamu abadikan dalam sebuah foto. Kini jalann ini telah diakui sebagai Jalan Sejarah dan Budaya Nasional China.

6. Oriental Pearl Tower, menara paling ikonik di Shanghai

Tempat Wisata Shanghai China - Oriental Pearl Tower

Image credit: Alexis Ibarra | Canva Pro

Tak lengkap liburan ke Shanghai tanpa pergi melihat kecantikan Oriental Pearl Tower. Menara yang memiliki bentuk bulat seperti mutiara di tengahnya ini merupakan menara stasiun TV yang juga menjadi salah satu bangunan paling ikonik di kota ini. Menara ini menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan di Shanghai, China.

Kamu bisa memasuki menara yang memiliki ketinggian 468 meter ini dan naik untuk melihat pemndangan kota dari ketinggian. Di dalam menara futuristik ini kamu bisa berkeliling mngunjungi obeservasi dek, Space Capsule bertema luar angkasa, Shanghai History Museum, dan panggung pertunjukan kebudayaan.

Alamat: 1 Shiji Blvd, Lujiazui, Pudong, Shanghai, China

7. Yuyuan Old Street, jalanan tua favorit wisatawan

Tempat Wisata Shanghai China - Yuyuan Old Street

Image credit: wreindl | Pixabay (kiri), Yiran Ding | Unsplash (kanan)

Dibangun pada tahun 1907, Yuyuan Old Street menjadi tempat wisata yang menampilkan banguanan tradisional dan budaya di Shanghai, China. Kamu akan diajak untuk menyusuri sepanjang jalan yang kanan kirinya adalah bangunan tradisional yang masih kokoh berdiri. Jalnan ini dipenuhi berbagai butik, toko perhiasan, hingga restoran yang punya menu menarik.

Alamat: Yuyuanxin Rd, Huangpu, Shanghai, China

8. Shanghai Ocean Aquarium, dunia bawah laut yang indah

Tempat Wisata Shanghai China - Shanghai Ocean Aquarium

Image credit: Andrey X. | Canva Pro

Bagi penggemar kehidupan bawah laut maka kunjungi Shanghai Ocean Aquarium yang merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia. DIbuka pada tahun 2002, akuarium ini berisi lebih dari 10.000 hewan laut dari seluruh dunia. Jelajahi dunia bawah laut dengan melintasi terowongan sepanjang 168 meter yang edukatif dan seru untuk semua umur.

Alamat: No.1388 Lujiazui Ring Road, Pudong New Area, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 09.00-18.00

9. Shanghai Wild Animal Park, kebun binatang favorit keluarga

Tempat Wisata Shanghai China - Shanghai Wild Animal Park

Image credit: Taha | Unsplash

Tak hanya hewan-hewan laut, kamu juga bisa melihat berbagai hewan eksotis dan liar di Shanghai Wild Animal Park. Kebun binatang ini dibuat seperti habitat asli para hewan sehingga mereka tetap dapat hidup dengan baik. Kamu bersama si kecil dapat melihat sekaligus berinteraksi langsung dengan burung hingga jerapah.

Alamat: 178 Nanliu Hwy, Pudong, China
Jam buka: 
Setiap hari, 09.00-17.00

10. The Bund, tempat bersantai untuk melepas lelah

Tempat Wisata Shanghai China - The Bund

Image credit: tobiasjo | Canva Pro

The Bund atau juga dikenal Waitan merupakan tempat wisata berupa dermaga di sepanjang Sungai Huangpu yang selalu ramai dikunjungi warga lokal hingga wisatawan di pusat kota Shanghai, China. Perpaduan bangunan lama dan modern menjadi daya tarik yang sayang untuk dilewatkan.

Di sepanjang hari mulai dari pagi, sore saat sunset, hingga malam hari penuh lampu menampilkan pemandangan kota yang cantik. Kamu bisa duduk sejenak beristirahat di tengah perjalanan panjang keliling kota dan lihatlah banyak boat yang berkeliling sungai.

Alamat: Zhongshan Rd (E-1), Waitan, Huangpu, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 24 jam

11. Shanghai Huangpu River Cruise, keliling kota dengan kapal

Tempat Wisata Shanghai China - Shanghai Huangpu River Cruise

Image credit: honglouwawa | Canva Pro (kiri), rabbit75_cav | Canva Pro (kanan)

Setelah menikmati perjalanan panjang di Shanghai, saatnya kamu untuk bersantai menikmati perjalanan pelayaran indah di Sungai Huangpu dengan cruise. Sepanjang perjalanan kamu akan diajak untuk melihat keindahan kota Shanghai yang penuh dengan bangunan tradisional, gedung-gedung bertingkat, dan lampu-lampu kota yang memukai.

Alamat: 153 or 291Zhongshan Dong Er Lu (Zhongshan East2nd Rd), Shanghai, China

12. Museum of Art Pudong, museum seni kontemporer yang indah

Tempat Wisata Shanghai China - Museum of Art Pudong

Image credit: Museum of Art Pudong

Museum of Art Pudong menjadi tempat wisata favorit para pecinta seni ketika liburan di Shanghai, China. Museum memiliki koleksi seni kontemporer dari para seniman lokal dan internasional. Kamu akan dibuat takjub dengan kreatifitas tingkat tinggi dari berbagai karya seni berupa lukisan, patung, hingga instalasi.

Alamat: 2789, Pudong, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 10.00-21.00

13. Shanghai Tower, melihat pemandangan kota dari ketinggian

Tempat Wisata Shanghai China - Shanghai Tower

Image credit: zoom-zoom | Canva Pro (kiri), dk1234 | Canva Pro (kanan)

Jika kamu ingin melihat keindahan kota Shanghai secara keseluruhan 360 derajat maka datanglah ke Observation Deck di Shanghai Tower. Kecantikan kota akan membuatmu terpukau dari gedung yang memiliki tinggi 632 meter dan menjadikannya salah satu gedung tertinggi di dunia. Tak hanya kecepatan liftnya juga termasuk salah satu yang tercepat di dunia.

Alamat: 501 Yincheng Rd (M), Lujiazui, Pudong, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 08.30-21.30

14. Shanghai Museum, tempat melihat barang-barang kuno

Tempat Wisata Shanghai China - Shanghai Museum

Image credit: manx_in_the_world | Canva Pro

Dibuka pada tahun 1952, Shanghai Museum menjadi tempat wisata tujuanmu selanjutnya di China. Di sini kamu akan melihat lebih dari 120 ribu objek mulai dari benda-benda langka, lukisan, keramik, hingga kaligrafi China kuno yang memanjakan para pecinta seni. Tidak heran jika museum ini menjadi salah satu museum dengan dengan koleksi terbaik di China.

Alamat: 201 Renmin Ave, People's Square, Huangpu, China
Jam buka: 
Setiap hari, 09.00-17.00

15. Tianzifang, surga toko dan restoran bergaya tradisional

Tempat Wisata Shanghai China - Tianzifang

Image credit: cyoginan | Canva Pro

Dulunya merupakan pemukiman tradisional, kini Tianzifang telah direnovasi menjadi tempat wisata seni dan kerajinan yang selalu ramai dikunjungi oleh wistawan saat liburan di Shanghai, China. Di sini kamu bisa berjalan-jalan lalu mampir ke butik, bar, dan restoran untuk wisata kuliner.

Alamat: 210弄 Taikang Rd, Huangpu, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 24 jam

16. Jin Mao Tower, gedung pencakar langit yang mempesona

Tempat Wisata Shanghai China - Jin Mao Tower

Image credit: Hemera Technologies | Canva Pro (kiri), Wirestock | Canva Pro (kanan)

Sebagai salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Jin Mao Tower menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Menara ini memiliki 375 meter dan 88 lantai yang puncaknya terdapat observasi dek untuk kamu melihat panormaa kota Shanghai yang luar biasa. Terdapat hotel mewah di sini yang bisa kamu pilih untuk bermalam.

Alamat: 88 Shiji Blvd, Lujiazui, Pudong, Shanghai, China
Jam buka: 
Setiap hari, 08.30-20.30

Baca juga: 11 Wisata Guilin, Alamnya Mantap dan Memikat

Kota Shanghai di China begitu banyak memiliki tempat wisata menarik. Mulai dari bangunan tradisional hingga gedung-gedung pencakar langit modern nan futuristik adalah hal yang harus kamu lihat sendiri di sini.

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru