Wisata Phuket Thailand Untuk Liburan Keluarga Seru dan Berkesan

Salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak digemari wisatawan adalah Thailand. Berbagai hal seperti makanan enak, kebudayaan yang kental dan iklim tropis yang nyaman jadi daya tarik utamanya. Bila kamu termasuk salah satu yang gemar ke Thailand atau mungkin belum pernah mengunjunginya, cobalah datang ke Phuket. Pulau ini berbatasan dengan Laut Andaman dan akan jadi destinasi yang pas bila kamu mencari liburan ala pulau tropis yang santai. Wisata Phuket yang serba cantik, lihat dulu daftarnya di TripZilla Indonesia supaya tidak ada yang terlewat!

Baca Juga: Penginapan Keren di Phuket untuk Liburan Eksotis Kamu & Keluarga

1. Monkey Hill, wisata Phuket  untuk kamu penyuka alam

Image credit: Mike's Birds | Wikimedia

Sesuai namanya , di Monkey Hill kamu dapat melihat monyet ekor panjang atau macaque yang berkeliaran bebas. Beberapa ada yang membawa anak-anaknya, jadi bersiaplah untuk melihat monyet-monyet kecil yang menggemaskan. Sebagai panduan, jangan membawa makanan atau tas yang mencolok agar tidak menarik perhatian monyet.

Image credit: Jeff Gunn | Flickr

Namun bukan hanya itu, karena titik pandang di sini populer juga karena pemandangannya yang menarik. Nikmati perjalanannya yang menanjak, hitung-hitung sekalian olahraga sambil liburan. Setibanya di atas, kamu bisa bersantai menikmati hangatnya Phuket dan lanskap kota dari atas.

Lokasi: Ratsada, Mueang Phuket District, Phuket 83000, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 - 19.00

2. Phuket Old Town, keindahan khas dari kota tua

Image credit: @anissataha

Kalau seleramu adalah bangunan-bangunan tua, Phuket juga punya lokasi yang tepat untuk dikunjungi. Phuket Old Town bakal membetot perhatianmu dengan gedung-gedung tua khas Portugis dan museum untuk dikunjungi. Tempatnya terawat sehingga nyaman untuk dilintasi pejalan kaki.

Image credit: @anissataha

Dinding-dinding bangunannya ada yang dilukis dan dijamin akan membuatmu ingin selfie terus-menerus. Setiap sudut kota tua terlihat instagramable, dan bila kakimu lelah berjalan, tinggal mampir ke salah satu kafe yang ada. Mengudap atau mau makan yang banyak, atur saja untuk mengisi energi dan berkeliling lagi.

Lokasi: Thalang Rd, Taladyai Mueang Phuket District, Phuket 83000, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

3. Phuket FantaSea, pusat hiburan yang lengkap di Phuket

Image credit: @phuketfantasea

Bila ingin mengajak keluarga atau teman-teman menikmati wisata Phuket Thailand yang serba ada, sambangi Phuket FantaSea. Memasuki kawasan hiburan ini, kamu akan disambut dengan dekorasi yang unik dan indah. Dilengkapi lampu-lampu dan ornamen yang detil untuk setiap zonanya, kamu bakal dibuat kagum dengan isinya.

Image credit: @phuketfantasea

Ada pertunjukan lengkap dengan atraksi hewan-hewan sebagai sajian utama. Saat membeli tiket, kamu bisa sekalian membeli paket untuk makan all you can eat di restorannya yang megah. Selesai menonton pertunjukan pun kamu bisa berkeliling untuk berfoto dan tentunya membeli kenang-kenangan yang khas.

Lokasi: 99, Kamala, Kathu District, Phuket 83150, Thailand
Jam Buka: Selasa, Jumat, Minggu pukul 17.30 - 23.30

4. The Big Buddha, patung Buddha raksasa yang luar biasa

Image credit: @kennotravels

Panorama di The Big Buddha akan semakin mantap jika kamu datang ketika matahari terbenam. Bayangkan syahdunya suasana saat menatap patung setinggi 45 meter ini dengan latar langit merah khas senja. Namun ketika langit cerah pun patung ini akan terlihat cantik dan bersinar. Dibuat dari marmer jade putih dari Myanmar, patung ini didirikan di puncak Gunung Nagakerd. Dari sini, kamu dapat melayangkan pandang ke Pantai Karon, kota Phuket, Kata dan Teluk Chalong. Jadi jangan lewatkan saat kamu datang ke Phuket!

Lokasi: Karon, Mueang Phuket District, Phuket 83100, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 - 18.30

5. Flying Hanuman, rasakan terbang di tengah kerimbunan hutan

Image credit: @flyinghanumanphuket

Phuket memang punya laut tapi juga ada hutan yang rimbun. Tidak sekedar bisa berjalan melintasi hutan dan menghirup kesegaran udaranya. Coba wahana seru yang ditawarkan Flying Hanuman yaitu permainan zipline.

Image credit: @flyinghanumanphuket

Memang menantang nyali, tapi kegiatan ini bisa membuat liburanmu jadi tidak terlupakan. Bahkan si kecil pun bisa ikut bermain, selama berusia minimal 4 tahun. Tersedia tiga paket yang bisa kamu pilih dengan durasi 30 menit hingga 2,5 jam. Jadi luangkan waktu yang cukup agar bisa merasakan berbagai wahananya ya!

Lokasi: 89/16, Kathu District, Phuket 83120, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 18.00

6. Dolphins Bay, wisata Phuket Thailand yang tidak jauh-jauh dari laut

Image credit: @dolphinsbayphuket_official

Lihat lumba-lumba dan anjing laut yang menggemaskan hanya di Dolphins Bay. Kamu bakal sulit menahan kegembiraan ketika melihat atraksi hewan-hewan laut yang pandai ini. Asyiknya lagi, kamu tidak hanya bisa melihat atraksi dari jauh saja lho!

Image credit: @dolphinsbayphuket_official

Kalau ingin lebih dekat, maka kamu bisa berfoto dengan lumba-lumba atau anjing lautnya. Bahkan ada pula fasilitas berenang dengan lumba-lumba. Semua aktivitas yang ditawarkan cocok untuk segala usia. Anak-anak pun bisa berpartisipasi dalam program Young Trainer, dimana kamu bisa belajar banyak hal tentang lumba-lumba hingga memberi mereka makan.

Lokasi: 33 50, Chalong, Mueang Phuket District, Phuket 83130, Thailand
Jam Buka: Selasa - Minggu, 09.00 - 18.00

7. Saphan Hin, nikmati momen jalan santai di tepi pantai

Image credit: @phuketryoko

Saphan Hin terkenal sebagai lokasi jalan-jalan santai yang menyenangkan. Atau jika ingin berolahraga, kamu juga bisa bersepeda di sini. Pemandangan yang ditawarkan adalah tepi pantai dan jalan kota yang lebar.

Image credit: @phuketryoko

Keluyuran pada siang hari, maka kamu dapat menikmati indahnya pemandangan di bawah cerahnya matahari. Membeli jajanan seperti som tam atau chao kuay yang menyegarkan bakal membuat langkahmu makin ringan. Mau keluar malam ke sini? Boleh saja, dan kamu akan menemukan pasar malam dengan banyak permainan dan jajanan khas semisal gorengan serangga.

Lokasi: Phuket Rd, Wichit, Mueang Phuket District, Phuket 83000, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

8. Siam Niramit, wisata Phuket yang bakal membuatmu terpana

Image credit: @siamniramitphuket

Di Siam Niramit, kamu dapat menikmati pertunjukan budaya Thailand yang meriah. Beragam kostum yang menarik hingga efek khusus bisa disaksikan di panggungnya. Tentu saja bukan hanya itu yang ditawarkan di sini.

Image credit: @siamniramitphuket

Kamu pun bisa mengabadikan diri di Naga Courtyard yang memiliki banyak latar foto yang unik seperti naga hingga tokoh Hanuman dan Tossakan. Selain itu, ada pula pementasan tari tradisional Thailand, dan kamu pun bisa ikut menari. Sebelum pulang, cicipi juga aneka street food khas Thailand yang dijual di seantero kompleks.

Lokasi: 55, 81 Chalermprakiat Ratchakan Thi 9 Road, Ratsada, Mueang Phuket District, Phuket 83000, Thailand
Jam Buka: Senin, Rabu - Minggu pukul 17.30 - 22.00

9. Phuket Elephant Care, wisata sambil menyayangi gajah yang jinak

Image credit: @phuketelephantcare

Bagi penyayang binatang, kunjungan ke Phuket Elephant Care wajib dilakukan. Banyak pusat penangkaran gajah di Phuket dan tempat ini hanyalah salah satunya. Datang ke sini berarti kamu turut bersumbangsih dalam pemeliharaan gajah-gajah ini.

Image credit: @phuketelephantcare

Rasakan pengalaman berbeda dengan memberi makan gajah dan membuat lukisan gajah yang bisa dibawa pulang. Bisa juga memandikan gajah hingga berkeliling hutan bersama gajah yang ada. Aktivitas ini dijamin tidak akan terlupakan deh!

Lokasi: 3/5 M.4 T.Sakhu, Thalang, Phuket 83110, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 16.00

10. Cape Panwa Viewpoint, memandanglah sejauh yang kamu suka

Image credit: @lost_with_kim

Mau menyepi dan bengong saja saat liburan? Mampir ke Cape Panwa Viewpoint akan membuatmu santai dan lepas dari hiruk pikuk. Di titik pandang ini, ada pula Menara Khao Khad yang terkenal. Buktikan bahwa pemandangan di sini memang indah dengan langsung mengunjunginya! Konon kamu bisa menyapukan pandang ke arah Phuket Selatan dan Teluk Chalong. Langit dan laut yang saling berpadu birunya akan mencerahkan pikiranmu. Mau berlama-lama di sini juga tidak masalah kok!

Lokasi: Sakdidet Road M.8 T.Wichit A.Muang Phuket, Cape Panwa, Phuket, 83000, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

11. Phuket Aquarium, melihat dunia bawah air ala Phuket

Image credit: @phuket_aquarium

Destinasi ini bisa menjadi tempat yang menyenangkan apalagi bila kamu membawa si kecil. Siapa yang tidak suka berjalan di lorong akuarium dan melihat ikan-ikan berenang di sekeliling?

Image credit: @phuket_aquarium

Menonton acara memberi makan ikan, melihat beragam informasi tentang ikan-ikan melalui layar sentuh hingga berfoto dengan latar dekorasinya akan jadi aktivitas yang menyenangkan. Kalau tidak menyelam atau snorkeling di Phuket, maka tempat ini akan memuaskan keinginanmu untuk melihat berbagai spesies ikan.

Lokasi: 51 Wichit, Mueang Phuket District, Phuket 83000, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 16.30

12. Promthep Cape, tanjung yang akan membuat mata dan hatimu adem

Image credit: @villazolitude

Kecantikan Promthep Cape sulit untuk dipungkiri. Namanya bermakna tanjungnya dewa dan pemandangan yang tersaji membuat arti nama ini terasa layak untuk disematkan. Bawa kameramu dan pakai sepatu yang nyaman untuk menjelajah ketika berada di sini.

Image credit: @villazolitude

Nilai tambah lainnya adalah lokasinya mudah diakses. Dari tempat parkir, kamu cukup sedikit berjalan kaki hingga tiba di mercusuar. Ada museum yang bisa dimasuki sebelum naik ke titik pandang dan melihat pemandangan yang mempesona. Ada pula Pantai Nai Harn dan Pulau Ko Kaew yang bisa terlihat dari sini. 

Lokasi: Rawai, Mueang Phuket District, Phuket 83100, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

13. Pantai Patong, tempatnya menikmati ombak dan bersenang-senang

Image credit: @swwweet_ling

Tidak lengkap jika datang ke Phuket tanpa langsung menikmati pantainya. Wisata Phuket yang terkenal berikutnya adalah Pantai Patong. Datang di waktu yang berbeda juga akan memberikan pengalaman lain. Pada pagi hingga siang hari, kamu bisa menikmati pantai yang tidak terlalu ramai dan laut yang tenang. Cocok untuk berfoto, membasahi kaki dengan air laut sambil bermain pasir. Namun di malam hari, pantai ini menjadi tempat hiburan yang ramai. Kamu bisa jajan atau melihat kehidupan di klub malam yang berada di sekitar pantai.

Lokasi: 190 Thawewong Rd, Pa Tong, Kathu District, Phuket 83150, Thailand
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 - 17.00

Baca Juga: 8 Tempat Makan Michelin Guide di Yaowarat Chinatown Bangkok Thailand

Mau wisata yang tenang, riuh atau penuh petualangan di Phuket? Semuanya ada, tinggal pilih mana yang cocok dengan seleramu ya!

Preview image credit: Yasin Gdu | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru