16 Wisata di Beijing, China Yang Populer dan Instagramable Untuk Kunjungan Pertamamu

Sebagai ibu kota China, Beijing selalu menjadi pintu gerbang utama para wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke Negeri Tirai Bambu. Kota Beijing, China memiliki banyak destinasi wisata menarik, kuliner lezat, dan surga belanja yang kini tengah viral di media sosial. Banyak wisatawan Indonesia yang kini tengah berbondong-bondong liburan ke China, salah satunya kota Beijing.

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Shanghai China Yang Hits dan Jadi Favorit Wisatawan Indonesia

Sebelum menjelajahi kota liannya, kamu dapat memulai petulanganmu di China melalui mengunjungi berbagai destinasi wisata di kota Beijing. Dari Tembok Besar China hingga bertemu hewan panda, inilah rekomendasi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi di Beijing.

1. Great Wall of China yang tak boleh dilewatkan

Wisata Beijing China - Great Wall of China

Image credit: zhaojiankang | Canva Pro

Great Wall atau Tembok Besar China adalah wisata yang namanya paling populer bahkan sudah mendunia. Tembok raksasa ini memiliki panjang 21.196 km sehingga sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki paling nyaman karena kamu akan diajak untuk berjalan kaki dengan waktu lama. Bagi yang ingin melihat kemegahan tembok raksasa ini tanpa ingin capek, maka kamu dapat menggunakan kereta gantung.

Alamat: Huairou District, China
Jam buka: Setiap hari, 09.00-16.30

2. Tian Tan atau Temple of Heaven yang bersejarah

Wisata Beijing China - Temple of Heaven

Image credit: rabbit75_cav | Canva Pro

Tian Tan atau dikenal juga Kuil Surga ini dibangun pada abad ke-15 Masehi oleh Dinasti Ming. Kuil ini juga dijadikan tempat Kaisar Ming dan Qing megadakan upacara penghormatan kepada dewa agar mendapatkan hasil panen yang baik. Arsitektur bangunan ini menyimbolkan hubungan antara bumi dan langit. Tian Tan menjadi salah satu wisata terpopuler di Beijing, China sehingga setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal hingga wisatawan asing.

Alamat: 1 Tiantan E Rd, Dongcheng, Beijing, China
Jam buka: Setiap hari, 06.00-20.00

3. 798 Art Zone untuk para pecinta seni dan berkumpulnya anak muda

Wisata Beijing China - 798 Art Zone

Image credit: Gigi Zhang | Unsplash

Tak hanya memiliki wisata bersejarah, kamu juga bisa menemukan spot instagramable di 798 Art Zone. Area ini merupakan jalanan dengan pabrik bekas yang telah diubah menjadi pameran seni dan berbagai kafe serta restoran. Kamu akan dibuat kagum dengan kreatifitas karya seni dan puas berfoto di berbagai spot keren.

Alamat: 2 Jiuxianqiao Rd, Chaoyang, Beijing, China

4. Beijing Zoo untuk bertemu panda yang menggemaskan

Wisata Beijing China - 798 Art Zone

Image credit: orythys | pixabay

Tak lengkap ke China jika belum bertemu dengan panda, hewan khas Negeri Tirai Bambu ini. Di Beijing Zoo kamu bisa melihat gemasnya panda berukuran besar yang sedang sibuk memakan bambu. Tak hanya itu, ada pula hewan lainnya seperti beruang putih, macan, burung, dan lainnya yang seru dikunjungi bersama keluarga sebagai wisata edukasi di Beijing, China.

Alamat: Xicheng District, Beijing, China
Jam buka: Setiap hari, 07.30-18.00

5. Forbidden City, komplek istana terluas di dunia

Wisata Beijing China - Forbidden City

Image credit: rabbit75_cav | Canva Pro

Forbidden City merupakan sebuah komplek istana kekaisaran Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Meski memiliki arti Kota Terlarang karena pada masa itu hanya orang-orang yang mengantongi izin dari kekaisaran saja yang boleh masuk ke dalam kota ini.

Di sini kamu akan melihat bangunan yang dulunya juga digunakan sebagai kediaman kaisar dan pusat pemerintahan China. Setiap musimnya berhasil menawarkan pemandangan indah di area komplek seperti daun-daun berwarna kuning saat musim gugur tiba.

Alamat: 4 Jingshan Front St, Dongcheng, Beijing, China
Jam buka: Selasa sampai Minggu, 08.30-16.30

6. Wangfujing Street, tempat untuk belanja oleh-oleh

Wisata Beijing China - Wangfujing Street

Image credit: Pavliha | Canva Pro

Jalanan ini adalah destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner dan shopaholic ketika berlibur ke Beijing, China. Buka dari pagi hingga malam, menghabiskan hari di sini akan terasa cepat karena kamu akan dibuat kalap belanja berbagai barang murah untuk oleh-oleh dan mencicipi berbagai kuliner khas dengan harga miring. Disarankan membawa uang tunai yang akan kamu habiskan untuk berbelanja di sini agar kamu tak perlu repot mencari ATM jika kehabisan uang tunai.

Alamat: Dongcheng District, Beijing, China
Jam buka: Setiap hari, 09.00-22.00

7. Donghuamen Night Market, surganya kuliner murah

Wisata Beijing China - Donghuamen Night Market

Image credit: Ababsolutum | Canva Pro

Para pecinta kuliner tak boleh melewatkan surga jajanan di Donghuamen Night Market. Sepanjang jalan panjang ini kamu akan dibuat bingung untuk memilih kuliner mana saja yang harus kamu coba karena semua disajikan begitu menarik dan semerbak bau harumnya. Bagi pemberani maka kamu harus menantang dirimu untuk memakan sate kalajengking hingga jangkrik.

Alamat: Dongcheng District, Beijing, China
Jam buka: Setiap hari, 17-21.00

8. National Museum of China yang masuk dalam salah satu museum terbesar di dunia

Wisata Beijing China - National Museum of China

Image credit: Shuaizhi Tian | Pexels

Mari pelajari sejarah dengan cara yang menyenangkan di National Museum of China. Museum ini menjadi wisata edukasi yang menampilkan seni dan sejarah Tiongkok. Terdapat lebih dari 1 juta artefak yang disimpan di sini dan museum ini diakui sebagai salah satu yang terbesar di dunia.

Alamat: 16 E Chang'an St, 前门 Dongcheng, Beijing, China

9. Confucius Temple and Imperial College Museum yang punya taman cantik

Wisata Beijing China - Confucius Temple and Imperial College Museum

Image credit: telnyawka | Canva Pro

Saat musim semi, gugur, hingga salju turun membuat Confucius Temple and Imperial College Museum menjadi lebih cantik. Kuil ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional untuk melihat keindahan bangunan kuil dan tamannya. Tak hanya itu, ada pula museum yang menampilkan sejarah sistem pendidikan China kuno.

Alamat: 15 Guozijian St, Dongcheng, Beijing,China

10. Beijing Botanical Garden untuk bersantai menikmati hari

Wisata Beijing China - Beijing Botanical Garden

Image credit: Enrico01 | Canva Pro

Cara lain untuk menikmati keindahan kota Beijing adalah berjalan-jalan santai di Beijing Botanical Garden. Taman ini memiliki sekitar 1,5 juta tanaman yang beragam dan penuh warna. Menariknya masih di area taman pula terdapat kuburan seorang filsuf dan jurnalis di masa Dinasti Qinng bernama Liang Qichao.

Alamat: Haidian District, Beijing, China

11. Jingshan Park, destinasi sejarah yang menakjubkan

Wisata Beijing China - Jingshan Park

Image credit: Sanga Park | Canva Pro

Jingshan Park atau Taman Jingshan adalah wisata selanjutnya yang harus kamu kunjungi Beijing, China. Taman ini memiliki luas 23 hektar dan lima puncak bukit yang setiap bukitnya terdapat sebuah paviliun. Kamu dapat berjalan-jalan santai dan mengambil foto untuk menangkap keindahan arsitektur tradisional China yang masih berdiri kokoh.

Alamat: 44 Jingshan W St, 景山 Xicheng District, Beijing, China
Jam buka: Setiap hari, 06.30-19.00

12. Tiananmen Square, salah satu bangunan penting di China

Wisata Beijing China - Tiananmen Square

Image credit: bjdlzx | Canva Pro

Berada di luar pintu selatan Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing, Tiananmen Square menjadi salah satu bangunan penting dan bersejarah di China. Setiap pagi upacara pengibaran bendera diadakan. Di malam hari lampu-lampu akan dinyalakan membuat suasana lapangan ini menjadi lebih syahdu.

Alamat: Dongcheng, Beijing, China

13. Lama Temple yang masih aktif digunakan untuk beribadah

Wisata Beijing China - Lama Temple

Image credit: Sanga Park | Canva Pro

Berada di pusat kota Beijing, Lama Temple merupakan kuil Buddha Tibet yang masih aktif digunakan beribadah. Kuil ini memiliki taman yang asik duduk-duduk santai menikmati angin sepoi-sepoi. Di akhir pekan kuil akan semakin ramai dikunjungi oleh umat Buddha yang datang untuk beribadah.

Alamat: 2 Yonghegong Ave, Dongcheng, Beijing, China
Jam buka: Setiap hari, 09.00-17.00

14. Beijing Olympic Park atau Olympic Green, tempat diseelnggarakannya Olimpiade

Wisata Beijing China - Beijing Olympic Park

Image credit: FRFOTO | Pexels

Setelah seharian berjalan-jalan ke tempat bersejarah, beristirahatlah sejenak sambil melihat kemegahan stadion Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing Olympic Park. Stadion ini menjadi saksi betapa indahnya pembukaan Olimpiade 20008 yang membuat mata dunia terpukau. Ajaklah keluarga dan sahabat untuk berjalan-jalan atau piknik di sini.

Alamat: Chaoyang, Beijing, China

15. Yihe Yuan atau Summer Palace yang asik untuk bersantai dengan perahu

Wisata Beijing China - Summer Palace

Image credit: uschools | Canva Pro

Menjadi Warisan Dunia UNESCO, Yihe Yuan atau Summer Palace akan memanjakan mata dengan kuil yang menjulang tinggi, pepohonan hijau, dan Danau Kunming. Agar petualanganmu makin seru, sewalah perahu yang punya ukiran khas Tiongkok untuk berkeliling ditemani angin sepoi-sepoi.

Alamat: 19 Xinjiangongmen Rd, Haidian District, Beijing, China

16. Beijing Bell and Drum Towers untuk melihat view kota dari ketinggian

Wisata Beijing China - Beijing Bell and Drum Towers

Image credit: Leonid Andronov | Canva Pro

Destinasi wisata terakhir yang harus kamu kunjungi ketika di China adalah Beijing Bell and Drum Towers. Sesuai namanya, menara ini digunakan sebagai petunjuk waktu hingga tahun 1924. Meski kini tak lagi berbunyi, tapi kamu bisa menaiki Bell Towers untuk melihat pemandangan sekitar 360 derajat yang menakjubkan.

Baca juga: 11 Wisata Di Chengdu, Dari Yang Imut Sampai Mempesona

Rekomendasi destinasi wisata tersebut dapat menjadi panduan untuk kamu liburan di Beijing, China. Ibu kota China ini benar-benar memanjakan semua wisatawan dan semua umur. Jadi, segera rencanakan liburan ke sini.


Preview image credit: zhaojiankang | Canva Pro

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru