Tempat Makan Suan Cai Yu di Jakarta Yang Pedas Segarnya Membangkitkan Selera

Lidah penggemar rasa pedas pasti tidak asing dengan menu suan cai yu. Sup ikan kuah asin ini merupakan menu khas Tiongkok, dan rasanya juga diramaikan dengan sedikit asam yang membuat segar. Tidak heran kalau saat ini, banyak tempat yang menjual suan cai yu digemari oleh warga. Tempat makan suan cai yu di Jakarta pilihan TripZilla Indonesia ini dapat kamu coba. Atau mungkin salah satunya sudah jadi favoritmu sekarang?

Baca Juga: Kafe Serba Matcha Di Jakarta Untuk Rasa Yang Bikin Hati Tenang

1. Suji Suan Cai Yu, legendanya tempat makan suan cai yu

Image credit: @suji.suancaiyu

Bisa dibilang kepopuleran suan cai yu merebak setelah kehadiran restoran Suji Suan Cai Yu. Saat ini cabangnya berada di Jakarta, Batam, Bandung hingga Surabaya. Harganya tidak murah namun kamu bisa merasakan otentiknya rasa perpaduan ikan, sayur asin dan mala yang pedasnya menyengat.

Image credit: @suji.suancaiyu

Bila kamu tidak bisa makan banyak, tersedia juga menu suan cai yu ukuran kecil untuk disantap sendirian. Sebagai pendamping, kamu dapat memilih salted egg corn yang gurih renyah atau bubur seafood kolagen yang hangat dan lembut.

Lokasi dan Jam Buka:
Central Park Mall: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
Hublife Jakarta: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
One Satrio: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
Senayan City: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
PIK: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
Pacific Place Mall: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB

2. Hidangan khas Sichuan yang menerbitkan liur di Sichuan Palace

Image credit: @sichuanpalace.id

Suan cai yu merupakan hidangan khas provinsi Sichuan, jadi kamu bisa menuju ke Sichuan Palace kalau ingin menikmatinya. Menu suan cai yu dengan ikan yang sudah digoreng terlebih dulu bakal menambah kekayaan rasanya. Sebagai catatan, tempat ini menyajikan menu nonhalal ya.

Image credit: @sichuanpalace.id

Ikan goreng mala ala Chongqing menjadi menu lain yang bakal membakar lidahmu. Untuk sensasi yang berbeda, cicipi hidangan dingin lidah, babat dan sengkel sapi ala Sichuan yang tidak kalah pedasnya.

Lokasi dan Jam Buka:
Ruko TUC, Apartment Mediterania Gajahmada, Jl. Gajah Mada No.174 15-16, Jakarta Pusat: Setiap hari, 11.00 WIB - 22.00 WIB
JI. Marina Cordoba No.19 Blok F, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara: Setiap hari, 11.00 WIB - 22.00 WIB

3. Restoran Ikan Chi Yu Ba, suan cai yu yang nikmat di lidah dan kantong

Image credit: @restoranikan.chiyuba.id

Mau makan suan cai yu tapi dompet sedang tipis? Datang saja ke Restoran Ikan Chi Yu Ba yang kesegaran rasanya tetap bisa kamu rasakan ketika cekak. Harga menunya terjangkau tapi tetap enak lho!

Image credit: @restoranikan.chiyuba.id

Ada dua pilihan ikan yaitu gurame dan kerapu dengan pilihan kuah seperti original suan cai yu, laotan suan cai yu dan masih banyak lagi. Bila datang beramai-ramai, kamu pasti ingin memesan menu lainnya seperti ikan bakar kari atau daging sapi dengan kuah tomat. Tutup dengan seporsi es sarang burung yang penuh nutrisi.

Lokasi dan Jam Buka:
Jl. Green Ville No.5 Blok A, RT.3/RW.9, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Jakarta Barat: Setiap hari, 10.00 WIB - 23.00 WIB
Jalan Boulevard Raya FW1 No.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara:  Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard No.25, RT.1/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara: Setiap hari, 11.00 WIB - 21.00 WIB
Jl. Kemenangan III Gg. 6 No.43, Glodok, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat: Setiap hari, 11.00 WIB - 21.00 WIB

4. Ji Shi Yu, suan cai yu dengan rasa otentik di PIK

Image credit: @putri.photowork

Pantai Indah Kapuk alias PIK sudah terkenal sebagai salah satu Chinatown di Jakarta. Kamu pun dapat menemukan tempat makan suan cai yu yang rasanya asli, yaitu di Ji Shi Yu. Lokasi tepatnya ada di dalam Food Plaza PIK, selain di beberapa tempat lain di Jakarta.

Image credit: @putri.photowork

Siapkan sepiring nasi untuk menemani seporsi golden soup kerapu sayur asin yang menggoda untuk segera ditandaskan. Atau bila ingin makan yang garing, maka menu braised bullfrog rice bisa kamu coba.

Lokasi dan Jam Buka:
Kamal Muara RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara: Setiap hari, 11.00 WIB - 22.00 WIB
Jl. Pangeran Tubagus Angke No.9F, Jelambar Baru, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB
Jl. Taman Palem Lestari No.87 3, RT.3/RW.13, Cengkareng Bar., Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (non halal): Setiap hari, 11.00 WIB - 22.00 WIB

5. Jinyu Grilled Fish Hotpot, bumbu medoknya bikin sulit berhenti

Image credit: @jinyu.id

Tempat makan suan cai yu di PIK lainnya adalah Jinyu Grilled Fish Hotpot. Dikenal dengan bumbu yang kaya, menghasilkan rasa yang mantap di mulut. Disantap ketika hujan atau di malam hari, suan cai yunya akan membuatmu makin semringah.

Image credit: @jinyu.id

Selain suan cai yu, kamu pasti ingin mencoba juga menu half-half grilled fish dengan rasa mala dan bawang putih. Dalam satu penyajian, kamu bisa mendapatkan dua bumbu yang berbeda. Kalau ingin meringankan rasa dalam mulut, kunyah lychee shrimp balls sebagai menu pendampingnya.

Lokasi: Golf Island Beach Theme Park Blok E No.132, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB - 22.00 WIB

6. Tai Er, tempat makan suan cai yu hits di Kelapa Gading

Image credit: @taier.id

Warga Kelapa Gading dan sekitarnya juga bisa menikmati suan cai yu enak di Tai Er. Saat ini baru membuka satu cabang, namun tempat ini sudah jadi hits dan punya banyak penggemar. Apalagi ada menu suan cai yu yang tidak pedas dengan rasa bawang putih dan lada yang dominan.

Image credit: @taier.id

Di negara asalnya, Tai Er sudah punya ratusan cabang. Pilihan ikannya ada ikan gabus dan ikan kerapu dengan porsi untuk satu orang hingga empat orang. Untuk mencuci mulut, kamu bisa memesan mango pomelo sago yang manisnya dijamin bikin segar.

Lokasi: Jl. Boulevard Bar. Raya No.12, RT.18/RW.19, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB - 21.30 WIB

7. Mau santai-santai, datang saja ke Lancai Yu!

Image credit: @lancai_yu

Ini tempat makan suan cai yu yang betul-betul membuatmu santai. Letaknya di tepi jalan dan kamu bisa makan sambil dibelai angin semilir. Mengusung konsep street food, kamu akan menemukan menu-menu yang membuat perut nyaman di sini.

Image credit: @lancai_yu

Kedai nonhalal ini menyajikan suan cai yu dengan pilihan ikan barramundi atau gurame. Pilihan lainnya adalah nasi goreng cabe ijo, lancai pork curry noodle hingga pangsit babi bumbu mala. Nyam nyam!

Lokasi: Jl. Boulevard Raya Blok QJ1 No. 31, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB - 21.00 WIB

8. Makan suan cai yu yang terkenal di Yao Yao Sauerkraut Fish

Image credit: @yaoyaofish.indonesia

Kenapa Yao Yao Sauerkraut Fish jadi tempat makan suan cai yu di Jakarta yang terkenal? Pertama, karena di negeri tirai bambu, restoran ini sudah terkenal di mancanegara dan masuk ke dalam Michelin Guide Restaurant (Bib Gourmand). Kedua, yang membukanya di Indonesia adalah Nagita Slavina yang memang dikenal sebagai artis dan pengusaha.

Image credit: @yaoyaofish.indonesia

Tentu saja kamu perlu membuktikan apakah rasanya benar seenak itu. Pesan paket kombinasi semisal ikan sayur asin dan kodok goreng saus YAOYAO atau ikan sayur asin dan bebek peking. Mapo tofu yang warnanya menggugah selera ini juga bisa dijajal. YAOYAO cakwe XXL pun bisa jadi menu pendamping yang pas.

Lokasi dan Jam Buka:
Lippo Mall Puri: Setiap hari, 11.00 WIB - 21.00 WIB
GAFOY Kelapa Gading: Setiap hari, 11.00 WIB - 21.00 WIB

Baca Juga: Bakery Viral di Jakarta Yang Punya Menu Menarik Untuk Para Pecinta Roti

Jadi lapar nggak melihat penampilan suan cai yu ini?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru