Saka Museum Bali Masuk Daftar 100 Tempat Terindah Di Dunia 2024 Versi Majalah TIME

Museum Saka di Bali menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang masuk dalam daftar 100 Tempat Terindah di Dunia versi Majalah Time tahun 2024.

Daftar tersebut dirilis pada Kamis, 25 Juli 2025, yang menempatkan Museum Saka, yang berada di kompleks Ayana Estate Bali, Jimbaran, di antara banyak tempat tercantik di belahan dunia lainnya.

Resmi dibuka pada Maret 2024, museum ini memamerkan berbagai karya seni dan budaya masyarakat Bali sejak ratusan tahun lalu hingga saat ini. Di dalam museum berlantai dua ini, pengunjung dapat melihat peninggalan budaya Bali seperti arca, pintu istana dari tahun 1700-an dan 1800-an, kalender Bali yang terbuat dari kayu, dan naskah kuno yang ditulis di atas lontar (daun lontar).

Museum ini juga menyimpan koleksi gamelan dan alat musik lainnya, serta ruang teater yang menayangkan video tentang budaya Bali.

Museum sakaImage credit: SAKA Museum

Namun, yang menjadi daya tarik museum ini adalah 10 ogoh-ogoh berukuran besar, yaitu arca yang biasa digunakan oleh masyarakat Bali saat Hari Raya Nyepi. Patung-patung ini menggambarkan roh mitologis yang diarak di jalanan oleh penduduk setempat sehari sebelum Nyepi. Ogoh-ogoh ini memadukan tradisi dengan teknologi sehingga dapat digerakkan seperti robot.

Daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Bali menampilkan 50 destinasi dan 50 hotel, berbeda dari format tahun lalu yang hanya berisi 50 kota besar.

"Tren dalam industri wisata sering kali mencerminkan sifat manusia: apa yang kita dambakan bersama saat kita melepaskan diri dari tekanan dan tanggung jawab kehidupan sehari-hari," tulis editor majalah tersebut tentang daftar tersebut.

"Daftar tahun lalu menampilkan 50 kota, tetapi tahun ini kami memutuskan untuk membahasnya lebih dalam - dan lebih khusus lagi, ke tempat-tempat yang menonjol di bidangnya dan dunia."

Daftar ini disusun dengan dukungan New Murraba, suatu pengembang real estat serba guna di Arab Saudi.

Hotel atau akomodasi di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut adalah Bambu Indah di Ubud, Bali. Bambu Indah adalah hotel butik yang arsitekturnya memadukan bambu inovatif dengan praktik modern dan berkelanjutan dalam suasana mewah.

Baca juga: 15 Wisata Nusa Dua Yang Bakal Mengejutkanmu

Selalu ada hal atau sesuatu yang bikin bangga masyarakat Indonesia, ya!

Preview image credit: SAKA Museum

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru