Mendaki Gunung di Maluku, Cek Sederet Gunungnya Yang Mengesankan

Mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan. Kegiatan ini butuh persiapan matang namun sekali kamu sudah mencobanya, kamu bakal dibuat ketagihan. Trek yang beragam dan pemandangan menarik di puncak gunung jadi hal yang dicari ketika mendaki gunung. Indonesia sendiri adalah rumah dari sederet gunung menakjubkan dan salah satu lokasi yang naik daun adalah Maluku. Kepulauan Maluku memiliki gunung-gunung dengan karakter berbeda untuk didaki. Inilah daftar gunung di Maluku rekomendasi TripZilla Indonesia, mendaki ke sini yuk!

Baca Juga: Pantai Ora Jadi Salah Satu Pantai Terbaik Di Dunia

1. Mau mengetes kekuatan kaki, datanglah ke Gunung Binaiya

Image credit: @pendakikusam

Gunung Binaiya, namanya bisa membuat penasaran para penggemar mendaki gunung. Gunung ini pas untuk pendaki berpengalaman karena cukup sulit. Trek yang menantang melewati hutan lebat yang menghalangi sinar matahari, sungai berarus deras hingga hutan rawa bakal menjadi tantangan sepanjang pendakian. Belum lagi titik mulainya dari nol mdpl menuju puncak 3,027 mdpl yang bakal menguras tenagamu. Tidak heran jika pendakian yang durasinya bisa mencapai 11 hari ini populer dan menjadi impian bagi sebagian besar pendaki kawakan.  

2. Mendaki gunung diganjar kawah berapi di Gunung Dukono

Image credit: @gunung_merapi_dukono

Asap tebal membumbung tinggi jadi pemandangan yang hanya ada di Gunung Dukono. Gunung yang memang cukup aktif meletup ini cocok untuk para petualang yang menyukai suasana ekstrim. Berketinggian 1,087 mdpl memang membuat gunung ini terlihat tidak terlalu menjulang, namun kawah-kawah yang ada jadi sajian luar biasa bagi para pendaki. Mendengar suara dentuman di sekelilingmu, dimana lagi ada yang seperti ini? Sebagai tambahan, tentunya panorama cantik dari pantai di Tobelo, Gunung Mamuya, Gunung Dilekene, Gunung Gogodom dan Gunung Bale-Bale akan memuaskan matamu saat berjalan ke puncak.

3. Menatap keindahan yang viral dari Gunung Gamkonora

Image credit: @nesi_aureole

Kamu pasti pernah mendengar nama Gunung Gamkonora. Viral di Tiktok karena keindahannya, harus diakui gunung ini memang bikin penasaran. Gunung setinggi 1,635 mdpl ini merupakan atap dari Pulau Halmahera dan treknya menyenangkan untuk dilalui. Area yang paling terkenal adalah lembah berbentuk huruf U yang di musim hujan digenangi air sehingga terlihat seperti danau. Jalur pendakiannya bersahabat dan membuatmu dapat mencapai puncak dalam waktu sekitar 5 jam. Setibanya di puncak, layangkan pandangmu ke Gunung Ibu, Gunung Dukono, Gunung Kie Matubu, Gunung Gamalama dan Gunung Makian yang ada di sekeliling.

4. Mendaki puncak tertinggi di Ambon, Gunung Salahutu

Image credit: @jm77___

Datang ke Maluku, jangan lupa mampir ke kota Ambon. Di Ambon, berdiri Gunung Salahutu yang menggoda untuk dijelajahi. Mendaki menuju ketinggian 1,086 mdpl tidak akan terasa berat karena kamu bakal diganjar lanskap pantai Ambon yang luar biasa. Jalur pendakiannya dimulai dari titik yang rendah sehingga meski tidak terlalu tinggi, butuh waktu sekitar 5 jam untuk tiba di puncaknya. Siapkan juga fisikmu karena gunung ini kecil-kecil cabe rawit. Jalur curam dan berlumpur akan jadi santapan pendaki, bahkan kamu mungkin perlu melepas sepatu di beberapa titik. Mantap!

5. Mendaki gunung dengan medan bebatuan di Gunung Gamalama

Image credit: @satyawinnie

Berasal dari kata kie gam lamo yang bermakna negeri yang besar, Gunung Gamalama menjadi destinasi favorit para pendaki. Gunung setinggi 1,715 meter ini punya dua jalur pendakian yang berbeda karakter. Bagi kamu yang ingin mendaki dengan lebih nyaman, cobalah Jalur Moya yang melewati perkebunan penduduk. Keharuman dari tumbuhan pala, kayu manis, cengkeh dan durian akan menghibur indera penciuman. Sebagai info, Gunung Gamalama dianggap suci sehingga ada tempat dengan pantangan tertentu yang perlu diikuti.    

6. Menjelajah keindahan dari Tidore lewat pendakian Gunung Marijang

Image credit: @satyawinnie

Puncak Kie Matubu merupakan titik tertinggi dari Gunung Marijang. Berada di puncak ini akan membuatmu terpana dengan bentangan alam yang indah. Gugusan pulau-pulau akan terlihat bak lukisan dan kamu bisa menatap Pulau Hiri, Pulau Maitara, Marea, Kayoan dan Ternate. Disebut juga sebagai Gunung Tidore, medan menuju puncaknya menantang. Penuh tanjakan curam dan vegetasi yang rapat. Bila kamu memang mencari petualangan dengan bonus pemandangan luar biasa, di sinilah tempatnya!

7. Gunung Sirimau, mendaki gunung sekaligus jalan-jalan santai

Image credit: @katrin.sw

Gunung Sirimau yang setinggi 950 meter ini dekat dengan desa yang juga menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Namanya adalah Desa Soya dan penuh dengan kebun buah, cengkeh serta pala. Jalur pendakian gunung ini cukup nyaman dan pemandangan di puncaknya pun indah. Kamu akan disuguhi Teluk Ambon, kota Ambon dari ketinggian hingga Jembatan Merah Putih. Gunung ini cocok untuk kamu yang baru mulai mendaki dan kebetulan sedang berlibur di Maluku. Siapa tahu setelahnya kamu ketagihan ingin mencicipi gunung lainnya!

Baca Juga: Wisata Banda Neira, Surga Di Timur Indonesia Yang Harus Dijelajahi

Gunung-gunung di Maluku menarik untuk dikunjungi bukan? Sebelum mencoba mendaki, pastikan kamu telah menyiapkan stamina dan memilih gunung yang sesuai dengan kemampuanmu ya!

Preview image credit: Arief Hidayat | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru