Perpustakaan di Jakarta Yang Nyaman dan Asik Untuk Para Pecinta Buku

Main ke perpustakaan bisa jadi ide hangout yang seru dan baru untuk kamu menghabiskan hari di Jakarta. Apalagi kini makin banyak perpustakaan baru di Jakarta milik swasta yang memiliki bangunan unik, nyaman, dan dibuka untuk umum.

Baca juga: Book Cafe di Jakarta Yang Asik Untuk Menghabiskan Akhir Pekan Oleh Pecinta Buku

Bentuk bangunan perpustakaan juga beragam mulai dari bangunan pada umumnya hingga berada di dalam komplek rumah. Bagi para pecinta buku, maka tak ada salahnya untuk memasukkan daftar perpustakaan di Jakarta ini untuk menikmati lembar demi lembar buku.

1. Perpustakaan Jakarta

Perpustakaan Jakarta

Image credit: @diasmaulana

Sudah tahu kalau Perpustakaan Jakarta punya wajah baru yang lebih asik untuk baca buku? Interior yang didominasi dengan kayu yang hangat ini memberi kesan nyaman untuk kamu yang butuh ruang mencari keheningan saat menghabiskan lembar demi lembar buku.

Perpustakaan Jakarta ini berada di Taman Ismail Marzuki tepatnya di lantai 3. sedangkan untuk koleksi buku ada di lantai 4, 5, dan 6. Spot yang menarik perhatian adalah ruang baca bertingkat di samping tangga.

Alamat: Lantai 3 Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No.73, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: 
Setiap hari, 09.00-17.00

2. OMAH Library

Perpustakaan Jakarta

Image credit:

Bagi pecinta buku harus tahu hidden gem perpustakaan yang satu ini. Bernama OMAH Library yang merupakan singkatan dari On Meeting Architecture Hub, perpustakaan ini dimiliki oleh arsitek Realrich Sjarief dari RAW Architecture. Tak heran jika setiap sudut perpustakaan ini sangat keren. Nuansa tenang dan adem begitu terasa yang bikin kamu nyaman menghabiskan waktu dari setiap halaman buku yang kamu baca.

Alamat: Taman Villa Meruya Blok F2/15-16, Karang Mulya, Kec. Kembangan, Jakarta Barat
Jam buka: 
Setiap hari, 10.00-21.00

3. Perpustakaan Guha Boboto

Perpustakaan Jakarta

Image credit: @guhaboboto

Mungkin kamu tak percaya kalau perpustakaan ini berada di dalam sebuah komplek. Lokasinya yang hidden gem, Perpustakaan Guha Boboto baru saja dibuka pada awal Juli lalu dan langsung berhasil menarik perhatian. Untuk koleksinya ada banyak buku tentang arsitektur yang bisa kamu baca dan beli.

Setiap Sabtu dan Minggu di sesi 2 mereka akan mengadakan program Experiencing Guha Boboto untuk para pengunjung yang ingin mengethaui lebih jauh tentang arsitektur perpustakaan ini dan pendaftaran dilakukan secara online.

Alamat: Jl. Penyelesaian Tomang III Jl. Kav. DKI No.16 blok 30, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakarta Barat
Jam buka: 
Setiap hari, 10.15-12.15 (sesi 1), 13.30-15.30 (sesi 2), 16.00-18.00 (sesi 3)

4. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Perpustakaan Jakarta

Image credit: @wibisono.ari

Berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, perpustakaan ini berada di ruang terbuka hijau yang belum lama dibuka. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini menjadi sarana ruang bermain, membaca, dan kegiatan literasi lainnya yang asik untuk semua. Semakin meriah, beberapa musisi ternama juga menggelar pertunjukan di sini ketika sore dan malam hari.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari, 07.00-22.00

5. Erasmus Huis

Perpustakaan dengan interior dominasi warna putih dan coklat ini memiliki sekitar 15 ribu koleksi buku dan majalah. Menariknya sebagian besar buku-buku di sini adalah literatur Belanda. Namun untuk buku lainnya seperti sejarah, seni, hingga budaya juga dengan mudah kamu baca di sini. Selain berbahasa Belanda, buku-buku di sini juga berbahasa Indonesia dan Inggris.

Alamat: Erasmus Huis Lt. 2, Jl. H. R. Rasuna Said No.3, Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam buka: 
Selasa-Sabtu, 10.00-16.00

Baca juga: Perpustakaan Jakarta, Tempat Chill Di Ibu Kota Yang Wajib Kamu Kunjungi

Jadi, sudahkah kamu mulai membuat rencana menghabiskan hari liburmu dengan membaca buku di berbagai perpustakaan di Jakarta ini?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru