Kafe Surakarta Untuk Menambah Asyik Wisata Kulinermu

Kota Surakarta yang kerap dikenal juga sebagai Solo, merupakan kota dengan pemandangan yang indah. Ada Gunung Lawu dan Gunung Merapi yang megah dan bisa kamu lihat ketika berkunjung ke Surakarta. Berkunjung ke Surakarta tidak bisa hanya sebentar karena banyaknya hal yang bisa kamu nikmati. Untuk mengisi waktu pun, Surakarta punya banyak kafe yang bisa dikunjungi. TripZilla Indonesia merekomendasikan pilihan kafe Surakarta yang asyik untuk melewatkan waktu ketika kamu berada di kota ini. Baca di sini ya!

Baca Juga: Restoran Sunda di Cianjur Yang Sedapnya Mantap

1. Mencicipi banyak menu sepanjang hari di Catniphora Cafe

Image credit: @catniphoracafe

Meski bernama mirip, namun Catniphora Cafe ini tidak memiliki kucing di dalamnya. Meski demikian, jangan urung untuk datang karena ada banyak hidangan menarik di sini.

Image credit: @catniphoracafe

Coba pilihan pizzanya yang menggoda dengan nama-nama unik seperti I Am Your Father atau We Found Wonderland. Atau kamu lebih tertarik dengan Big Reputation Burger hingga hidangan penutup strawberry toast. Mau yang mana?

Lokasi: Jl. Depok No. 1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB

2. Kayu Manis Coffee & Steak, kafe Surakarta dengan kesan jadul yang keren

Image credit: @kayumaniscoffee

Masuk ke Kayu Manis Coffee & Steak akan terasa seperti masuk ke rumah kakek nenekmu. Desain bernuansa jadul dan berbagai ornamennya menambah kesan retro yang keren di mata. Ada beragam permainan juga untuk si kecil lho!

Image credit: @kayumaniscoffee

Menu yang ada juga pas untuk semua kalangan. Tersedia berbagai pilihan kopi tapi buat kamu yang tidak ingin ngopi, ada chocolate brulee atau mocktail Cakrawala. Grilled chicken rendang dan lamb chop steak hanyalah sedikit dari banyak menu khas mancanegara yang akan memanjakan lidahmu.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 158, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 23.00 WIB

3. Natahati Coffee & Eatery, kafe estetik tempatmu menata hati

Image credit: @natahatikopi

Didominasi dengan nuansa kayu, Natahati Coffee & Eatery terasa nyaman dan tetap estetik. Kamu bisa duduk di samping jendela kacanya untuk ngopi cantik sambil menikmati cuaca cerah di Surakarta.

Image credit: @natahatikopi

Berkunjung ke kafe ini bisa dimulai sejak pagi, sebab tersedia menu sarapan yang nikmat. Namun tidak hanya croissant atau waffle yang bisa kamu temukan di sini. Ada juga nasi bakar spesial dan es asam jawa yang menyegarkan.

Lokasi: Jl. Punggawan No. 6, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Minggu - Kamis pukul 08.00 WIB - 22.00 WIB, Jumat - Sabtu pukul 08.00 WIB - 23.00 WIB

4. Kafe Surakarta untuk kamu yang cinta buku, Cafe Bukuku Lawas

Image credit: @cafe_bukuku_lawas

Cafe Bukuku Lawas bakal membuat pencinta buku kalap. Di sini, kamu bisa membaca buku gratis dan ada obral buku setiap hari. Kombinasi aroma kopi yang harum dengan rak-rak buku yang tinggi bakal membuatmu langsung merasa rileks. 

Image credit: @cafe_bukuku_lawas

Serunya lagi, makanan dan minumannya dijual dengan harga terjangkau. Bahkan ada program happy hour ketika harga menu jadi lebih murah. Menyeruput latte atau menyantap spaghetti akan membuatmu makin betah berlama-lama.

Lokasi: Jl. Guruh No.26, RT. 01, Ngasinan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 15.00 WIB - 24.00 WIB

5. Pixel Coffee & Kitchen, kafe nyaman di tengah perumahan kota

Image credit: @cafebyastery

Bila dibilang suasananya rumahan, memang benar, karena kafe ini terletak di dalam perumahan. Tidak hanya itu, rimbunnya tanaman menambah nyamannya kamu saat berada di sini.

Image credit: @cafebyastery

Datang pada sore hari untuk menyantap roti bakar atau pisang bakar akan jadi aktivitas yang sederhana namun menyenangkan. Segelas kopi yang dinikmati di tengah Surakarta pun bakal terasa berbeda lho!

Lokasi: Jl. Satrio Wibowo No.35, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 23.00 WIB

6. Kopine Tjap Nyah Lemu, hanyut dalam suasana nostalgia yang unik

Image credit: @nyahlemu

Kopine Tjap Nyah Lemu memiliki desain khas peranakan yang juga bernuansa jaman dulu. Ditambah dengan kombinasi warna cerah, bersantap di kafe ini dijamin akan mencerahkan harimu juga.

Image credit: @nyahlemu

Menu yang ditawarkan pun banyak yang merupakan perpaduan dengan menu khas mancanegara. Salah satunya adalah galantin. Selain itu ada pula aneka pastry, kopi hingga bubur ayam dan nasi goreng.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.20, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB - 20.00 WIB

7. Bisa mendapatkan lebih dari pengalaman ngopi di Kooken Cafe & Resto

Image credit: @kookencafe

Dekat dengan Kampung Batik Kauman, Kooken Cafe & Resto akan mencuri perhatianmu karena bangunannya yang cantik. Bergaya campuran Jawa dan Eropa, kafe ini masih menjadi bagian dari Batik Gunasti dan Studio Jahit Sabrina. Di sini, kamu juga bisa melihat koleksi batik tulis dan menambah wawasan tentang batik lho!

Image credit: @kookencafe

Dulunya, bangunan kafe ini adalah rumah pimpinan Muhammadiyah pertama di kota Solo yaitu Muhtar Bukhori. Saat ini, kamu bisa mampir dan menikmati minuman Coffeeditty atau menyantap beragam menu nasinya.

Lokasi: Jl. Wijaya Kusuma No.30, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB - 20.00 WIB

8. Kafe Surakarta kekinian yang bikin gemas, Queen Charlotte Cafe

Image credit: @queencharlottecafe

Didominasi warna kuning, Queen Charlotte Cafe akan langsung mencerahkan pandanganmu. Bukan hanya instagramable, kamu juga bisa ke sini kalau ingin menyantap makanan ringan yang kekinian.

Image credit: @queencharlottecafe

Di sini ada slim toast dengan aneka isian seperti Tunalicious atau Choco-nut. Selain itu juga ada beragam roti sourdough semisal taro soft sourdough hingga minuman kopi berbagai rasa.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.147, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB - 22.00 WIB

9. Paw Paw Cafe, tempat berkumpulnya penyayang kucing

Image credit: @pawpaw_cafe

Bila mengelus kucing menjadi sarana untuk melepaskan stresmu, maka Paw Paw Cafe bisa jadi destinasi pilihanmu. Atraksi utama dari kafe ini adalah kucing-kucing ras yang manja dan dijamin membuatmu tidak tahan untuk mendekatinya.

Image credit: @pawpaw_cafe

Agar dapat berlama-lama di sini, kamu bisa memesan strawberry cheesecake atau bakso ikan yang ringannya pas di perut. Menyenangkan dan bikin rileks!

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.42, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 12.30 WIB - 22.00 WIB

10. Loske Coffee Service, asyik untuk ngopi sekaligus sarapan

Image credit: @loskecoffeeservice

Sudah bangun pagi dan ingin sesuatu yang menyegarkan tubuh? Mampirlah ke Loske Coffee Service yang cocok untuk para pemburu kopi pagi.

Image credit: @loskecoffeeservice

Harga yang terjangkau dan lokasi di dalam bangunan tua membuat kafe ini terasa akrab dan membuat kangen. Banyak pengunjungnya yang kembali lagi untuk menyeruput cappuccino atau minuman spesial Los Leboys. Kalau lapar, pilihan pastry yang ada siap untuk mengisi perutmu.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.48, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB - 23.00 WIB

11. Kafe Surakarta untuk mendinginkan tubuh, Dali Gelato & Mediterranean Kitchen

Image credit: @dali_gelato

Surakarta juga punya tempat untuk menyantap gelato yaitu Dali Gelato & Mediterranean Kitchen. Namun bukan hanya gelato yang bisa kamu temukan di kafe yang berwarna-warni ini, namun juga banyak hidangan unik khas Mediterania.

Image credit: @dali_gelato

Datanglah dengan perut kosong karena ada lamb and chicken pilaf yang menantimu. Menu khas Turki seperti beef atau chicken pide dengan telur dan Dali Mediterranean Burger juga ada. Kalau hanya ingin cemilan, maka Cigara Turkish Roll bisa kamu pilih.

Lokasi: JADEZ DESIGN, Baron, Jl. Dr. Rajiman, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin - Kamis pukul 09.00 WIB - 22.00 WIB, Jumat - Minggu pukul 09.00 WIB - 23.00 WIB

Baca Juga: 12 Tempat Makan Bakso Enak di Purwokerto Yang Wajib Kamu Cicipi

Tidak sulit kan menemukan kafe yang menarik di Surakarta?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru