Panduan Menyaksikan F1 GP Singapura 2024

Tertarik menyaksikan balapan F1 GP Singapura secara langsung di Marina Bay Street Circuit, Singapura? Well, kamu harus mengikuti panduan ini jika ingin mendapatkan pengalaman terbaik dan tips-tips penting sepanjang balapan. Dijamin, menyaksikan jet darat beradu cepat secara langsung akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Kawasan Marina Bay di Singapura sendiri sudah terlihat memukau. Ditambah dengan 20 mobil F1 yang berpacu di pusat kota pada malam hari menjadikan kawasan ini sebagai destinasi yang waib dikunjungi pada September mendatang.

Balapan ini telah mengukuhkan posisinya sebagai acara bergengsi di musim F1. Ajang ini hadir dengan segala kemewahan dan keglamoran yang membuat tempat ini memiliki reputasi sebagai salah satu 'permata di mahkota F1', selain Monaco. Singapura juga menjadi destinasi yang ramai saat Grand Prix berlansung. Ada pesta-pesta F1 yang menarik orang kaya dan terkenal, konser artis papan atas dunia dan banyak lag lainnya. Setelah balapan, Marina Bay semakin bersinar dengan pertunjukan kembang api meriah setiap tahunnya.

Bayangkan bisa berada di sana, menyaksikan jet darat beradu kecepatan, menonton secara live para artis dunia unjuk kebolehan dan menikmati beragam acara seru sepanjang akhir pekan. Itu hanya sebagian keseruan yang bisa diikuti.

Tertarik menyaksikan F1 GP Singapura secara langsung? Ikuti panduan di bawah ini untuk mendapatkan pengalaman maksimal selama akhir pekan di Singapura.

1. Di mana dan kapan F1 GP Singapura berlangsung pada 2024?

GP Singapura kini menjadi agenda rutin di kalender Formula 1. Balapan tersebut akan berlangsung pada tanggal 20, 21, dan 22 September 2024.

Balapan akan berlangsung di Marina Bay Street Circuit, yang terletak di tengah Singapura dan di sepanjang teluk yang indah. Balapan akan berlangsung pada malam hari (waktu setempat), yang berarti hari akan gelap di Singapura.

Untuk lebih detail, jadwal GP Singapura 2024 adalah

Hari 1 - 20 September, Jumat

– Latihan 1: 17.30 hingga 18.30

– Latihan 2: 21.00 hingga 22.00

Hari 2 - 21 September, Sabtu

– Latihan 3: 17.30 hingga 18.30

– Kualifikasi: 21.00 hingga 22.00

Hari 3 - 22 September, Minggu

– Balapan: 20.00

Kamu bisa menyaksikan hiburan mulai pukul 13:00.

2. Bagaimana melakukan perjalanan untuk menyaksikan F1 GP Singapura?

Dari Indonesia, kamu bisa melakukan perjalanan ke Singapura dengan berbagai moda transportasi. Yang menggunakan pesawat, tujuan akhir yang bisa dipilih adalah Changi International Airport (SIN).

Setelah tiba, kamu bisa menggunakan taksi ke pusat kota. Alternatif yang lebih murah adalah naik MRT atau bus dari bandara menuju kota. Selama akhir pekan balapan, metro dan bus adalah moda transportasi terbaik untuk mencapai tribun kamu. Berjalan kaki - jika kamu menginap di dekat lintasan - juga merupakan pilihan. Namun perlu diperhatikan bahwa Singapura bisa sangat panas dan kelembapannya tinggi.

Bepergian dengan metro sangat direkomendasikan, namun kamu mungkin harus berhenti di beberapa stasiun. Singapore Tourist Pass memberi kamu tiga hari perjalanan tak terbatas dengan transportasi umum di Singapura.

F1 GP Singapura 2024Image credit: Toby Parsons | Pixabay

3. Cara mendapatkan tiket F1 GP Singapura 2024

Grand Prix Singapura diadakan di sirkuit jalan raya. Jadi perlu diingat bahwa dari tribun, kamu hanya akan melihat jalanan aspal di depan kamu. Saat memilih tribun, kamu harus mempertimbangkan dengan saksama apakah kamu hanya ingin menonton Formula 1, atau juga menonton konser dari artis papan atas.

Tiket F1 Singapura tidak murah. Namun penyelenggara memberikan sejumlah event yang memberikan nilai tambah bagi pengalaman menonton Grand Prix. Beberapa acara tersebut seperti konser malam dan pertunjukan kembang api, yang semuanya sudah termasuk dalam biaya tiket.

Tiket yang dijual tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari tiket masuk umum standar yang dikenal sebagai walkabout, premier walkabout, paket tribun premium, dan paket kombo multi-tribun. Bagi yang memiliki anggaran terbatas, Singapura juga menawarkan beberapa paket keramahtamahan VIP yang paling dicari.

Marina Bay Street Circuit sendiri dibagi menjadi 4 zona, dan tiket memungkinkan kamu untuk mengakses zona tempat tribun berada dan hingga 3 zona lainnya. Setiap pemegang tiket memiliki akses ke zona 4, zona walkabout. Zona 1 adalah bagian stadion, dengan tikungan pertama dan start-finish. Tiket di sini adalah yang termahal, sekitar 13,8 juta IDR untuk tiga hari. Tiket tiga hari untuk Zona 4 dapat dipesan dengan harga sekitar 6,9 juta IDR. Kursi termurah dapat ditemukan di Zona 3 (Stamford Grandstand) dan harganya sekitar 4,7 juta IDR untuk tiga hari. Pengunjung F1 yang suka berpetualang bisa memilih tiket Walkabout (kursi berdiri) seharga 3,5 juta IDR.

Ada beberapa website yang menjual tiket F1 secara resmi, salah satu di antaranya melalui OTA Traveloka. Pilih paket terbaik yang ditawarkan untuk mendapatkan pengalaman mengesankan.

4. Di mana bisa menginap?

Di Singapura, terdapat akomodasi yang sesuai untuk berbagai anggaran: Kamu bisa memilih dari hostel dasar atau salah satu hotel yang sangat mahal.

Sekitar 40.000 wisatawan diperkirakan akan datang selama akhir pekan balapan, jadi sebaiknya pesan kamar lebih awal. Tidak seperti di Eropa, tidak ada tempat berkemah untuk penggemar F1. Sebelum dan sesudah balapan, terdapat banyak restoran dan tempat makan untuk menyantap makanan lezat!

Beberapa opsi bisa dilihat di bawah ini:

Hotel Terbaik Untuk Melihat Balapan F1 GP Singapura

Hotel Instagramable Penuh Warna di Singapura Yang Unik dan Berlokasi Strategis

Mencari Penginapan Orchard Yang Affordable di Singapura?

10 Airbnb Dekat Singapore Indoor Stadium Untuk Akomodasi Nonton Konser

Tidur Di Bandara Changi, Ini Beberapa Spot Yang Bisa Kamu Pilih

Hotel Dekat National Stadium Singapore Untuk Akomodasi Kamu

fi gp singapura 2024Cyrill | PixabayImage credit: Cyrill | Pixabay

5. Hal yang bisa kamu lakukan selama akhir pekan saat gelaran F1 GP Singapura

Menikmati pemandangan cakrawala Singapura dengan SkyPark Observation Deck harus masuk dalam Itinerary perjalanan menonton F1 GP Singapura kamu. Tidak perlu memesan tiket, tetapi bersiaplah untuk mengantre selama sekitar 20 menit.

Kunjungi juga Gardens by the Bay dan Flower Dome. Di sini, kamu bisa berjalan-jalan di taman-taman indah yang terdiri dari bangunan buatan manusia yang menakjubkan dan taman bunga, pohon berwarna-warni, dan banyak lagi. Mengunjungi Sentosa juga menjadi wisata menarik lainnya di Singapura. Pulau ini mudah dijangkau dan pastinya layak dikunjungi karena pantainya yang masih asli dan pemandangannya yang tak terlupakan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di pulau ini untuk mengisi hari, dari menggali sejarah Perang Dunia II hingga mengikuti berbagai aktivitas petualangan di pantai, laguna, dan taman.

Jangan lupa untuk memanjakan diri dengan berbelanja di Millenia Walk. Pusat perbelanjaan ini sangat cocok untuk menjaga kemeriahan F1, bahkan saat kamu tidak menyaksikan balapan. Mal ini berinteraksi dengan F1 selama akhir pekan, menyelenggarakan berbagai pesta dan acara menjelang Grand Prix. Selain itu, ada berbagai aktivitas seru untuk dinikmati anak-anak, mulai dari simulator F1 yang mendebarkan dan gokart.

Baca juga: Tak Hanya Nonton Balapan, 7 Aktivitas Seru Saat Formula 1 Singapura Dilangsungkan Ini Menarik Diikuti

6. Artis yang tampil di F1 GP Singapura 2024

Nikmati lebih dari 100 jam hiburan saat kamu menyaksikan langsung balapan F1 GP Singapura tahun 2024 ini. Jajaran artis musik internasional paling menakjubkan dipastikan meramaikan ajang balapan ini.

Beberapa artis yang dipastikan hadir dan meramaikan ajang balapan ini adalah OneRepublic, Kylie Minogue, Lenny Kravitz, Disclosure (DJ), The Corrs, Kool & the Gang, Tones & I, BabyMonster, HONNE, dan banyak lagi!

Grup band metal asal Indonesia, Voice of Baceprot juga dipastikan ambil bagian. Baca berita selengkapnya di tautan ini.

7. Tips menyaksikan F1 GP Singapura 2024

Ada beberapa tips yang bisa kamu Ikuti untuk mendapatkan pengalaman maksimal. Beberapa tips di antaranya bisa dilihat di bawah ini:

  • Gunakan Transportasi Umum - Menggunakan MRT adalah pilihan terbaik karena lalu lintas di sekitar acara ditutup. Stasiun terdekat akan menghindarkan kamu dari kerepotan lalu lintas karena terhubung dengan baik ke sirkuit.

  • Dilarang Membawa Payung - Payung tidak diperbolehkan karena alasan keamanan. Sebaliknya, pilih jas hujan atau perlengkapan cuaca lain yang sesuai.

  • Datanglah Lebih Awal - Sebaiknya datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang dan menjamin tempat yang bagus karena area acara bisa macet.

  • Tetap Terhidrasi - Dengan cuaca Singapura yang hangat, disarankan untuk membawa botol air isi ulang, karena tetap terhidrasi akan memungkinkan kamu menikmati acara dan menghindari risiko sengatan panas.

  • Periksa Jadwal - Rencanakan hari kamu sesuai dengan jadwal acara untuk memastikan tidak melewatkan balapan atau hiburan utama.

  • Bersiaplah untuk Pemeriksaan Keamanan - Sediakan waktu tambahan karena kamu akan menghadapi pemeriksaan keamanan yang ketat di pintu masuk acara.

  • Patuhi Aturan - Patuhi semua peraturan dan pedoman acara untuk memastikan pengalaman yang lancar dan menyenangkan di F1 GP Singapura 2024 tahun ini.

Baca juga: 7 Acara Olahraga di Singapura Untuk Menguji Adrenalinmu

Nah, sudah tahu panduan menyaksikan F1 GP Singapura 2024 secara live, kan? Selamat bersenang-senang dan lakukan pemesanan tiket sesegera mungkin, ya!

Preview image credit: Carlos Santiago | Pexels

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru