Oleh Oleh Khas Bangkok Unik Untuk Dibawa Pulang

Ibu kota Thailand, Bangkok, adalah kota yang ramai dan dihuni oleh jutaan penduduk yang ramah. Jumlah pengunjung yang datang ke destinasi ini setiap tahunnya juga tidak kalah banyak. Keindahan dan kekayaan budaya Bangkok juga terlihat dari beragamnya pilihan produk yang dijual, mulai dari yang modern hingga yang tradisional. Ada banyak pilihan jika kamu mencari oleh oleh khas Bangkok yang sempurna.

Untuk memberikan gambaran buah tangan dan souvenir yang bisa dibawa pulang, TripZilla Indonesia telah menyusun daftar barang terbaik untuk dibeli di Bangkok. Gulir terus ke bawah untuk mengetahui apa saja oleh oleh khas Bangkok itu, ya!

Baca juga: Wisata Thailand, 32 Ide Liburan Untuk Kunjungan Pertamamu

1. Produk dari bahan sutra

Oleh oleh khas BangkokImage credit: Fritz the Cat | Pixabay

Thailand memiliki bahan sutra yang paling indah, dan karena alasan inilah kamu harus membeli sesuatu yang terbuat dari sutra saat berada di Bangkok. Ada begitu banyak produk sutra yang bisa dipilih, dari sarung bantal, taplak meja, kantong, dan pakaian.

Salah satu toko sutra yang paling terkenal adalah Jim Thompson Silk. Kamu akan menemukan kreasi warna-warni yang mereka hasilkan bekerja sama dengan seniman Thailand. Kamu juga bisa berbelanja di Queen Thai Silk yang terkenal karena menjual sutra murni hasil tenunan tangan.

2. Bumbu khas Thailand

Oleh oleh khas bangkokAasli | PixabayImage credit: Aasli | Pixabay

Menikmati makanan lezat Thailand adalah pengalaman yang tak terlupakan. Pengalaman itu juga bisa kamu bawa pulang. Kamu bisa membeli beberapa rempah-rempah lezat mereka dan tambahkan ke masakan kamu saat berada di rumah.

Kala berjalan-jalan di pasar, kamu juga akan menemukan berbagai rempah-rempah yang ditawarkan yang dapat dikenali dari aromanya yang kuat. Pilih rempah-rempah kering karena jenis tersebut bisa bertahan dalam penerbangan panjang kembali ke rumah. Untungnya, rempah-rempah tersebut biasanya dikemas dengan baik dalam wadah kedap udara, memastikan aroma kuatnya tetap ada. Pasar seperti Pasar Chatuchak dan Little India memiliki hampir semua rempah-rempah yang mungkin kamu butuhkan, dan harganya mulai dari 10 THB (sekitar 4,500 IDR).

3. Produk VCO

Minyak kelapa VCO memiliki banyak kegunaan. Minyak ini bisa digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, terkenal karena menawarkan banyak manfaat kosmetik dan juga dapat digunakan dalam makanan.

Thailand adalah rumah bagi banyak produk minyak kelapa, yang sebagian besar populer di industri kosmetik. Belilah beberapa sebagai hadiah untuk orang terkasi,h atau mungkin untuk diri sendiri. Anda tidak akan melewatkannya di supermarket dan bahkan di toko-toko kecantikan di sekitar kota.

4. Produk-produk spa

Karolina K | PexelsImage credit: Karolina K | Pexels

Thailand termasuk negara yang warganya banyak menawarkan layanan spa dan pusat kebugaran. Terapi pijat cukup populer di sini, dengan banyak terapis terampil yang menjalankan bisnis ini. Oleh karena itu, banyak produk spa tersedia di Bangkok dengan kualitas tinggi. Toko-toko terkenal termasuk Bath & Bloom, tempat menemukan beberapa produk spa yang sangat harum, yang merupakan pereda stres yang sangat baik, bisa kamu kunjungi.

Produk lainnya termasuk lilin beraroma dan minyak esensial serta balsem yang menenangkan. Pastikan untuk membeli banyak produk ini karena teman dan keluarga kamu pasti akan senang memiliki produk spa Thailand di rumah mereka. Kamu bisa berbelanja di Karmakamet, gerai lokal yang menjual produk perawatan tubuh berkualitas tinggi.

5. Kerajinan khas Thailand

Kerajinan tangan yang indah menghiasi pasar-pasar di Bangkok, sebagai bukti kekayaan budaya negara ini. Karya-karya seni ini berwarna-warni dan akan menambah karakter pada tempat tinggal kamu. Kerajinan tangan ini juga cocok menjdi hadiah yang bagus, oleh-oleh dari perjalanan ke Thailand.

Dibuat oleh pengrajin lokal, kerajinan tangan ini hadir dalam bentuk berbagai produk. Kamu bisa memilih untuk membeli ukiran kayu atau mungkin beberapa keranjang anyaman. Ada juga sarung bantal buatan tangan yang pasti akan menambah warna pada kursi. Kerajinan tangan Thailand dijual di pasar-pasar seperti Pasar Chatuchak atau Desa Silom.

6. Perhiasan dari perak

Jika kamu mencari sesuatu untuk dibeli sebagai oleh oleh khas Bangkok yang bagus, pilihlah perhiasan perak elegan yang terkenal. Memang, karena popularitas perak, kota ini juga dibanjiri dengan produk perak palsu. Yang terbaik berasal dari suku pegunungan, yang membuat perhiasan dengan 99% perak. Temukan mereka secara daring untuk menghindari produk suku pegunungan palsu yang dijual oleh beberapa pedagang kota.

Selain itu, produk perak dengan cap .925 dijamin memiliki kualitas terbaik, dengan persentase perak sebesar 92,5. Kamu bisa berjalan-jalan di Pasar Chatuchak dan melihat-lihat pilihan yang mereka miliki.

7. Barang-barang antik

Oleh oleh khas bangkokNIL Photo | PixabayImage credit: NIL Photo | Pixabay

Barang antik Thailand sangat indah dan unik karena budaya negara tersebut sangat kaya dan memiliki sejarah yang panjang. Barang antik mereka merupakan harta nasional dan, oleh karena itu, dijaga ketat oleh pemerintah. Misalnya, kamu tidak dapat meninggalkan Thailand dengan membawa patung Buddha kecuali memiliki izin dan ini ditambah dengan harga patung yang sangat mahal.

Namun, ini tidak berarti kamu tidak bisa menemukan barang antik untuk dibawa pulang, meski barang-barang tersebut hanya berupa replika. Kunjungi Desa Silom di mana kamu akan menemukan penjual barang antik replika yang dijual dengan harga rata-rata 2.000 THB (~900,000 IDR).

8. Celana Muay Thai

Markus Winkler | PixabayImage credit: Markus Winkler | Pixabay

Muay Thai adalah jenis tinju Thailand yang melibatkan siku dan lutut. Olahraga ini sangat populer di negara ini dan barang dagangan yang berhubungan dengan Muay Thai akan menjadi hadiah yang luar biasa.

Celana pendek Muay Thai merupakan barang yang sempurna untuk dibeli dan tersedia di Bangkok. Celana pendek ini populer di kalangan wisatawan karena harganya yang murah, hanya 300 THB. Kamu bisa membelinya di mal, toko olahraga, atau bahkan pasar tradisional.

9. Sabun berbentuk buah-buahan

Sabun ini terbuat dari bahan alami, bebas dari zat kimia. Sabun ini kemudian diukir agar menyerupai buah-buahan tertentu dan dijual dengan harga yang sangat murah. Aromanya mirip dengan aroma mangga, yang disukai kebanyakan orang.

Kunjungi Pasar Chatuchak dan telusuri berbagai pilihan yang tersedia di sana dan bawa pulang beberapa untuk membantu Anda mengingat pengalaman Anda di Bangkok.

10. Camilan cumi kering

Bento squid adalah camilan cumi kering yang dibumbui dengan rempah-rempah yang menggugah selera. Setiap gigitannya akan membuat mulut kamu terasa ringan, tetapi juga membuat ingin memakannya lagi.

Rasa Bento Squid yang membuat ketagihan adalah alasan utama kamu harus membelinya saat berada di Bangkok. Karena populer, kamu tidak akan kesulitan mencarinya. Cumi-cumi ini dijual di hampir setiap supermarket.

Baca juga: Hotel Instagramable di Bangkok, Thailand Yang Punya Desain Unik dan Anti Mainstream

Tertarik meminta oleh oleh khas Bangkok, atau membawa pulang beberapa di antaranya kala liburan ke Thailand?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru