Masjid Di Bali, Tidak Banyak Tapi Mudah Ditemukan, Ini Daftarnya!

Salah satu PR bagi muslim saat liburan ke Bali adalah menemukan makanan halal dan masjid untuk beribadah. Maklum, Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang penduduknya mayoritas beragam Hindu. Jadi, tempat ibadah yang banyak tersebar di Bali adalah pura, bukannya masjid.

Namun demikian, bukan berarti Bali tidak memiliki masjid yang melimpah. Bahkan, jika kamu perhatikan, ada banyak tempat ibadah umat Islam ini yang tersebar di kawasan wisata populer.

Untuk mempermudah kamu dalam menemukan masjid di Bali, TripZilla Indonesia merangkum daftar masjid yang tersebar di seluruh Bali. Cek daftarnya di bawah ini!

1. Masjid Ibnu Batutah, Nusa Dua

Masjid Di baliImage credit: Wikipedia

Masjid Agung Ibnu Batutah adalah yang pertama di antara deretan tempat ibadah lain di kompleks ibadah Puja Mandala di Nusa Dua. Kompleks ini mungkin satu-satunya di dunia yang menjunjung tinggi toleransi beragama.

Masjid ini berada tepat di sebelah kuil Hindu dan gereja Kristen. Memiliki lapisan dominan kuning keemasan di bagian luarnya, masjid ini memiliki atap berbentuk prisma. Di lantai pertama, kamu akan menemukan area aktivitas. Ruang salat utama berada di lantai dua, dengan dinding keramik abu-abu yang penuh hiasan dan mihrab. Juga terlihat drum doa tua dan Al-Quran tulisan tangan.

Lokasi: Puja Mandala, Jalan Nusa Dua, Nusa Dua, Badung, Bali 80361, Indonesia

Telepon: +62 (0)361 775912

2. Masjid Agung Sudirman, Denpasar

Masjid agung ini merupakan bagian dari kompleks militer Kodam Udayana Bali, tepat di pusat kota Denpasar. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Bali, dengan ukuran lantai terbesar dibandingkan dengan masjid lain di pulau ini.

Memiliki desain yang unik, masjid ini seluruh bangunannya hampir tidak berdinding. Hal ini memungkinkan adanya ventilasi alami dan suasana yang lebih lapang saat salat.

Lokasi: Jalan Slamet Riyadi No.1, Dauh Puri, Denpasar, Bali 80232, Indonesia

Telepon: +62 (0)361 264 595

3. Masjid Ar-Rahmat, Kuta

Masjid di Kuta ini terletak tepat di seberang Central Park Kuta, tempat bus wisata sering berhenti. Masjid Ar-Rahmat populer di kalangan wisatawan Muslim. Merupakan hal yang wajar jika kamu melihat Muslim dari berbagai warga negara datang saat salat Jumat.

Masjid ini memiliki 2 lantai, dengan tempat wudhu (pembersihan) di luar untuk pria, dan di dalam untuk wanita. Deretan kios makanan halal berdampingan dengan masjid.

Lokasi: Jalan Raya Kuta No.75, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Telepon: +62 (0)361 758614

4. Masjid Nurul Huda Gelgel, Klungkung

Masjid Nurul Huda Gelgel adalah salah satu masjid tertua di Bali, terletak tepat di jantung salah satu komunitas Muslim terbesar di Bali.

Kampung Muslim Gelgel berada di Kabupaten Klungkung, yang berjarak sekitar 90 menit berkendara ke arah timur dari Kuta. Sebuah menara setinggi 17 meter berdiri di depan masjid abad ke-13 ini.

Masjid ini menjadi saksi sejarah penyebaran Islam secara damai di Bali, yang dimulai saat raja Hindu Gelgel kembali dari pertemuan kerajaannya dengan para penguasa kerajaan Majapahit, dikawal oleh 40 prajurit yang masuk Islam dan akhirnya membangun komunitas Muslim Kampung Muslim Gelgel dengan damai.

Lokasi: Kampung Gelgel, Klungkung, Bali 80761, Indonesia

Telepon: +62 (0)813 9758 6122

5. Masjid Nurul Huda Tuban

Masjid Nurul Huda Tuban berjarak kurang dari setengah jam berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Kemungkinan besar kamu akan dengan mudah melihat bangunan besar ini saat berkendara di sepanjang Jalan Ngurah Rai, tepat setelah mendarat di Bali dan keluar dari bandara. Banyak jamaah yang beribadah di sini setiap hari adalah staf bandara Ngurah Rai. Meski begitu, banyak pula yang datang untuk beribadah setiap hari Jumat, termasuk wisatawan mancanegara.

Lokasi: Jalan Ngurah Rai, Tuban, Bali, Indonesia

6. Masjid Al Huda, Tabanan

Masjid di jalan utama Tabanan ini sangat menarik perhatian. Mudah bagi kamu lihat di sisi kiri jalan menuju Bali Barat, dan menjadi tempat persinggahan yang mudah ketika waktu salat tiba.

Masjid Al Huda dapat menampung hingga 2.000 jamaah sekaligus. Masjid ini memiliki 2 bagian utama. Bagian pertama berfungsi sebagai ruang salat utama, dan bagian kedua diperuntukkan bagi para pelajar dan pemuda yang belajar membaca Al-Quran, serta acara-acara seperti ceramah agama dan acara sosial dan kemasyarakatan.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Kediri, Abian Tuwung, Tabanan, Bali 82121, Indonesia

Telepon: +62 (0)857 3700 2959

7. Masjid At-Taqwa, Denpasar

Masjid At-Taqwa terletak persis di sebelah Markas Besar Kepolisian Bali di Jalan WR Supratman, Denpasar. Bangunan yang mengesankan ini berdiri tegak dengan menara kembar dan lambang Kepolisian Bali di atas lengkungan depannya.

Lokasi: Jalan WR Supratman No.19, Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali 80236, Indonesia

8. Masjid Raya Ukhuwwah, Denpasar

Masjid Ukhuwwah menghadap persimpangan 3 jalan utama Denpasar: Jalan Raya Hasanuddin, Jalan Sulawesi, dan Jalan Kalimantan. Masjid ini dekat dengan Pasar Malam Kumbasari dan jalan komersial Jalan Gajah Mada, yang sebagian besar melayani pedagang dan pemilik toko Muslim di kawasan bisnis pusat ini.

Fitur unik dari masjid ini adalah keberadaan beberapa toko di bawah area khotbah imam. Masjid menyewakan tempat-tempat ritel ini, dengan semua uang yang digunakan untuk perawatan masjid.

Lokasi: Jalan Kalimantan No.19, Dauh Puri Kangin, Denpasar, Bali 80119, Indonesia

Telepon: +62 (0)361 248 868

9. Masjid Baitul Makmur, Denpasar

Masjid ini agak tersembunyi dari jalan-jalan utama Bali. Lokasinya juga tersembunyi di dalam komunitas Monang Maning di Denpasar bagian barat. Namun, ukurannya cukup mengesankan dan bangunannya terawat dengan baik.

Baitul Makmur menerima lebih dari 700 orang setiap hari yang datang untuk salat dan biasanya ramai selama jam salat. Setiap hari Minggu, pengelola masjid mengadakan ceramah Al-Qur'an dan sering mengundang imam dari luar Bali.

Lokasi: Jalan Gunung Merbuk II No.5, Tegal Kertha, Denpasar, Bali 80819, Indonesia

10. Masjid Al-A'la, Gianyar

Masjid Al-A'la berjarak sekitar 5 menit berkendara ke arah timur dari Pasar Malam Gianyar. Masjid ini merupakan tempat ibadah utama bagi komunitas Muslim kota. Penduduk setempat juga menyebutnya sebagai 'Masjid Gianyar'.

Lokasi: Jalan Kesatrian No.16, Gianyar, Bali 80511, Indonesia

Baca juga: 15 Wisata Nusa Dua Yang Bakal Mengejutkanmu

Masjid-masjid besar di Bali ini merupakan salah satu tempat bersejarah Islam yang penting di pulau ini. Kamu bisa mengunjunginya untuk beribadah, bertamasya, atau sekadar ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Islam di pulau ini.

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru