SATUSEHAT Health Pass, Prosedur Baru Pencegahan Mpox Untuk Pendatang Dari Luar Indonesia

Mpox alias monkeypox atau yang dikenal sebagai cacar monyet, saat ini sudah menjadi wabah baru. Menurut situs World Health Organization (WHO), Mpox memiliki gejala seperti sakit kepala, timbulnya lesi dan ruam, demam, nyeri otot, tubuh lemas dan pembengkakan kelenjar limpa. Penularan dapat terjadi bila ada kontak fisik dengan penderita dan ledakan kasus terbanyak terjadi di Kongo, Afrika Tengah. Saat ini, Mpox juga sudah terdeteksi di beberapa negara lain dan membuat negara-negara memberlakukan kebijakan baru bagi pendatang.

Baca Juga: Apa Itu MPOX? Traveler Wajib Tahu Ancaman, Gejala Dan Cara Penularannya

Demikian juga dengan Indonesia. Dikutip dari situs resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, saat ini pelaku perjalanan luar negeri diwajibkan untuk menggunakan aplikasi SatuSehat. Hal ini diputuskan setelah WHO menyatakan Mpox sebagai public health emergency of international concern pada tanggal 14 Agustus 2024 lalu. Tentunya penerapan peraturan ini terutama bagi pendatang dari luar negeri, dimana mereka wajib mengisi formulir elektronik bernama SATUSEHAT Health Pass. Syarat ini berlaku mulai tanggal 27 Agustus 2024.

Formulir yang dapat diisi pada tautan ini pun sudah disosialisasikan ke berbagai pihak yang bersangkutan. Para pendatang harus mengisinya di bandara keberangkatan dan jika terdapat masalah, maka pihak berwenang akan berkoordinasi dengan bandara kedatangan yang dituju. Anak-anak juga wajib mengisi formulir tersebut dan dapat dibantu oleh orangtua atau pendamping. Setelah diisi, penumpang akan memperoleh kode QR untuk disimpan dan ditunjukkan kepada petugas berwenang.

Menurut situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, saat ini negara-negara yang patut diwaspadai karena sudah terdeteksi memiliki kasus Mpox adalah:

Negara Afrika

- Burundi
- Kamerun
- Central African Republic
- Democratic Republic of the Congo (DRC)
- Ghana
- Ivory Coast
- Kenya
- Liberia
- Mozambique
- Nigeria
- Republic of Congo
- Rwanda
- Afrika Selatan
- Uganda

Negara Asia

- Pakistan
- Filipina
- Thailand

Negara Eropa

- Sweden

Kasus Mpox sendiri sudah terdeteksi juga di Indonesia namun telah berhasil disembuhkan. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengenakan masker jika merasa kurang sehat dan segera melakukan pengecekan jika memiliki lesi atau luka dan keropeng di kulit. Varian yang ada di Indonesia berbeda dengan varian lebih mematikan yang mewabah di Kongo.

Baca Juga: Rencana Penghapusan Pajak Tiket Pesawat, Bikin Harga Tiket Lebih Murah Lho!

Jaga kesehatanmu terus ya, agar bisa berwisata dan berkumpul bersama orang-orang terdekat dengan nyaman.

Preview image credit: Erik Odiin | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru