Jepang Diguncang Gempa Bumi M 7,1 Hingga Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Gempa bumi baru saja mengguncang Jepang selatan pada hari Kamis, 8 Agustus 2024. Diketahui gempa telah terjadi dua kali dalam sehari hingga badan meteorologi setempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir.

Baca juga: Tim Bulu Tangkis PBSI Indonesia Kemalingan di Paris, Uang Hampir 1 Miliar Hilang

Mengutip NHK dari CNBC Indonesia, gempa bumi pertama memiliki kekuatan 6,9 magnitudo dan diikuti oleh gempa kedua berkekuatan 7,1 skala Ritcher. Badan Meteorologi Jepang melalui X memperingatkan bahwa tsunami akan melanda berulang kali sehingga para warga dilarang untuk mendekati pantai.

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah Kyushu dan Shikoku menurut laporan NHK. Potensi gelombang tsunami dapat mencapai hingga setinggi satu meter usai gempa mengguncang.

gempa bumi jepang

Image credit: Alexander lzymaylov | Canva Pro

Menurut Badan Meteorologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan bahwa gempa pertama terjadi pada pukul 4.42 sore waktu setempat dengan kedalaman 33 kilometer dan berkekuatan 6,9 magnitudo. Gempa pertama terjadi sekitar 29 kilometer tenggara Miyazaki di Kyushu.

Kurang dari satu menit, gempa susulan terjadi dengan kekuatan 7,1 magnitudo di kedalaman 26 meter dari permukaan laut dan berada 20 kilometer di timur laut Miyazaki.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa yang mengguncang Jepang seperti yang dikutip dari Detik.com. Pemerintah Jepang langsung dengan sigap membentuk satuan tugas khusus sebagai respons terhadap kejadian gempa ini.

Baca juga: Maskapai Korean Air Hentikan Sajikan Menu Mie Instan Selama Penerbangan

Gempa ini bukanlah yang pertama mengguncang Jepang di tahun 2024. Pada awal tahun tepatnya pada 1 Januari 2024, Jepang dilanda gempa hebat hingga menewaskan 260 orang dan merusak bangunan.


Preview image credit: adventtr | Canva Pro

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru