Dua Bar Di Jakarta Termasuk 50 Bar Terbaik Di Asia 2024

Edisi kesembilan dari 50 Bar Terbaik Asia, yang disponsori oleh Perrier, baru saja diluncurkan dalam upacara penghargaan langsung yang gemerlap di Hong Kong.

Diselenggarakan bekerja sama dengan Dewan Pariwisata Hong Kong, edisi 2024 dari acara bergengsi ini sekali lagi merayakan bakat dan inovasi yang tak tertandingi di kawasan ini dalam dunia racikan minuman, yang pada akhirnya, memahkotai tempat minum terbaik di benua ini dan menyoroti kejeniusan kreatif di balik beberapa koktail paling inovatif di dunia.

Dari lounge mewah Singapura hingga bar artisanal Tokyo, daftar tahun ini merupakan bukti lanskap koktail Asia yang semarak dan beragam.

Seperti biasa, dalam daftar tersebut terdapat 50 bar yang berasal dari 18 kota, 15 negara, dan 100 persen ahli bar yang terbukti kualitasnya, yang mana peringkat tersebut dibuat dari proses pemungutan suara yang ketat oleh Akademi yang beranggotakan 265 orang, yang terdiri dari para bartender, pemilik bar, penulis minuman, dan penggemar koktail dari seluruh benua, memberikan suara secara independen dan anonim dalam kurun waktu pemungutan suara selama 18 bulan.

Bar Leone di Hong Kong dinobatkan sebagai Bar Terbaik di Asia pada Selasa (16 Juli) malam di acara penghargaan 50 Bar Terbaik Asia yang diadakan di Rosewood Hong Kong. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah 50 Bar Terbaik bahwa pendatang baru berhasil merebut posisi teratas.

Tahun ini terjadi perombakan di antara lima bar teratas tahun lalu. Zest di Seoul naik tiga peringkat menjadi juara kedua diikuti oleh Jigger & Pony yang berada di posisi ketiga, bar terbaik Singapura untuk tahun kelima berturut-turut. Bar teratas di Asia tahun lalu, Coa yang berfokus pada agave dan mezcal, kini berada di posisi keempat sementara Bar Benfiddich di Tokyo berada di posisi ke-5.

Ada 18 kota yang terwakili dalam edisi kesembilan 50 Bar Terbaik di Asia ini, dengan total 15 entri baru, seperti CMYK Changsha (No.43), ZLB23 Bengaluru (No.40), dan Barc Kathmandu (No.39).

Mengutip dari Channel News Asia, daftar tahun ini memperlihatkan beberapa pergerakan drastis dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bar di 50 teratas telah turun ke daftar yang diperluas sebanyak lebih dari 56 peringkat, tetapi hal ini tidak serta merta menunjukkan penurunan standar, karena peringkat tersebut sangat fluktuatif dari tahun ke tahun.

Singapura memiliki 11 bar dalam daftar, antara lain Nutmeg and Clove (No.6), Sago House (No.15), Analogue Initiative (No.35), Employees Only (No.38) dan pendatang baru Night Hawk (No.16), Offtrack (No.25) dan Origin (No.32).

Untuk pertama kalinya, bar Malaysia, Penrose di Kuala Lumpur (No. 8), meroket 42 peringkat dan masuk ke dalam 10 besar, yang biasanya didominasi oleh bar-bar dari Singapura, Bangkok, Tokyo, dan Seoul. Tempat lain yang meroket adalah Vender di Taichung (No. 30) dan Smoke & Bitters di Hiriketiya, yang keduanya melompat 11 peringkat. Hope & Sesame di Guangzhou (No. 14) meroket 25 peringkat.

Baca juga: Kuliner Sekitar Jakarta International Stadium, Ampuh Mengobati Laparmu

Lalu, adakah bar yang ada di Indonesia masuk dalam daftar ini? Jawabannya, ada! The Cocktail Club di Jakarta menduduki peringkat ke-12 yang dinobatkan sebagai Bar Terbaik di Indonesia. Selain itu, Pantja menempati peringkat ke-27, terkenal dengan desainnya yang ramping dan koktail yang dibuat dengan sangat teliti.

Inilah daftar 50 Bar Terbaik Di Asia 2024:

*entri baru

**entri ulang

1. Bar Leone, Hong Kong*

2. Zest, Seoul

3. Jigger & Pony, Singapura

4. Coa, Hong Kong

5. Bar Benfiddich, Tokyo

6. Nutmeg & Clove, Singapura

7. BKK Social Club, Bangkok

8. Penrose, Kuala Lumpur

9. Argo, Hong Kong

10. The Aubrey, Hong Kong

11. Virtù, Tokyo

12. The Cocktail Club Jakarta

12. Vesper Bangkok

14. Hope & Sesame Guangzhou

15. Sago House Singapura

16. Night Hawk, Singapura*

17. Darkside, Hong Kong

18. Mahaniyom Cocktail Bar, Bangkok

19. The Savory Project, Hong Kong*

20. Bar Cham, Seoul

21. Bar Us, Bangkok*

22. The St. Regis Bar (Makau), Macau*

23. The SG Club, Tokyo

24. Penicillin, Hong Kong

25. Offtrack, Singapura*

26. Quinary, Hong Kong

27. Pantja, Jakarta

28. Craftroom, Osaka*

29. Smoke & Bitters, Hiriketiya

30. Vender, Taichung

31. Native, Singapura

32. Origin Bar, Singapura*

33. The Curator, Manila

34. The Bellwood Tokyo

35. Analogue Initiative, Singapura

36. Bar Trigona Kuala Lumpur

37. Bar Mood, Taipei**

38. Employees Only Singapura

39. Barc, Kathmandu*

40. ZLB23, Bengaluru*

41. Reka, Kuala Lumpur*

42. Fura Singapura

43. CMYK Changsha*

44. The Public House Taipei

45. Mostly Harmless, Hong Kong Kong

46. Alice, Seoul

47. The Haflington, Hanoi*

48. Le Chamber Seoul

49. Atlas Singapura

50. Pine & Co Seoul*

Preview image credit: Nastya Sensei | Pexels via Canva

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru