Cara Menuju Ke IKN, Panduan Perjalanan Darat, Udara Dan Laut

Siapa yang penasaran dengan ibu kota negara Republik Indonesia yang baru, Nusantara? Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya sebagai IKN, yang berlokasi di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur. Faktanya, ada banyak hal menarik yang memicu Rasa penasaran publik, termasuk di antaranya cara menuju ke IKN.

IKN sendiri baru saja menjadi tuan rumah perhelatan akbar Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-79. Acara sendiri berlangsung hikmat dan lancar, dengan sedikit banyak memperlihatkan lanskap IKN di sejumlah sisi, termasuk di antaranya pemandangan Istana Negara.

Namun, pembangunan IKN jauh masih dari kata rampung. Pembangunan infrastruktur terus disebut agar bisa selesai sesuai jadwal. Meski demikian, banyak masyarakat Indonesia yang penasaran dan tertarik untuk melihat langsung seperti apa pemandangan di IKN.

Di artikel ini, TripZilla Indonesia berusaha membantu dengan memberikan informasi mengenai cara menuju ke IKN, baik melalui jalur darat, udara bahkan air. Simak info lengkapnya di bawah ini:

1. Di mana letak IKN

Mengutip dari situs resminya, IKN berada di "sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," Menurut UU IKN pasal 6, secara geografis, IKN berada di:

  • Bagian Utara: 117° 0' 31.292" Bujur Timur dan 0° 38' 44.912" Lintang Selatan

  • Bagian Selatan: 117° 11' 51.903" Bujur Timur dan 1° 15' 25.260" Lintang Selatan

  • Bagian Barat: 116° 31' 37.728" Bujur Timur dan 0° 59' 22.510" Lintang Selatan

  • Bagian Timur: 117° 18' 28.084" Bujur Timur dan 1° 6' 42.398" Lintang Selatan

Sedangkan batas wilayahnya antara lain:

  • Di Selatan berbatasan dengan Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan; Kecamatan Balikpapan Barat; Kecamatan Balikpapan Utara; dan Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan

  • Di Barat berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara; dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara

  • Di Utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan, dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara

  • Di Timur berbatasan dengan Selat Makassar

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan jika perjalanan ke IKN bisa dilakukan dari seluruh Indonesia dengan menjadikan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai destinasi utama untuk dituju dari berbagai titik keberangkatan.

2. Cara menuju ke IKN

Dari berbagai kota besar di Indonesia, satu hal yang harus dilakukan sebelum ke IKN adalah dengan menuju ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Balikpapan menjadi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Kota Samarinda. Fasilitas publiknya terkait transportasi relatif lengkap, dengan keberadaan Pelabuhan Laut Semayang, Pelabuhan Udara International Sultan Aji Muhammad Suleiman Sepinggan, juga Terminal Batu Ampar, yang melayani angkutan umum antarProvinsi. Belum ada jaringan kereta api di Balikpapan, bahkan di Pulau Kalimantan.

Infrastruktur jalan dari Balikpapan ke IKN juga terus ditingkatkan kualitasnya. Saat ini juga masih dilakukan pembangunan jalan bebas hambatan Balikpapan ke IKN, yang bisa memangkas jarak waktu perjalanan dari 2-3 jam menjadi 1,5 jam.

a. Pesawat

Salah satu cara menuju ke IKN bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat. Untuk bisa sampai ke IKN, kamu bisa memesan tiket pesawat dengan destinasi akhir adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Suleiman Sepinggan, Balikpapan dengan kode IATA: BPN.

Ada banyak maskapai yang melayani penerbangan menuju Balikpapan dari berbagai bandara di Indonesia, baik direct flight atau penerbangan transit. Harga tiket per paxnya mulai dari 700 ribuan hingga jutaan, tergantung pada jadwal keberangkatan, kelas penerbangan dan sejumlah faktor lainnya.

b. Kapal

Dengan menggunakan kapal laut, kamu bisa mencari tiket dengan destinasi akhir Pelabuhan Semayang, Balikpapan dari berbagai destinasi awal di seluruh Indonesia. Tersedia berbagai jadwal keberangkatan Kapal PELNI menuju Balikpapan yang bisa dipilih sebelum melanjutkan perjalanan ke IKN dengan menggunakan jalur darat. Pemesanan bisa dengan mengklik laman PELNI di sini.

Setibanya di Pelabuhan Semayang, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju e Dermaga Cita Sabtu, Sepaku PPU. Sesampainya di lokasi, perjalanan akan dilanjutkan melalui jalan darat menyusuri Jalan Hutan Produksi menuju pintu masuk KIPP.

c. Jalur darat

Setibanya di Balikpapan, baik melalui jalur udara via Bandara Sepinggan maupun jalur laut via Pelabuhan Semayang, perjalanan ke IKN harus dilanjutkan melalui jalur darat.

Kamu bisa menggunakan mobil sewaan dengan mengikuti rute Jalan Tol Balikpapan - Samarinda. Sementara jalur Balikpapan - Jalan Tol IKN masih dalam proses pembangunan.

Kamu juga bisa menggunakan layanan bus DAMRI, dengan harga tiket 43,000 IDR per pax. Jadwal keberangkatan bus adalah setiap hari, dari 6.00 - 17.00 WITA dengan pemberangkatan tiap satu jam. Lama perjalanan dari Balikpapan ke IKN kurang lebih 40 menit.

Ada pun titik keberangkatan menggunakan bus DAMRI antara lain Pelabuhan Semayang, Bandara Sultan Aji Muhammad Suleiman Sepinggan dan Terminal Batu Ampar.

Baca juga: Tempat Wisata Di Kalimantan Timur Yang Eksotis Dan Memikat Hati

Nah, sudah tahu cara menuju ke IKN dengan menggunakan berbagai pilihan moda transportasi, bukan? Rencanakan perjalanan kamu sekarang juga!

Preview image credit: Instagram @ikn_id

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru