Book Cafe di Jakarta Yang Asik Untuk Menghabiskan Akhir Pekan Oleh Pecinta Buku

Menghabiskan liburan dan akhir pekan di Jakarta bisa dilakukan dengan berbagai cara seru. Bagi pecinta buku, quality time dengan membaca buku adalah hal yang paling diidamkan. Namun kini menghabiskan lembar demi lembar tak hanya bisa dilakukan di perpustakaan ataupun rumah, namun juga di book cafe yang mulai banyak bermunculan di Jakarta.

Baca juga: 11 Book Cafe di Bandung Surga Untuk Para Pecinta Buku

Mulai dari konsep modern hingga ala rumahan yang nyaman, berbagai book cafe di Jakarta selalu berhasil membuat penasaran oleh para kutu buku. Dengan banyaknya pilihan yang mungkin akan membuatmu bingung, ini dia rekomendasi yang akan membantumu untuk menentukan pilihan.

1. Tujuhari Coffee, favoritnya para pekerja untuk WFC

Book cafe Jakarta

Image credit: @tujuhari_

Kafe ini memiliki konsep semi industrial modern yang menghadirkan suasana nyaman. Terdapat rak buku yang bisa kamu nikmati dan baca sembari menunggu pesananmu datang. Tak hanya itu, mereka juga menjual berbagai merchandise yang unik seperti kaos, stiker, mug, hingga totebag yang fashionable.

Alamat: Jl. Wijaya II, Grand Wijaya Center B 8-9, Lt 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: 
09.00-22.00 (Senin-Jumat), 07.00-22.00 (Sabtu-Minggu)

2. Ruma Coffeatery yang punya banyak koleksi buku

Book cafe Jakarta

Image credit: @rumacoffeatery

Rumah Coffeatery memiliki banyak cabang di Jakarta, namun untuk yang di Blok M book cafe ini memilki koleksi buku yang paling banyak. Penataan kursi dengan sentuhan vintage, rak buku, dan lampu gantung adalah perpaduan membuat kafe ini begitu nyaman dan tenang untuk menghabiskan berjam-jam dengan membaca buku. Tak hanya interiornya, menu yang ditawarkan juga menarik dan memanjakan lidah.

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin No.30, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: 
Setiap hari, 10.00-22.00

3. Smiljan, book cafe yang sejuk di Bintaro

Book cafe Jakarta

Image credit: @tangsel.drips via @smiljan.space

Tak hanya Jakarta, book cafe lainnya yang asik kamu kunjungi adalah Smiljan di Bintaro, Tangsel. Dari luar tampak seperti kafe sederhana, namun ketika memasukinya kamu akan dibuat terpana dengan keindahan interiornya yang dominasi kayu yang bikin suasana menjadi lebih nyaman. Nikmati waktumu dengan membaca berbagai buku yang tersedia di rak buku dan rasakan kesejukan dari tanaman sekitar.

Alamat: Jl. Merpati II, Sawah Baru, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
Jam buka: 
Setiap hari, 08.00-22.00

4. Makan di Tebet, koleksi buku yang banyak dan bikin betah

Book cafe Jakarta

Image credit: @makanditebet

Book cafe yang satu ini dikenal dengan menunya yang beragam dan lezat. Tak hanya itu, deretan buku di rak dindingnya benar-benar membuat para pecita buku menjadi betah. Koleksinya pun beragam yang asik dibaca dengan didukung dengan suasana kafe yang seperti di rumah sendiri yang nyaman.

Alamat: Jalan Tebet Barat Dalam Raya No.29, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: 
Setiap hari, 11.00-22.00

5. Ngoepi, kedai kopi rumahan di ibukota

Book cafe Jakarta

Image credit: @ngoepi

Sekilas book cafe seperti rumah ini menarik perhatian di tengah banyaknya kafe dengan konsep modern di hiruk pikuk kota Jakarta. Lokasinya juga cukup tak biasa karena berada di dalam sebuah perumahan. Dengan segala kesederhanaannya justru membuat waktumu untuk nongkrong sambil membaca buku menjadi lebih nyaman dan tenang.

Alamat: Jl. Keuangan Raya No.15, Cilandak, Jakarta Selatan
Jam buka: 
Selasa sampai Minggu, 10.00-21.00

6. The Newsroom, kafe dengan konsep modern dan futuristik

Book cafe Jakarta

Image credit: @thenewsroom.manual

Bagi pecinta kafe dengan desain modern pasti akan nongkrong berlama-lama di The Newsroom. Kafe ini memiliki berbagai spot yang nyaman untuk WFC dan membaca buku apalagi dengan adanya rak buku yang bisa kamu manfaatkan. Setelah puas membaca, kamu juga bisa membeli berbagai merchandise seperti kaos dengan desain menarik.

Alamat: COMO Park, Jl. Kemang Timur No.998, Bangka, Mampang,Jakarta Selatan
Jam buka: 
Setiap hari, 08.00-20.00

7. Coffee Book, kafe tujuan favorit para kutu buku Jakarta

Book cafe Jakarta

Image credit: @coffeebook_jakarta

Sesuai namanya, kafe ini punya banyak koleksi buku yang akan menjadi teman selama kamu nongkrong. Di pinggir dinding terdapat lemari buku besar yang menghadirkan koleksi dengan berbagai genre. Pilih buku yang ingin kamu baca secara gratis dan kembalikan ke tempat asalnya setelah selesai dan sebelum pulang.

Alamat: Jl. Buncit Raya No.39B, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan
Jam buka: 
Senin sampai Sabtu, 07.00-20.00

8. Friends With Bru, kafe dengan akses MRT

Bagi pengguna MRT kamu haru tahu kalau ada hidden gem coffee shop yang punya desain lucu dan menggemaskan. Kafe sekaligus book cafe ini bernama Friends With Bru yang punya view senja dan MRT Jakarta yang bikin waktu nongkrongmu sambil baca buku menjadi lebih nyaman. Tersedia pula rak buku dengan berbagai koleksinya yang bisa kamu nikmati.

Alamat: Poins Mall Lt 3 Jalan R.A.Kartini No.1, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan
Jam buka: 
Setiap hari, 08.00-21.00

Baca juga: 10 Book Cafe Eksentrik dan Instagramable Untuk Tempat Bersantai di Bali

Mengunjungi book cafe bisa menjadi inspirasi menghabiskan hari dengan cara yang lebih seru, tenang, dan nyaman di tengah hiruk pikuk ibukota Jakarta. Segera luangkan waktumu untuk menikmati hari liburmu di berbagai kafe di atas.

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru