11 Aplikasi Yang Akan Mempermudahmu Ketika Liburan di Korea Selatan

Liburan ke Korea Selatan adalah impian banyak orang. Apalagi kini dengan semakin banyaknya pengaruh budaya Korea melalui drama Korea, film, hingga K-Pop membuat Negeri Ginseng menawarkan pengalaman liburan yang jauh lebih menyenangkan. Namun sebelum pergi ke Korea Selatan, kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang kamu butuhkan seperti Visa hingga mengunduh aplikasi yang akan mempermudah liburanmu.

Baca juga: Layanan QRIS Segera Bisa Digunakan Di Korea Selatan

Perlu diketahui meski Korea Selatan kini mulai menambahkan banyak petunjuk dengan Bahasa Inggris namun mereka masih menggunakan aplikasi buatan dalam negeri untuk menunjukkan jalan dan mengulas berbagai tempat wisata hingga restoran.

Tentu saja hal yang harus kamu lakukan adalah mengunduh berbagai aplikasi lokal yang akan kamu butuhkan agar menjelajahi Korea Selatan menjadi semakin lebih mudah. Tak perlu berlama-lama, berikut daftar aplikasi yang harus segera kamu unduh sebelum terbang ke Korea Selatan.

Penerjemah dan komunikasi

aplikasi liburan Korea Selatan

Image credit: NeoPhoto | Canva Pro

1. Papago

Naver Papago atau Papago adalah aplikasi yang akan membantumu untuk menerjemahkan Bahasa Korea ke berbagai bahasa. Aplikasi yang mirip dengan Google Translate ini akan sangat kamu butuhkan karena banyak petunjuk lokasi dan menu makanan yang menggunakan hangeul atau aksara Korea Selatan.

2. KakaoTalk

KakaoTalk merupakan sebuah aplikasi pesan seperti Whatsapp. Dengan mengunduh aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengirim pesan ketika pesan taksi, layanan pesan antar makan, hingga berkomunikasi dengan teman baru.

Kuliner

aplikasi liburan Korea Selatan

Image credit: Glowonconcept | Canva Pro

3. MangoPlate

Kulinern di Korea Selatan adalah hal yang wajib! Jika kamu ingin menikmati tteokbokki, ramyeon, hingga bibimbab terbaik favorit warga lokal maka kamu dapat dengan mudah mencarinya di aplikasi MangoPlate. Aplikasi ini berisi menu, lokasi, dan review dari para pengunjung restoran yang bisa jadi bahan pertimbanganmu sebelum mengunjunginya.

Petunjuk arah

aplikasi liburan Korea Selatan

Image credit: AndreyPopov | Canva Pro

4. NAVER Map

Mungkin aplikasi yang akan sering kamu gunakan ketika liburan di luar negeri adalah Google Maps. Namun perlu kamu tahu bahwa aplikasi tersebut tidak bisa kamu gunakan selama di Korea Selatan. Para warga lokal dan wisatawan harus menggunakan aplikasi NAVER Map untuk membantumu menunjukkan arah tujuanmu sebagai GPS yang lengkap.

5. KakaoMap

Meski tak sepopuler NAVER Map, kamu juga bisa mengunduh aplikasi KakaoMap untuk membantumu melihat petunjuk arah dan pilihan transportasi untuk mencapai tujuanmu. Dengan menggunakannya kamu juga dapat melihat rute tercepat hingga termurah yang bisa kamu pilih untuk menghemat biaya selama liburan.

Transportasi

aplikasi liburan Korea Selatan

Image credit: zheng2088 | Canva Pro

6. Subway Korea

Aplikasi lainnya yang akan mempermudahmu ketika kesulitan menemukan jalur kereta bawah tanah yakni aplikasi Subway Korea. Kelebihan aplikasi ini adalah mereka menggunakan Bahasa Inggris sehingga kamu tak perlu repot harus translate dari Bahasa Korea di NAVER atau Kakao. Cukup masukkan tujuanmu, mereka akan menunjukkan rute kereta bawah terbaik untukmu.

7. KakaoMetro

Salah satu transportasi umum yang sering akan kamu gunakan ketika menjelahahi Korea Selatan adalah kereta bawah tanah atau subway yang punya banyak jalur ke berbagai tempat. Mudah, cepat, dan hemat adalah keunggulan dari subway yang modern.

Karena subway memiliki sangat banyak jalur dan mungkin akan membuatmu sedikit bingung, maka tak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi KakaoMetro. Dengan ini kamu cukup memasukan stasiun awal keberangkatan dan stasiun tujuan di kolom pencarian, lalu ikuti kereta mana saja yang harus kamu naiki.

8. Korea Transit Card Balance

Tak perlu repot mengecek saldo kartu TMoney yang kamu gunakan ketika menggunakan naik transportasi umum karena kamu bisa mengeceknya cukup dari HP dengan aplikasi Korea Transit Card Balance. Cara menggunakannya mudah cukup letakkan kartu TMoney di atas sensor HP lalu sisa saldo kartumu dapat segera terbaca. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menampilkan riwayat penggunaan kartu selama digunakan di Korea Selatan.

9. Kakao T

Masih berada di bawah grup Kakao, aplikasi Kakao T dapat kamu gunakan untuk memesan taksi. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih supir taksi dan melihat layanan informasi lalu lintas secara realtime. Penggunaanya pun sangat mudah dan siap membawamu ke tempat tujuan dengan nyaman dan aman.

Belanja

aplikasi liburan Korea Selatan

Image credit: Starcevic | Canva Pro

10. Coupang

Belum puas berbelanja offline? Kamu bisa berbelanja online layaknya warga lokal dengan aplikasi e-commerce Coupang. Aplikasi yang sangat terkenal di Korea Selatan ini menjual apapun yang kamu butuhkan mulai dari fashion, elektronik, hingga perlengkapan ruah tangga. Tips menggunakan ini adalah carilah barang yang kamu cari dengan dengan Bahasa Korea karena biasanya akan lebih murah dibandingkan jika mencari barang dengan Bahasa Inggris.

11. Gmarket Global

Gmarket Global juga menambah daftar aplikasi e-commerce yang populer di Korea Selatan. Berbagai produk lokal bisa dengan mudah kamu beli di sini. Harganya juga bersaing dengan banyak promo menarik yang bikin belanja menjadi lebih hemat. Tak perlu khawatir soal bahasa karena aplikasi ini tersedia dalam Bahasa Inggris, Korea, dan China.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Korea Tax Refund Yang Bikin Belanja Jadi Lebih Hemat

Berbagai aplikasi di atas akan menjadi bekal yang mempermudah liburanmu selama di Korea Selatan. Jangan lupa unduh dan selamat eksplor Negeri Ginseng!


Preview image credit: fotoVoyager | Canva Pro, Dean Drobot | Canva Pro

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru