20 Aplikasi Yang Akan Mempermudahmu Saat Liburan di Jepang

Membayangkan negara Jepang yang ramai dengan pejalanan kaki, wisata modern serta budaya yang indah, kuliner lezat, kemajuan teknologi, hingga pilihan transportasi umum yang beragam akan membuatmu semakin ingin untuk pergi liburan ke Negeri Sakura. Namun tahukah kamu ada banyak cara yang membuatmu liburan semakin mudah bahkan hemat di Jepang hanya dengan memiliki berbagai aplikasi?

Baca juga: Suica atau Pasmo? Kenali Perbedaan IC Card Di Jepang Ini!

Aplikasi yang digunakan di Jepang tentu saja berbeda di Indonesia. Ada banyak aplikasi lokal yang sering digunakan oleh warga lokal untuk beraktivitas sehari-hari mulai dari petunjuk arah, kuliner, transportasi, belanja, dan masih banyak lagi.

Dengan mengunduh berbagai aplikasi tersebut maka kamu juga dapat menghemat waktu dan juga biaya untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Penerjemah dan komunikasi

Aplikasi penerjemah dan komunikasi liburan Jepang

Image credit: Satoshi-K | Canva Pro

1. Google Translate

Pasti kamu sudah tidak asing dengan aplikasi penerjemah paling populer ini. Google Translate juga dapat membantumu untuk menerjemahkan Bahasa Jepang-Indonesia yang dilengkapi dengan fitur tertulis, cara baca, dan juga audio. Keunggulan lainnya adalah kamu bisa menerjemahkan bahasa tak hanya dari teks tapi juga dari dokumen dan gambar.

2. Papago

Papago merupakan aplikasi penerjemah asal Korea Selatan yang juga akan membantumu ketika liburan di Jepang. Aplikasi ini mirip dengan Google Translate yang menyediakan berbagai bahasa. Kamu dapat dengan mudah menerjemahkan dari Bahasa Jepang ke Indonsia ataupun sebaliknya baik secara tertulis maupun audio.

3. iTranslate

Aplikasi penerjemah lainnya adalah iTranslate. Namun yang membedakannya adalah iTranslate juga bisa diakses di website untuk menerjemahkan berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. Meski memiliki kemampuan menerjemahkan teks, suara, dan foto secara langsung namun aplikasi ini tidak dilengkapi input manual huruf hiragana.

4. Deepl

DeepL merupakan aplikasi penerjemah yang berbasis AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Aplikasi ini juga telah banyak digunakan oleh wisatawan yang sedang berlibur ke luar negri. Hasil terjemahan dari berbagai bahasa juga cukup akurat sehingga aplikasi ini cukup bermanfaat untuk kamu gunakan ketika liburan di Jepang.

5. Yandex Translate

Yandex Translate dikenal dengan kemampuan menerjemahkan berbagai bahasa dengan hasil yang cukup akurat dan enak dibaca. Tak hanya itu, mereka juga dapat menerjemahkan dari teks, audio, dokumen, foto, hingga situs yang lengkap dengan tata cara baca. Namun untuk input gambar manual belum bisa digunakan di aplikasi ini.

6. Payke

Berbeda dengan aplikasi penerjemah pada umumnya, aplikasi Payke banyak digunakan oleh turis asing ketika liburan di Jepang karena kemampunya yang mampu menerjemahkan produk dari Bahasa Jepang ke berbagai bahasa. Caranya pun sangat mudah, cukup scan barcode di kemasan produk lalu aplikasi akan menampilkan terjemahan keterangan produk.

Petunjuk arah

Aplikasi petunjuk arah liburan Jepang

Image credit: Eloi_Omella | Canva Pro

7. Google Maps

Sama seperti Indonesia, kamu juga dapat menggunakan aplikasi petunjuk paling populer Google Maps untuk membantumu berkeliling menejelajahi sudu-sudut kota di Jepang. Hasilnya pun cukup akurat dengan berbagai pilihan rute untuk mobil, motor, pejalan kaki, bus, hingga subway.

Transportasi

Aplikasi transportasi liburan Jepang

Image credit: Chris Putnam | Canva Pro

8. Japan Travel by Navitime

Nikmati kemudahan berkeliling kota layaknya warga lokal dengan aplikasi Japan Travel by Navitime. Aplikasi ini menampilkan 80 jalur dari lebih 700 stasiun yang mudah dipahami oleh para turis asing. Dengan menggunakan ini, kamu juga dapat menemukan ATM, stasiun kereta, dan spot wifi gratis terdekat dari lokasimu. Untuk mencari rute kereta juga sangat mudah, cukup masukkan lokasi asalmu dan tujuanmu lalu aplikasi akan menunjukkan rute, jam kedatangan kereta, hingga jam sampai di tempat tujuan.

9. Tokyo Subway Navigation

Salah satu transportasi umum yang banyak digunakan oleh turis asing untuk berkeliling kota Tokyo adalah subway. Ada banyak rute subway yang menghubungkan ke berbagai tempat. Tak perlu bingung, kamu dapat mudah menemukan dan menaiki subway ke tempat tujuanmu dengan petunjuk lengkap dengan aplikasi Tokyo Subway Navigation.

10. Japan Transit Planner

Aplikasi Japan Transit Planner akan membantu turis asing menemukan rute yang tak tercnatum pada JR Pass. Kamu juga dapat memasan kursi, melihat biaya perjalanan, dan jadwal keberangkatan serta tiba kereta. Tersedia pula Bahasa Inggris yang pastinya sangat memudahkan para penggunanya.

11. Go/Taxi App for Japan

Go/Taxi App for Japan adalah aplikasi pemesanan taksi yang paling banyak digunakan di Jepang. Kamu dapat dengan mudah memesan taksi hanya dengan aplikasi dan kini bisa didaftar tanpa harus menggunakan nomor ponsel dari Jepang. Aplikasi ini melayani 45 dari 47 prefektur di Jepang termasuk kawasan favorit para turis seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, hingga Hokkaido.

Kuliner

Aplikasi kuliner liburan Jepang

Image credit: Matsu | Canva Pro

12. GuruNavi

Aplikasi ini telah banyak digunakan oleh para turis asing untuk mencari tempat makan enak selama di Jepang. Dengan fitur berbagai bahasa termasuk Bahasa Inggris, kamu dapat mudah menemukan rekoemndasi tempat makan yang lengkap dengan menu, harga, jam operasional, nomor telepon, petunjuk arah, hingga metode pembayaran.

13. Tabelog

Jika kamu ingin mencari tempat makan dan restoran yang punya cita rasa terbaik, maka datanglah ke tempat di mana banyak warga lokal. Tak perlu bingung untuk mencarinya, kamu cukup gunkana aplikasi Tabelog yang menampilkan daftar tempat makan yang lengkap dengan review dari para pengunjung yang didominasi oleh warga lokal. Aplikasi ini juga akan membagikan rekomendasi tempat makan terbaik untuk menyantap ramen, sushi, hingga manisan.

14. Ramen Beast

Tak lengkap ke Jepang jika belum menyantap semangkuk ramen yang lezat. Ada begitu banyak ramen yang bisa kamu temukan di setiap kota di Jepang. Namun untuk mempermudahmu mencari ramen dengan cita rasa autentik yang nikmat, maka gunakanlah aplikasi Ramen Beast. Aplikasi memberikan rekomendasi lokasi ramen terenak lengkap dengan jam operasionalnya.

15. HappyCow

Memiliki nama yang unik, aplikasi ini telah menjadi andalan para vegetarian di Jepang selama lebih dari 20 tahun. Dengan menggunakannya, kamu dapat dengan mudah mencari tempat makan yang memiliki menu vegan dan bebas gluten yang lezat untuk vegetarian di 185 negara termasuk Jepang.

Lainnya

Aplikasi lainnya liburan Jepang

Image credit: JGalione | Canva Pro

16. NERV Disaster Prevention

Seperti yang kamu ketahui bahwa Jepang merupakan negara yang rawan gempa bumi. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi NERV Disaster Prevention yang akan memberikan peringatan darurat gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, dan bencana lainnya.

17. XE Currency

Terkadang ketika berbelanja di luar negri para turis asing akan mengkonversikan ke mata uang negara asalnya untuk mengetahui biaya yang akan dikeluarkan. Kamu dapat menggunakan aplikasi XE Currency yang bisa diakses saat online dan offline. Aplikasi ini akan membantumu dalam mengkonversikan harga dari Yen ke Rupiah dan membantu mengetahui banyaknya pengeluaranmu selama di Jepang.

18. Ecbo Cloak

Kini tak perlu khawatir jika ingin berkeliling kota namun membawa barang bawaan dan koper karena ada banyak tempat penitipan barang yang tersebar di berbagai lokasi di Jepang. Untuk menemukan lokasi penitipan barang, cukup gunakan aplikasi Ecbo Cloak yang akan membantumu menunjukkan lokasi terdekat di sekitarmu. Untuk harga pentipan mulai dari Ro 39 ribu dan metode pembarannya bisa menggunakan kartu kredit.

19. Japan Wi-FI auto-connect

Untuk menghemat paket data internet agar tak cepat habis, kamu dapat menikmati layanan wifi gratis yang tersebar di berbagai tempat. Cukup gunakan aplikasi Japan Wi-FI auto-connect, lalu kamu akan menemukan berbagai tempat yang memiliki wifi gratis untuk kamu menggunakan internet. Aplikasi ini juga memiliki fitur berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

20. mymizu

Untuk menghemat pengeluaranmu, bawalah tempat minum kemanapun kamu pergi. Apalagi di Jepang ada banyak spot untuk isi ulang air minum gratis. Jika bingung, kamu dapat menemukannya dengan aplikasi mymizu. Aplikasi ini akan menunjukkan lokasi terdekat tempat isi ualng air minum gratis yang berada di kafe, toko, hingga hotel.

Baca juga: Visa Waiver Jepang, Syarat Dan Cara Mengajukan Secara Online dan Offline

Jadi, sudah siapkah kamu liburan ke Jepang? Jangan lupa unduh berbagai aplikasi tersebut untuk mempermudahmu dalam menjelajahi ke berbagai tempat dan wisata kuliner selama liburan di Jepang.


Preview image credit: visualspace | Canva Pro

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru