Wisata Jepang Ramah Anak Dan Edukatif Untuk Liburan Berkesan

Adakah dari kamu yang saat ini sudah mulai merencanakan agenda liburan bersama si kecil? Jika Jepang adalah tujuan yang terlintas di kepalamu, maka pilihanmu tidak salah. Jepang punya banyak tempat wisata yang bakal membuat si kecil gembira. Wisata Jepang ramah anak punya banyak fasilitas menarik bukan hanya untuk si kecil, bahkan juga untuk orang dewasa. Contohnya adalah tempat-tempat yang ada di rekomendasi TripZilla Indonesia, cek di bawah ini ya!

Baca Juga: 21 Oleh Oleh Khas Jepang Yang Wajib Kamu Beli dan Ada Yang Halal

1. Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea

Image credit: Tokyo Disney Resort®

Siapa yang bisa menahan godaan untuk tidak datang ke Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea? Wisata Jepang ramah anak ini bahkan memiliki stasiun sendiri, jadi aksesnya sangat mudah. Kalau sehari dirasa tak cukup untuk berwisata ke sini, maka kamu bisa bermalam di Tokyo DisneySea Fantasy Springs Hotel, Tokyo Disneyland Hotel, Tokyo Disney Resort Toy Story Hotel dan sederet hotel Disney yang ada di sekitarnya.

Image credit: Tokyo Disney Resort®

Hotelnya saja punya desain yang memanjakan mata, apalagi taman bermainnya. Bersiaplah terpesona dengan parade dan wahana yang menguji adrenalin. Di waktu-waktu tertentu diadakan pertunjukan khusus seperti pementasan malam hari berjudul Reach for the Stars dan Disney Christmas yang dimulai dari bulan November hingga Desember.

Lokasi: 1-1 Maihama, Urayasu, Chiba 279-0031, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 21.00

2. Universal Studios

Image credit: @universal_studios_japan

Bila kamu sudah pernah mengunjungi Universal Studios di negara lain, bagaimana dengan Universal Studios di Jepang? Bawa si kecil ke sini untuk menemui tokoh-tokoh film favoritnya dan ikut serta dalam banyak aktivitas seru. Mau menonton pertunjukan Hippogriff Magical Lesson, Minions Secret Mission Greeting atau Kuromi Live?

Image credit: @universal_studios_japan

Atau kamu bisa menemukan atraksi menarik di sepanjang jalan semisal Amity Boardwalk Games, Big Bird’s Big Nest, Hello Kitty’s Ribbon Collection dan masih banyak lagi. Menyisihkan waktu seharian adalah ide yang bagus agar kamu puas menikmati semua fasilitasnya. Belum lagi dengan restoran-restorannya yang menyediakan menu khusus anak-anak.

Lokasi: 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana Ward, Osaka, 554-0031, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 22.00

3. Legoland Discovery Center

Image credit: Legoland Discovery Center

Tokyo menjadi prefektur yang punya banyak tujuan wisata salah satunya adalah Legoland Discovery Center. Wisata Jepang Tokyo ini mengusung lego sebagai sajian utama dari yang berukuran kecil hingga raksasa. Si kecil bisa melihat miniatur banyak benda hingga berfoto di samping lego yang sama tinggi dengan tubuhnya. Menarik kan?

Image credit: Legoland Discovery Center

Di tempat ini, ditetapkan maksimal waktu berkunjung adalah tiga jam. Pastikan kamu mengatur waktu agar si kecil dapat mengeksplorasi semua fasilitasnya seperti Miniland yang detailnya mengagumkan. Atau melatih refleks dan motoriknya di LEGO® Ninjago City Adventure. Bisa juga kamu ikut menemani si kecil di wahana Kingdom Quest yang mendebarkan.

Lokasi: 1 Chome−6−1, Daiba, Minato City, Tokyo 135-0091, Japan
Jam Buka: Senin - Jumat pukul 10.00 - 18.00, Sabtu - Minggu pukul 10.00 - 19.00

4. Sanrio Puroland

Image credit: Sanrio Puroland

Hello Kitty dan kawan-kawannya punya penampilan yang serba menggemaskan. Nikmati keimutan mereka di Sanrio Puroland dan asyiknya lagi, tempat wisata ini berada dalam ruang. Jadi tidak perlu khawatir dengan cuaca dan kamu bisa bermain di sini sepanjang waktu.

Image credit: Sanrio Puroland

Ketika memasuki tempat ini, kamu akan disambut dengan toko yang menjual atribut khas Sanrio. Beli untuk dirimu dan si kecil, untuk dipakai langsung atau kenang-kenangan saat pulang. Tonton Miracle Gift Parade, berfoto bersama karakter di Caragli Residence dan mengendarai wahana Sanrio Character Boat Ride.

Lokasi: 1 Chome-31 Ochiai, Tama, Tokyo 206-8588, Japan
Jam Buka: Senin pukul 08.30 - 18.00, Selasa pukul 09.00 - 18.00, Rabu - Jumat pukul 09.30 - 17.00, Sabtu - Minggu pukul 08.30 - 18.00

5. Osaka Castle Park

Image credit: Special Historic Site Osaka Castle

Mengajak si kecil mengunjungi situs bersejarah, kenapa tidak? Osaka Castle Park menjadi wisata Jepang ramah anak yang akan memikat mata si kecil. Keindahan tamannya bakal membuat kunjunganmu ke Jepang terasa lebih lengkap.

Image credit: Special Historic Site Osaka Castle

Di taman ini terdapat Osaka Castle Tower yang juga merupakan sebuah museum, Taman Nishinomaru, alun-alun Osaka-jo dan tempat latihan memanah. Bila kamu datang saat musim bunga sakura, maka ada agenda menikmati bunga sakura pada malam hari di Taman Nishinomaru. Kamu pun dapat menyewa perahu untuk menikmati menaranya dari sudut yang berbeda.

Lokasi: 1-1 Osakajo, Chuo Ward, Osaka, 540-0002, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 17.00 (Osaka Castle)

6. The Making of Harry Potter

Image credit: Warner Bros. Studio Tour Tokyo

Wisata Jepang Tokyo yang tidak kalah seru adalah The Making of Harry Potter. Siap-siap tenggelam dalam dunia Harry Potter, dimana kamu dapat menemukan lokasi yang identik dengan di film, mencoba adegan khas Harry Potter dan wisata kuliner di restorannya.

Image credit: Warner Bros. Studio Tour Tokyo

Abadikan setiap sudut di The Great Hall, Platform 9 ¾ yang ikonik, Forbidden Forest dan masih banyak lagi. Sediakan juga waktu untuk menjelajahi pameran kostum-kostum dalam film Harry Potter dengan detailnya yang keren. Mencermati aneka efek istimewa dalam film juga bakal jadi petualangan yang berkesan. Seru banget!

Lokasi: 1 Chome-1-7 Kasugacho, Nerima City, Tokyo 179-0074, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 19.00

7. Edo Wonderland

Image credit: @edowonderland_official

Si kecil bakal mendapatkan pengalaman tak terlupakan di Edo Wonderland. Masuki jaman Edo di dalam kawasan ini. Bangunan, kostum hingga beragam aktivitas yang ada kental dengan budaya jaman Edo dan bisa membuatmu terkagum-kagum.

Image credit: Edo Wonderland

Kamu dapat mengelilingi tempat wisata ini dengan mengenakan kimono. Si kecil pun bisa mengikuti kelas samurai khusus anak-anak hingga kelas ninja. Menonton pertunjukan teater ninja juga wajib dilakukan di sini. Lalu jangan pulang sebelum kamu belanja kenang-kenangan khas semacam hanamachiya, kokeshido dan pedang imitasi yang menarik.

Lokasi: 470-2 Karakura, Nikko, Tochigi 321-2524, Japan
Jam Buka: Senin - Selasa, Kamis - Minggu pukul 09.00 - 17.00

8. Arashiyama Monkey Park

Image credit: @arashiyama_monkeypark

Si kecil penyayang binatang dan pencinta alam? Atau kamu ingin memberikan pengalaman baru buat si kecil? Jadikan liburanmu ke Jepang berbeda dengan menyambangi Arashiyama Monkey Park. Monyet-monyet dengan tubuh gempal dan wajah yang manis akan menemani perjalananmu di sini.

Image credit: @arashiyama_monkeypark

Ada beberapa ketentuan saat memasuki taman ini. Kamu tidak boleh merokok, menyentuh monyet, membawa makanan dari luar untuk diberikan ke monyet, membawa hewan peliharaan dan menerbangkan drone. Kamu dapat melalui jalan setapak yang nyaman untuk dapat tiba di puncak bukit setinggi 160 meter. Dari sini tidak hanya monyet yang akan menghibur matamu, tapi juga lanskap Kyoto dari ketinggian.  

Lokasi: Arashiyama Nakaoshitacho, 61Nishikyo Ward, Kyoto, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 16.00

9. TeamLab Planets

Image credit: @a_travel_z

Wisata Jepang Tokyo yang selalu terlihat trendy adalah TeamLab Planets. Tidak heran jika tempat ini populer di kalangan wisatawan karena semua instalasinya futuristik dan keren. Layar-layar imersif akan membuatmu seakan-akan diselimuti oleh karya seni dari berbagai sudut.

Image credit: @arly0401

Dibagi menjadi tiga area yaitu Water Area, Garden dan Public Area, pastikan tidak ada lokasi yang kamu lewatkan. Selain enak dilihat, instalasi seninya pun interaktif dan kamu akan mendapat petunjuk untuk memaksimalkan pengalamanmu. Selfie sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan lho!

Lokasi: 6 Chome-1-16 Toyosu, Koto City, Tokyo 135-0061, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 22.00

10. Shinjuku Gyoen National Garden

Image credit: Shinjuku Gyoen National Garden

Saat cuaca sedang cerah dan kamu datang di musim panas, mengapa tidak mengajak si kecil ke Shinjuku Gyoen National Garden? Taman nasional seluas 58 hektar ini bakal menghilangkan penatmu berkat hijaunya pepohonan besar dan bunga-bunganya yang tertata rapi. Perpaduan gaya Jepang dan barat terlihat di sini.

Image credit: Shinjuku Gyoen National Garden

Si kecil dapat menghabiskan energinya dengan berlari dan mengelilingi taman seluas 58 hektar ini. Ketika musim bunga sakura, wajib banget mampir ke taman ini karena ada sekitar 1,000 pohon sakura di dalamnya. Bayangkan indahnya, belum lagi ditambah dengan keberadaan rumah kaca dan paviliun bergaya tradisional.

Lokasi: 11 Naitomachi, Shinjuku City, Tokyo 160-0014, Japan
Jam Buka: Senin, Rabu - Minggu pukul 09.00 - 16.00

11. Art Aquarium Museum

Image credit: Art Aquarium

Di Art Aquarium Museum, akuarium tidak akan terlihat biasa saja. Wisata Jepang ramah anak ini bakal membuatmu terpikat juga dengan susunan akuarium yang dipadu pencahayaan artistik. Benar-benar museum yang berisikan karya seni, dengan sekitar 30,000 ikan mas yang berenang di dalamnya.

Image credit: Art Aquarium

Asyiknya, kamu boleh membuat foto dan video di setiap ruangan. Selain melihat, kamu dapat mendengarkan kisah di balik setiap instalasi akuarium. Nikmati juga keindahan rangkaian ikebana karya Shogo Kariyazaki di sini. Unik!

Lokasi: 4 Chome-6-16 Ginza, Chuo City, Tokyo 104-8212, Japan
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 - 19.00

12. Ghibli Park

Image credit: Ghibli Park

Penggemar Hayao Miyazaki mari merapat ke Ghibli Park! Tapi kalau pun kamu bukan penyuka hasil karya seniman ini, tidak ada salahnya mengunjungi taman yang hanya ada di Jepang ini. Si kecil bisa menikmati dekorasi khas Gibli dan berbagai miniatur yang terlihat imut.

Image credit: Ghibli Park

Kunjungi Valley of Witches, Mononoke Village atau Dondoko Forest. Siapkan anggaran untuk belanja oleh-oleh atau barang koleksi untuk diri sendiri di Ghibli’s Grand Warehouse. Di dalamnya pun ada kafe untuk menyantap menu-menu menarik semacam Dark as Night Curry dan Valley of Witches Shepherd’s Pie.

Lokasi: Expo 2005 Aichi Commemorative Park (Moricoro Park), , -1533-1 Ibaragabasama, Nagakute, Aichi 480-1342, Japan
Jam Buka: Senin, Rabu - Jumat pukul 10.00 - 17.00, Sabtu - Minggu pukul 09.00 - 17.00

13. Tokyo Joypolis

Image credit: Tokyo Joypolis

Main-main ke Tokyo Joypolis jangan terlalu mepet karena pengunjung boleh masuk paling lambat 45 menit sebelum taman bermain ditutup. Tentu saja penyebab lain adalah kamu tidak akan puas menikmatinya sebab ada banyak wahana yang seru untuk dicoba.

Image credit: Tokyo Joypolis

Permainan tembak laser, penjelajahan The Joypolis Explorer dan Pirate’s Plunder bakal membuat hari si kecil berwarna. Jajal juga Halfpipe Tokyo dan Gekion Live Coaster yang menguras adrenalin. Sekeluarga bisa ketagihan lho main di sini!

Lokasi: 1 Chome−6−1 3F5F DECKS, Daiba, Minato City, Tokyo 135-0091, Japan
Jam Buka: Senin pukul 10.00 - 20.00, Selasa pukul 10.00 - 19.00, Rabu - Jumat pukul 11.00 - 19.00, Sabtu - Minggu pukul 10.00 - 20.00

14. Cup Noodles Museum

Image credit: Cup Noodles Museum

Wisata Jepang ramah anak yang tentunya bikin kamu penasaran adalah Cup Noodles Museum. Bukan rahasia kalau mie adalah makanan sejuta umat, dan Cup Noodles merupakan merek ternama. Jadi siapa yang bisa menolak masuk ke dalam museumnya?

Image credit: Cup Noodles Museum

Beli tiket untuk mendapat pengalaman membuat mie sendiri di Chicken Ramen Factory. Si kecil bisa bermain di tengah dekorasi atraktif ala CUPNOODLES Park. Menonton pertunjukan di Momofuku Theater dan pastinya belanja di toko museum harus dilakukan ketika berada di sini. Banyak lagi aktivitas lain yang tidak kalah asyiknya.

Lokasi: 2 Chome-3-4 Shinko, Naka Ward, Yokohama, Kanagawa 231-0001, Japan
Jam Buka: Senin, Rabu - Minggu pukul 10.00 - 18.00

Baca Juga: Aktivitas Wisata di Akihabara Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Nah, bikin kalap dan ingin menjajal semua tempat wisatanya kan?

Preview image credit: Tokyo Disney Resort®

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru