Tempat Makan Di Bali Dengan Menu Lokal Yang Terkenal

Tahu ke mana harus pergi untuk menikmati makanan khas Bali? Jika belum tempat makan di Bali ini menjadi destinasi populer yang tidak boleh kamu lewatkan. Menunya khas Bali banget, cita rasanya luar biasa, dan harganya relatif terjangkau.

Ya, di tempat makan rekomendasi TripZilla Indonesia ini, fokus utamanya ada pada cita rasa. Lupakan tentang tempat yang istagramable, suasana yang romantis atau view menarik. Indera perasa akan lebih dimanja di sini.

Penasaran dengan tempat makan di Bali dengan menu lokal yang terkenal dan populer? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Kafe seafood Jimbaran, populer banget

Setiap kali menginginkan makanan laut lokal di Bali, pergilah ke Jimbaran. Lokasinya berada di sebelah selatan Bandara Internasional Ngurah Rai. Selain menawarkan momen menikmati makan malam sambil menikmati matahari terbenam, olahan seafoodnya juga juara.

Semua restoran menawarkan menu yang berfokus pada hidangan laut. Beberapa tempat makan memungkinkan kamu memilih dan memasaknya sesuai selera dengan pilihan saus barbekyu.

Lokasi: Jalan Four Seasons, Pantai Muaya, Jimbaran, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 3 sore hingga 11 malam (jam buka dapat berubah).

2. Restoran seafood Kedonganan, tempat makan di Bali yang tak kalah seru

Restoran seafood Kedonganan berjejer di sepanjang pesisir pantai, tepat di selatan desa nelayan tradisional di Kedonganan. Ada lebih dari selusin 'kafe seafood' yang bisa dipilih.

Beberapa restoran menampilkan live show, baik tari maupun musik. Pilihan menunya sangat bervariasi. Tetapi, banyak yang merekomendasikan menu lobster atau kepiting panggang, disajikan dengan nasi kukus, tumis kangkung, dan saus sambal dan saus cocolan khas Jimbaran.

Lokasi: Jalan Pantai Kedonganan, Jimbaran, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 4 sore hingga tengah malam (jam buka dapat berubah)

3. Rumah Makan Kedaton Kuta, tempat makan di Bali dengan beragam hidangan khas

Rumah Makan Kedaton memiliki banyak cabang di seluruh Bali dan di sinilah kamu bisa menikmati versi warung yang lebih modern. Restoran ini biasanya ramai saat jam makan siang. Sajian yang umum adalah nasi campur. Kamu bisa memilih dari berbagai macam olahan daging dan sayuran, serta sate dan ikan dari etalase kaca ke piring kamu.

Lokasi: Jalan Raya Kuta No.62/3, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam

Telepon: +62 (0)361 763712

4. Warung Rujak Gula Bali, tempat jajanan tradisional Bali

Warung Rujak Gula Bali menyajikan berbagai macam jajanan tradisional Bali. Rujak buah pasti menjadi salah satunya, dengan ciri khas pedas. Ada juga tipat cantok, bulung atau salad rumput laut yang disajikan dengan kaldu ikan encer, dan berbagai macam makanan penutup khas Bali. Kolak atau pisang rebus manis, bubur sumsum, minuman jeli gelas daluman, dan singkong kukus tumbuk yang disajikan dengan santan kental yang dicampur gula aren juga bisa ditemukan di sini.

Lokasi: Jalan Merdeka Raya VI No.11, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 17.30

Telepon: +62 (0)821 4596 4892

5. Warung Nasi Bali Men Weti, tempat makan di Bali yang buka hanya hingga siang hari

Tempat Makan Di Bali Image credit: @_kozu_ (kiri) dan @foodbali (kanan)

Warung Nasi Bali Men Weti di Pantai Segara di Sanur adalah tempat makan di akhir pekan bagi warga lokal dan wisatawan. Menu favorit di sini adalah nasi campur pedas. Berlokasi di tepi pantai, warung sederhana ini memiliki bangku dan kursi kayu di sekeliling jalan setapak.

Satu porsi nasi campur biasanya berisi ayam panggang bumbu Bali, kulit ayam goreng renyah, sate lilit ayam, sup ayam pedas, setengah butir telur dengan sambal tomat pedas, daun singkong rebus, campuran lawar kelapa parut, kacang goreng, dan saus sambal spesial yang terdiri dari irisan bawang merah, cabai, dan garam. Warung ini sering tutup menjelang tengah hari.

Lokasi: Jalan Segara Ayu, Sanur, Denpasar, Bali 80228, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 10 pagi (jam buka dapat berubah)

6. Nasi Ayam Kedewatan, favorit warga lokal di pinggiran Ubud

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku adalah tempat makan siang favorit di kalangan pengemudi, pemandu, dan staf hotel di Kedewatan. Tempat ini menyajikan nasi ayam, mirip dengan nasi campur. Para ekspatriat dan pengunjung juga sering mengunjungi tempat ini setelah mencicipi hidangan tersebut.

Tempatnya bersih dan pemiliknya memperbarui tempat mereka dengan suasana yang lebih nyaman dan bersahaja. Hidangan nasi standar terdiri dari potongan ayam berbumbu, isi perut goreng, setengah pindang atau telur rebus, sate ayam, kacang panjang goreng dengan parutan kelapa, dan sambal cabai pedas opsional.

Lokasi: Jalan Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 6 sore

Telepon: +62(0)361 974795

7. Ayam Betutu Gilimanuk, ayam dan bebek yang dimasak perlahan dan lezat

Ayam Betutu Gilimanuk menyajikan ayam atau bebek, yang diisi, direndam, dan dibungkus daun pisang dengan rempah-rempah Bali yang kaya. Setelahnya masakan itu dimasak perlahan sambil dibalut arang selama berjam-jam. Dagingnya lezat dan mudah terlepas dari tulangnya. Masakan ini sangat pedas, jadi berhati-hatilah!

Lokasi: Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 22.00

Telepon: +62 (0)361 757535

8. Warung Mak Beng, tempat makan di Bali yang legendaris dari Sanur

Tempat Makan Di bali

Untuk menikmati bouillabaisse khas Bali, atau sop ikan, kunjungi Warung Mak Beng di Sanur. Warung ini menyajikan hidangan nasi dengan sup lezat yang terbuat dari ikan segar. Warung ini buka hingga larut malam dan tutup lebih awal. Menu yang ditawarkan antara lain berupa sup ikan, ikan goreng, dan berbagai macam sambal. Kuah yang digunakan adalah campuran pedas, disajikan panas. Tingkat kepedasan yang tinggi cocok dengan suasana yang terkadang panas – tidak ada AC, hanya kipas angin dan angin pantai.

Lokasi: Jalan Hang Tuah No.45, Sanur, Bali 80227, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam

Telepon: +62 (0)361 282633

9. Sate Plecing Arjuna, tempat makan di Bali untuk menikmati sate yang berbeda

Bali Food MattersImage credit: Bali Food Matters

Sate Plecing Arjuna menawarkan berbagai macam sate. Warung ini dikelola oleh keluarga Bali keturunan Hokkien-Tionghoa yang mengandalkan resep rahasia keluarga untuk meraih kesuksesan mereka. Warung kecil di sudut Jalan Arjuna di Denpasar ini selalu dipadati pengunjung saat jam makan siang dan akhir pekan. Yang membuatnya istimewa adalah jenis saus yang digunakan untuk menyajikan sate, yaitu sedikit kecap asin dan campuran cabai, dicampur menjadi saus manis dan pedas. Sajian sate disajikan dengan sepiring nasi putih dan semangkuk sup bakso.

Lokasi: Jalan Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali 80232, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4.30 sore

Telepon: +62 (0)878 6778 9002

10. Babi Guling Pak Malen, babi panggang favorit di Bali

E_NdroImage credit: E_Ndro

Babi Guling Pak Malen adalah salah satu pilihan terbaik untuk babi guling. Tepat di sudut lampu lalu lintas Sunset Road Seminyak, Pak Malen telah menjadi tempat makan di Bali yang terkenal. Tempat ini bisa sangat ramai saat jam makan siang. Sepiring nasi dilengkapi dengan seporsi nasi kukus, dikelilingi daging babi dan kulit renyah (bagian terbaik!), sate babi, dan sayur urap yang lezat. Biasanya, semua makanan di sana ludes terjual pada sore hari.

Lokasi: Jalan Sunset Road No.554, Seminyak, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 19.00

11. Bebek Tepi Sawah, pengalaman bersantap khas Bali yang lebih mewah

Untuk bersantap di tengah hamparan sawah yang indah dan dengan pilihan hidangan Bali yang autentik, cobalah Restoran Bebek Tepi Sawah di Peliatan, di pinggiran Ubud. Restoran ini bersebelahan dengan Vila Bebek Tepi Sawah dan terdiri dari sawah milik pribadi dan paviliun bambu beratap jerami. Hidangan spesialnya di antaranya bebek goreng renyah dan ayam asap yang disajikan dengan tumis kangkung dan saus sambal.

Lokasi: Jalan Raya Goa Gajah, Banjar Teges, Peliatan, Ubud, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam

Telepon: +62 (0)815 5807 0210

12. Bebek Bengil, salah satu tempat makan lokal terpopuler di Ubud

Tempat Makan Di baliSanti Sukma | InstagramImage credit: Santi Sukma | Instagram

Juga dikenal dengan sebutan Dirty Duck Diner, Bebek Bengil adalah salah satu restoran terkenal dan sudah lama berdiri di Ubud. Restoran ini menawarkan hidangan spesial yang disebutnya sebagai 'bebek renyah asli Bali sejak 1990'. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai pilihan sate serta bebek dan ayam asap. Sajian standar hidangan bebek khas ini biasanya disajikan dengan pilihan kentang tumis dan salad atau nasi putih atau nasi kuning dan sayuran.

Lokasi: Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam

Telepon: +62 (0)361 975489

13. Murni’s Warung, tempat makan di Bali yang klasik di Ubud

Murni’s Warung melayani pengunjung internasional pertama Ubud sejak tahun 70-an. Sampai saat ini, tempat ini terus menyajikan kopi lokal dan masakan tradisional Bali yang lezat. Ruang makan utamanya menghadap ke sebuah lembah kecil. Yang wajib dicoba di Murni's adalah bebek betutu, yang disajikan dengan nasi liwet dan urap kha Bali. Untuk minuman yang benar-benar menyegarkan, pilihlah minuman alami seperti kelapa muda dan air jeruk nipis.

Lokasi: Jalan Raya Campuan, Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 11 malam

Telepon: +62 (0)361 975233

14. Babi Guling Ibu Oka, favorit lokal sepanjang masa

Warung Babi Guling Ibu Oka adalah warung lokal di Ubud yang menyajikan babi guling panggang khas Bali. Warung ini cukup kecil tetapi selalu penuh sesak saat jam makan siang. Warung ini hanya menyajikan satu hidangan, sepiring nasi dengan potongan daging babi panggang yang lezat, lawar (campuran sayuran parut, kelapa, dan cabai), beberapa sosis goreng atau sosis darah, dan sepotong kulit babi goreng. Harga makanan di warung ini relatif mahal, semua berkat popularitasnya yang tinggi.

Lokasi: Jalan Suweta No.1, Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 15.00

Telepon: +62 (0)361 976345

Baca juga: Makanan Khas Bali Halal Untuk Konsumsi Liburan Kamu

Tempat makan di Bali yang mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru